Cuplikan film The Exorcist: Believer. (Sumber gambar: Universal Pictures)

Sinopsis Film Horor The Exorcist: Believer, Kisah Dua Remaja Kerasukan Iblis Jahat

04 October 2023   |   16:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype berniat untuk ke bioskop hari ini? Jika ya, kalian bisa menonton film horor dari Amerika Serikat berjudul The Exorcist: Believer yang mulai tayang pada 4 Oktober 2023. Disutradarai oleh David Gordon Green, film ini adalah serial keenam dari waralaba horor terkenal The Exorcist.

Ceritanya menjadi sekuel langsung dari film The Exorcist yang dirilis pada 1973. Film The Exorcist: Believer juga akan secara retroaktif memengaruhi kontinuitas film terhadap semua seri sebelumnya, namun tetap memiliki premis tersendiri dengan cerita yang baru dan berbeda. Film ini dibuat untuk menjadi yang pertama dari tiga seri terbaru dari waralaba The Exorcist.

Kisah film ini akan berfokus pada upaya yang dilakukan sebuah keluarga agar terlepas dari belenggu iblis. Dalam film itu, dikisahkan Victor Fielding (diperankan oleh Lestie Odom Jr.) membesarkan anaknya bernama Angela (Lidya Jewett) seorang diri setelah ditinggal istrinya yang meninggal saat gempa Haiti. Suatu hari, Angela bersama temannya, Katherine (Olivia Marcum) menghilang di hutan.

Baca juga: Film Sijjin Tayang November 2023, Remake Horor Box Office Asal Turki

Victor pun kebingungan mencari mereka. Setelah 3 hari menghilang, Angela dan Katherine akhirnya kembali tetapi keduanya tidak mengingat apa yang telah terjadi pada mereka selama menghilang. Perilaku Angela dan Katherine juga mendadak aneh.
 


Beberapa hari berselang, mereka masuk ke gereja dan pakaiannya penuh dengan darah. Angela dan Katherine juga kejang-kejang dan teriak tanpa sebab. Melihat perilaku aneh putrinya, Victor tidak tinggal diam dan mencari seseorang yang mengetahui penyebab perilaku aneh putrinya dan temannya itu. Victor pun meminta bantuan Chris MacNeil (Ellen Burstyn) karena puterinya pernah mengalami hal serupa.

Chris dikisahkan sebagai satu-satunya orang yang masih hidup dan pernah menyaksikan pengusiran setan dari tubuh manusia (exorsisme). Bersama tetangganya, (Ann Dowd) dan orang tua Katherine, Victor berusaha menyelamatkan anaknya dari cengkeraman setan jahat.

Untuk menyelamatkan Angela, Victor dan Chris harus berpacu dengan waktu sebelum iblis merasuki ke dalam tubuh Angela dan Katherine sepenuhnya. Akhirnya mereka mencari bantuan seorang imam Katolik untuk melakukan eksorsisme tetapi iblis yang merasuki anaknya sangat kuat.

Salah satu yang menjadi sorotan dalam film ini ialah kembalinya Ellen Burstyn untuk memerankan karakter ikonik Chris MacNeil setelah muncul dalam waralaba pertama The Exorcist pada 1973. Dalam trailer terbaru yang dirilis Universal Pictures, Ellen harus kembali berhadapan dengan iblis jahat  dalam upaya eksorsisme atau pengusiran setan. Iblis itu masih berkaitan dengan kejadian yang dialami anaknya, Regan, pada  lima dekade silam.

Roh iblis jahat yang merasuki tubuh Angela dan Katherine semata bertujuan untuk menghilangkan kepercayaan mereka dan keluarganya dari ajaran agama Katolik. Dalam adegan The Exorcist: Believer tidak hanya mengandalkan efek mengejutkan atau jump scare, tetapi juga menggali aspek psikologis dan spiritual.

Tingkah laku Angela dan Katherine yang kerasukan setan menjadi sumber utama horor yang mengerikan dan membuat bulu kuduk merinding dalam film ini. Wajah mereka menyeramkan dengan penuh sayatan, baju yang kotor penuh darah, berteriak, dan melakukan hal-hal aneh lainnya di luar normal manusia.
 

Film The Exorcist: Believer juga dibintangi oleh aktris pemenang Emmy, Ann Dowd, yang berperan sebagai tetangga Victor dan Angela. Sebelumnya, dia juga telah membintangi film The Handmaid's Tale dan Hereditary. Selain itu ada pula Jennifer Nettless dan Norbert Leo Butz yang berperan sebagai orang tua Katherine.

Sementara skenario film ini ditulis oleh Peter Sattler dan David Gordon Green yang masih berkiblat pada novel The Exorcist (1971) karangan penulis William Peter Blatty. Adapun, Jason Blum, David Robinson, dan James G. Robinson bertindak sebagai produser dari rumah produksi Blumhouse Productions dan Morgan Creek Entertainment.

Pada awalnya, film The Exorcist: Believer akan ditayangkan secara global pada 13 Oktober 2023. Namun jadwalnya dimajukan lantaran sang produser, Jason Blum, tidak ingin film tersebut menandingi film konser The Eras Tour dari Taylor Swift yang dirilis pada tanggal tersebut.

"Kami mendapatkan tanggal 13 Oktober sebagai hari terbaik untuk merilis film menakutkan. Jelas, kami pindah dari tangal itu dan kami menundukkan kepala kepada Taylor Swift. Satu hal yang membuat saya takut setengah mati adalah Taylor Swift," katanya seperti dikutip dari Entertainment Weekly.

Sebelumnya, Blum sempat ingin merancang gerakan Exorswift atau gabungan dari The Exorcist dan Taylor Swift yang mengacu pada kegilaan fenomena Barbenheimer yang melanda di Amerika selama musim panas. Namun, dia juga tidak yakin bahwa Exorswift akan dikenal publik dan menjadi fenomena seperti pendahulunya. "Terlalu berisiko untuk melihat apakah Exorswift akan diterima atau tidak," kata Blum.

Meski demikian, The Exorcist sendiri telah menjadi salah satu film horor paling menguntungkan sepanjang masa dengan perolehan penghasilan kotor sebesar US$402 juta di seluruh dunia. Angka itu terbilang fantastis untuk film yang memakan bujet produksi hanya sebesar US$12 juta.

Film ini juga memperoleh sepuluh nominasi Piala Oscar dan memenangkan dua di antaranya untuk Penataan Suara Terbaik dan Penulisan Skenario Adaptasi Terbaik. Begitupun dengan cerita karangan Blatty yang menjadi ide cerita film ini juga telah diterbitkan berulang kali selama bertahun-tahun.

Kendati telah menjadi salah satu ikon film horor dunia, The Exorcist sempat dilarang untuk tayang di beberapa negara karena dianggap terlalu mengerikan atau menakutkan, serta karena alasan agama.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Sinopsis Road to Boston yang Diperankan Im Si Wan dan Ha Jung Woo, Tayang di Bioskop Indonesia 4 Oktober 2023

BERIKUTNYA

Cek Jadwal Tayang Film Indonesia di Busan International Film Festival 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: