Cuplikan film Orpa. (Sumber gambar: Laman resmi Jogja-NETPAC Asian Film Festival)

Sinopsis Film Orpa, Kisah Gadis Papua Perjuangkan Mimpi untuk Sekolah

10 September 2023   |   07:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Selama ini, narasi tentang masyarakat Papua jarang muncul menjadi perbincangan publik termasuk dalam film. Namun, kini, satu film yang berasal dari Papua bisa kalian tonton berjudul Orpa. Film yang ditulis dan disutradarai oleh Theo Rumansara ini berkisah tentang seorang gadis Papua yang mengejar impiannya untuk bersekolah.

Film yang diproduksi oleh QUN Films ini berkisah tentang seorang gadis Papua kutu buku bernama Orpa (diperankan oleh Orsila Murib). Dia akan dinikahkan dengan seorang pria kaya dari Jayapura oleh ayahnya yang bernama Septinus (diperankan oleh Arnold Kobogau).

Menolak menerima nasibnya menjadi ibu rumah tangga yang patuh, Orpa justru memilih untuk melarikan diri pada suatu malam mengikuti ambisinya untuk bersekolah di Wamena. Di sana, dia berharap dapat belajar lebih banyak tentang khasiat obat dari tanaman Papua.

Baca juga: Buah Merah & Matoa, Tanaman Khas Papua yang Punya Segudang Manfaat

Dalam perjalanannya, Orpa bertemu dengan Ryan (diperankan oleh Michael Ko), seseorang yang ingin menjadi musisi asal Jakarta yang mendukungnya untuk membawanya ke Wamena. Namun, perjalanan keduanya dihadapkan sejumlah kesulitan karena mereka dikejar oleh ayah Orpa dan penduduk setempat yang menuduh Ryan melarikan diri dari kasus pembunuhan.
 


Dalam trailer yang dirilis oleh QUN Films menampilkan cuplikan orang tua Orpa yang tidak mendukung impian sang anak untuk bersekolah setinggi mungkin. Bagi mereka, kodrat perempuan tidak jauh-jauh dari urusan dapur dan menikah. Bahkan, sekolah dinilai hanya membuang-buang saja bagi masyarakat kelas bawah seperti mereka.

Namun, Orpa bersikeras bahwa dia tidak ingin menikah. Di tengah kekalutannya, guru Orpa di sekolah memberikannya keyakinan untuk berani mengejar apapun impiannya termasuk untuk bersekolah di Wamena. Akhirnya, Orpa pun diam-diam kabur dari rumah untuk mengejar impiannya itu.

Di tengah perjalanannya, dia bertemu Ryan, musisi asal Jakarta yang tengah mencari suara-suara alam untuk proyek musiknya. Keduanya pun terlibat dalam satu petualangan dan dialog yang menarik untuk diikuti kisahnya. Perjalanan keduanya untuk menggapai mimpi pun dihadang oleh ayah Orpa dan penduduk setempat yang berusaha mengejar mereka.
 


Sebelum diangkat ke layar lebar, gagasan film Orpa datang dari hasil program sayembara bertajuk Jendela Papua yang diselenggarakan QUN Films. Dari sekian karya masyarakat Papua, ide cerita Orpa terpilih menjadi satu film panjang.

Film Orpa kemudian dibuat oleh rumah produksi QUN Films, dimana proses pengambilan gambar utamanya berlangsung selama 10 hari pada pertengahan tahun 2021. Film ini pun berhasil tayang perdana pada 27 November 2022 melalui program JAFF Indonesian Screen Awards di festival film Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2022.

Pada festival tersebut, Orsilla Murib berhasil memenangkan penghargaan Best Performance untuk penampilannya sebagai Orpa. Setelahnya, film Orpa kemudian rilis perdana di Papua dan tayang di Mal Jayapura XXI pada 17 Desember 2022. Tak sampai situ, film Orpa juga tayang di CinemAsia Film Festival 2023 yang digelar di Amsterdam, Belanda.

Selain itu, film berdurasi 99 menit juga berhasil mengantarkan sang penulis sekaligus sutradara, Theo Rumansara, mendapatkan penghargaan American-Indonesian Cultural and Educational Foundation (AICEF) di ajang Balinale International Film Festival 2023.

Sejak tayang perdana di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2022, film Orpa telah berkeliling ke sejumlah festival film internasional seperti Zabaikalsky International Film Festival 2023, Teens International Film festival World of Wonders Kaliningrad 2023, Middlebury New Filmmakers Festival 2023, dan FICDEH International Festival For Human Rights Colombia 2023.

Adapun, film Orpa kini sedang tayang di sejumlah bioskop Tanah Air.

Baca juga: Ini Dia Rekomendasi Film & Series Remaja, Cocok Untuk Mengisi Waktu Luang


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Cara Membatalkan Langganan Disney+ Hotstar lewat Handphone & PC

BERIKUTNYA

Inspiratif, 4 Tokoh Pendiri Brand Terkenal yang Merintis Bisnis di Masa Tua

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: