MAMA Awards 2023 (Sumber gambar: X/MnetMAMA)

Digelar di Gedung Impian, Cek Jadwal dan Lokasi MAMA Awards 2023

21 September 2023   |   17:52 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Ajang penghargaan musik tahunan industri K-pop, MAMA Awards 2023, akhirnya mengumumkan jadwal dan lokasi penyelenggaraannya pada tahun ini. Panggung apresiasi bergengsi untuk merayakan perkembangan musik Korea Selatan tersebut akan diadakan di Tokyo Dome, Jepang.

Ajang penghargaan musik yang dahulu bernama Mnet Asian Music Awards itu memang kerap diadakan di luar Korea Setalan. Acara ini pernah digelar di Macau, Singapura, Hong Kong, Vietnam, dan berbagai negara belahan Asia lain.

Mengusung konsep One I Born, MAMA Awards 2023 akan menghadirkan acara yang meriah dengan energi positif yang terlahir bersama dalam ‘satu’ kesatuan. Terlebih ajang ini akan menuju fase baru yang lebih menggembirakan.

Sebab, ajang ini resmi mengganti nama Mnet Asian Music Awards menjadi MAMA Awards. Meski berganti nama, acara ini tetap jadi yang paling ditunggu bagi penggemar K-pop. “Worl’s No.1 K-pop Awards 2023 MAMA Awards. Tokyo Dome,” tulis akun resmi MnetMAMA, dikutip Hypeabis.id pada Kamis (21/9).
 

Tidak hanya mengumumkan soal lokasi penyelenggaraan saja. MAMA Awards 2023 juga mengumumkan periode voting akan dimulai pukul 19 Oktober pukul 6 sore waktu Korea Selatan. Adapun untuk acara puncak penghargaannya akan digelar pada 28 November dan 29 November pukul 6 sore waktu Korea Selatan.

Pada malam penghargaan, acara akan sepenuhnya digelar offline. Namun, bagi penonton di luar Jepang masih bisa menonton melalui online televisi kabel Mnet maupun YouTube.

Penyelenggaraan ajang penghargaan yang digelar di Tokyo Dome tahun ini terbilang spesial. Tokyo Dome merupakan gedung pertunjukan berskala besar dengan kapasitas mencapai 50.000 ribu orang.

Gedung pertunjukan ternama di Jepang ini kerap disimbolisasi sebagai panggung impian para penyanyi dan tolak ukur sebuah kesuksesan. Hal ini seolah makin menegaskan era globalisasi K-pop yang makin masif.

Tahun lalu, MAMA Awards 2022 digelar di Kyocera Dome, Osaka, Jepang. Kala itu, BTS menjadi grup yang membawa banyak piala. Hal ini membuktikan BTS masih menjadi salah satu grup paling populer di Korsel.

Pelantun lagu Dynamite tersebut membawa piala kategori MAMA Platinum, Album of the Year, Artist of the Year, dan Worldwide Icon of the Year. 

Baca juga: Daftar Pemenang Lengkap MTV Video Music Awards 2023

MAMA Awards juga mengumumkan kriteria pemenang masing-masing. Untuk Album of the Year, penilaiannya dari 40 persen evaluasi judge panel dan 60 persen penjualan fisik album.

Untuk pemenang kategori Worldwide Icon of the Year, penilaiannya dari 50 persen perhitungan suara Mnet Plus, 30 persen suara Spotify, 10 persen suara Twitter, dan 10 persen skor video musik.

Untuk pemenang Artist of the Year dan Artist Category Awards, penilaiannya diambil dari 40 persen evaluasi judge panel, 30 persen download/streaming lagu, serta 30 persen penjualan fisik album.

Adapun untuk Song of the Year dan Genre Category Awards, penilaiannya berdasarkan 40 persen evaluasi judge panel, 60 persen download/streaming lagu.

Baca juga: Bertabur Bintang, Cek Lineup Asia Artist Awards 2023 di Filipina

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Tak Sekadar Viral, Ini Rahasia Sambal Bakar Indonesia Miliki 19 Outlet Setelah Setahun Berdiri

BERIKUTNYA

Free Fire Rilis Spark Your Fire Ajak Kreator Bikin Konten Gim Berhadiah Total 1,4 Juta Dolar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: