Stadion Gelora Bung Karno. (Sumber foto: Unsplash/Adistana Alam Pangestu)

Jelang Konser Coldplay, GBK Persiapkan Arena Mulai dari Grass Cover hingga Kantong Parkir

07 November 2023   |   21:02 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Konser grup musik asal Inggris, Coldplay yang diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, tinggal menghitung hari nih, Genhype. Jelang acara pada 15 November 2023 itu, pihak pengelola GBK mengatakan bahwa kawasan stadion sudah siap menyambut lebih dari 50.000 penonton.

Public Relations PT Gelora Bung Karno (GBK) Muhammad Trinugroho Wicaksono mengatakan bahwa Gelora Bung Karno telah melakukan beberapa persiapan dari sisi tempat penyelenggaraan terkait dengan konser Coldplay.

Baca juga: 7 Tempat Parkir Sekitar Kawasan GBK, yang Mau Menonton Coldplay Catat

Di samping berkoordinasi dengan event organizer dan pihak terkait lainnya, pihak pengelola juga telah memastikan kesiapan fasilitas utama di sekitar stadion mulai dari bangku penonton, area festival hingga fasilitas toilet. Pihak GBK juga menyediakan jalur evakuasi tambahan untuk tindakan pencegahan dari kerumunan mengingat acara ini akan dihadiri puluhan ribu penonton.

"Kami juga memeriksa kembali segala sarana dan prasarana mulai dari kelistrikan, pencahayaan, segala sensor, dan sebagainya. Untuk persiapan dari venue, kami sudah siap,” ujar Trinugroho kepada Hypeabis.id, Selasa, (7/11/2023).

Agar kondisi lapangan Stadion GBK tetap terjaga, pihak pengelola juga akan mengguakan teknologi grass cover baru yang dipesan langsung dari Inggris. Penggunaan grass cover itu menjadikan konser Coldplay sebagai event pertama yang menggunakannya.

Dia enggan menyebutkan berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk mendatangkan grass cover tersebut. Namun, dia menuturkan bahwa biayanya kurang lebih sama dengan penggunaan grass cover yang sebelumnya digunakan untuk event konser lainnya.

Adapun, terkait dengan tempat parkir yang akan tersedia di dalam kawasan ketika konser diadakan, perusahaan bersama dengan event organizer sepakat untuk terus mendorong penggunaan transportasi umum.

Untuk diketahui, pada 15 November 2023, grup band asal Inggris, yakni Coldplay akan tampil di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Indonesia, dalam konser bertajuk Music of the Spheres World Tour.

Coldplay dibentuk pada 1998 dan merupakan salah satu band populer yang digemari oleh banyak orang. Sebelum bernama seperti saat ini, grup ini memiliki nama Pectoralz dan dibentuk oleh vokalis Chris Martin dan gitaris Jonny Buckland.

Bergabungnya Guy Berryman yang bermain sebagai bassis dan Will Champion di posisi drum membuat grup ini mengusung nama baru, yakni Coldplay. Sejumlah lagu dalam album Parachutes menjadi hit pada awal dekade 2000-an.

Tidak hanya itu, kesuksesan juga menghampiri mereka ketika memperoleh penghargaan paling bergengsi di industri musik, yakni Grammy Awards, melalui album kedua berjudul A Rush of Blood to the Head yang rilis pada 2002.

Seolah tidak cukup, single berjudul Clocks dalam album tersebut juga berhasil memenangkan kategori Record of the Year di kategori yang sama. Kemudian, album ketiga, yakni X&Y tercatat berhasil menjadi yang terlaris dengan penjualan sebanyak 8,3 juta kopi di seluruh dunia.

Secara keseluruhan, sang grup band telah mengeluarkan 9 album dan melakukan 8 tur dunia. Beberapa musisi ternama dunia seperti Rihanna dan BTS juga tercatat pernah berkolaborasi dengan grup band ini.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik Koleksi Primavera Rancangan Kami. X Daliatex di Panggung JFW 2024

BERIKUTNYA

Pameran One Piece The Great Era of Piracy Resmi Dibuka! Cek Jadwal, Tiket & Keseruannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: