Water purifier. (Sumber gambar: Coway)

Rekomendasi Water Purifier untuk Kualitas Air yang Lebih Jernih & Sehat

07 November 2023   |   19:29 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

 
Teknologi purifier air terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi secara umum. Saat ini, water purifier atau penyaring air modern telah mengintegrasikan berbagai teknologi canggih untuk memastikan air yang dihasilkan aman, sehat, dan berkualitas tinggi.
 
Salah satu perusahaan teknologi yang fokus menghadirkan pemurni air yakni Coway. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut memiliki rangkaian water purifier, salah satu yang terlaris di pasaran yakni OMBAK (CHP-7310R).  

Baca juga:  Jangan Asal Pilih Air Minum, Begini Bahayanya
 
Chief of Marketing Department Coway Indonesia Jeon Chan mengatakan OMBAK (CHP-7310R) menjadi produk unggulan dari perusahaannya karena menawarkan teknologi dan fitur mumpuni untuk menghadirkan air yang tidak hanya jernih, tapi juga sehat.

Satu yang unik, water purifier ini memiliki fitur pengatur suhu hingga 50 kombinasi sehingga pengguna dapat membuat aneka jenis minuman dengan mudah. "Misalnya membuat kopi dengan suhu 90 derajat Celcius atau menggunakan air bersuhu 50 derajat Celcius untuk membuat susu formula untuk bayi," ujarnya.
 
Public Relations Coway Indonesia Syifa Mutiara Putri menyebut, baagi keluarga yang memiliki anak-anak katanya juga tidak perlu khawatir si kecil akan terkena air panas karena terdapat fitur Child Lock. Selain itu, OMBAK dilengkapi UV Sterilization untuk menjaga kehigienisan air. 
 
Syifa menuturkan, dalam menghasilkan air yang sehat dan baik untuk diminum, ada 6 sistem filtrasi yang disematkan dalam OMBAK. Pada tahap 1 dan 2, disematkan Neo-Sense Filter (Plus Sediment + Pre-Carbon Filter) yang dapat menghilangkan partikel, klor, senyawa organik mudah menguap (VOC), serta kotoran organik dan anorganik terlarut.
 
Tahap 3, ada RO Membrane Filter yang menghilangkan kontaminan air seperti logam berat, bahan kimia organik berbahaya, mikroba serta zat radioaktif. Kemudian, filterisasi tahap 4 dan 5 yakni Plus Inno-Sense Filter (Post Carbon + Fine Filters) yang mengurangi bau dan memperbaiki rasa air. "Step 6, Antibacterial Filter yang mencegah pertumbuhan mikroorganisme di dalam tangki air," sebutnya. 
 
Dibanderol Rp14,2 juta, OMBAK cocok digunakan untuk rumah yang memiliki anggota keluarga 5-7 orang karena kapasitasnya mencapai 13.5 liter. Kapasitas tersebut terdiri dari air suhu normal 7,8 liter, air suhu dingin 2,3 liter, air panas 3,4 liter. Ditambah kapasitas filtrasi 3,2 liter/jam. 
 
Syifa berpendapat penggunaan water purifier penting bagi mereka yang ingin memastikan bahwa air minum yang dikonsumsi bebas dari kontaminasi. Water purifier memungkinkan penggunanya untuk minum air yang berasal dari sumber air seperti air tanah atau PDAM. 
 
Sebelum air keluar dari tuas, terdapat proses penyaringan berlapis sehingga dapat dipastikan bebas dari kuman, bakteri, virus, hingga zat seperti mikroplastik dan BPA yang rentan terdapat pada galon guna ulang. Water purifier juga memudahkan mereka yang memilih gaya hidup praktis karena tidak perlu mengangkat dan mengganti galon secara berkala. 
 
Sementara itu, Syifa menyarankan agar pengguna mengganti filter secara berkala ketika memakai produk water purifier agar lebih awet. Pasalnya, filter yang tersumbat akan membuat volume air mengecil dan menurunkan fungsi filtrasi sehingga air tidak tersaring secara maksimal. 
 
Penempatan water purifier juga harus diperhatikan. Tidak disarankan untuk menempatkan unit yang terkena paparan sinar matahari langsung karena dapat menyebabkan overheating. Hindari pula menaruh makanan yang dapat mengundang serangga masuk yang akan menjadi sumber kontaminasi seperti tempat sampah di dapur.

Selain itu, bersihkan tombol, tuas, dan bagian luar produk dengan kain bersih secara rutin. "Apabila terdapat perubahan pada rasa atau warna air, dapat menghubungi pihak terkait," imbuhnya.
 
Sebagai pembanding di kisaran harga Rp14 jutaan, MODENA juga memiliki water purifier RO 9115. Pemurni air dengan teknologi Reverse Osmosis ini memiliki bentuk berupa dispenser berkapasitas besar, lengkap dengan tombol sentuh dan indikator penggantian filter. Kompartemen filternya ditempatkan pada bagian bawah untuk memudahkan perawatan dan penggantian. 
 
Produk ini juga memiliki smart sterilisasi UV-C, tampilan digital, dan menyediakan air dalam kondisi panas, normal, dan dingin. Memiliki material stainless SUS 304 Food Grade, dayanya mencapai 800 watt dalam mode panas dan 120 watt dalam mode dingin.  

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Penanganan Penyakit Degeneratif di Indonesia Masih Sulit, Ini Sebabnya

BERIKUTNYA

Resep Wingko Babat, Camilan Khas Jawa Timur yang Gurih & Legit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: