Ilustrasi pembelajaran jarak jauh secara daring (dok: Annie Spratt)

Aplikasi dan Situs yang Tidak Bisa Dibuka Pakai Kuota Bantuan Pelajar dan Tenaga Pengajar

07 August 2021   |   07:58 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Untuk keperluan belajar daring, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemdikbud Ristek) kembali berikan bantuan kuota internet kepada pada pelajar dan tenaga pendidik di seluruh Indonesia hingga November 2021 mendatang. Besaran kuota dibedakan sesuai dengan jenjang pendidikan.

Siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) mendapatkan bantuan kuota sebesar 7GB, sedangkan siswa SD, SMP, dan SMA mendapatkan bantuan kuota sebesar 10GB. Adapun, mahasiswa mendapatkan bantuan kuota jauh lebih besar hingga 15GB.

Sementara itu untuk tenaga pengajar yang terdiri dari guru dan dosen, masing-masing besaran kuota yang diterima adalah 12GB dan 15GB setiap bulannya. 

Untuk mendapatkan bantuan kuota internet tersebut, pelajar, mahasiswa, guru, maupun dosen harus melakukan pendaftaran ulang atau memperbarui datanya dalam sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) atau Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Kemdikbud Ristek memberikan batas waktu pendaftaran ulang atau pembaruan data sampai dengan 31 Agustus 2021.

Setelah pendaftaran ulang atau pembaruan data rampung, kepala satuan pendidikan harus mengunggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak pada kuotadikti.kemdikbud.go.id atau ervalponsel.data.kemdikbud.go.id, berdasarkan jenjang pendidikan. Adapun, bantuan kuota akan disalurkan selama periode September-November 2021 pada tanggal 11-15 setiap bulannya.

Bantuan kuota data internet ini diberikan dalam bentuk kuota umum dan dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, dengan beberapa pengecualian atau pemblokiran.

Pengecualian atau pemblokiran tersebut dilakukan agar bantuan kuota data internet digunakan hanya untuk hal yang terkait dengan pembelajaran daring.

Agar tidak bingung lagi, mengutip https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/ berikut ini adalah situs atau aplikasi yang tidak bisa diakses menggunakan bantuan kuota dari Kemdikbud Ristek;

Media Sosial
-Badoo
-Bigolive
-Facebook
-Instagram
-Periscope
-Pinterest
-Snackvideo
-Snapchat
-Tinder
-Tumblr
-Twitter
-Vive
-Vkontakte
-YY

Permainan atau gim
-8 Ball Pool
-Candy Crush
-Clash of Clans
-Clash of Kings
-Clash Royale
-Crisis Action
-FIFA Mobile Football
-Garena
-Garena AOV
-Garena Free Fire
-Growtopia
-Lineage Revolution
-Lords Mobile : Battle of the Empires
-Mobile Legends
-PUBG
-Roblox
-Steam

Video
-Dailymotion
-JWPlayer
-Likee
-Netflix
-QQVideo
-Tiktok
-TVUNetworks
-Viu


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Latte Factor dan 4 Tips Sederhana Mengatasinya

BERIKUTNYA

Serial Stranger Things Musim 4 Akan Tayang pada 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: