Kegiatan memanjat Ttbing di Lembah Harau menjadi salah satu rekomendasi kegiatan yang menyenangkan (Sumber gambar: Mihajlo Sebalj)

5 Petualangan Seru yang Wajib Dijajal saat WIsata ke Lembah Harau

11 September 2023   |   17:48 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Sumatra Barat merupakan salah satu  provinsi di Indonesia yang terkenal akan kekayaan alam, budaya, dan juga kulinernya. Daerah dengan Ibu Kota Provinsi Padang ini juga terkenal akan keindahan alamnya yang sering menjadi tujuan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Beberapa kota utama yang dapat kalian kunjungi di Sumatra Barat adalah Kota Padang atau kota tua kolonial, Bukittinggi, Danau Maninjau, Payakumbuh, Padang Panjang, Pulau Sirebut, Pariaman, Solok, Batusangkar, Sawahlunto, dan juga Lembah Harau.

Baca juga: 6 Rekomendasi Tempat Wisata Menarik di NTT, Wajib Cek Gunung Kelimutu dan Labuan Bajo

Beberapa kota itu pun memiliki berbagai pilihan objek wisata yang menarik untuk dieksplorasi, salah satunya Lembah Harau. Berikut beberapa pilihan kegiatan seru ketika mengunjungi sejumlah lokasi menarik di kawasan Lembah Harau di Kabupaten Limapuluh Koto, versi buku Wonderful Indonesia, yang diterbitkan oleh Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif.

1. Mendaki Bukit
Terkenal akan tebing yang curam dan menjulang tinggi, membuat lokasi wisata Lembah Harau sangat cocok untuk kegiatan mendaki. Sebelum mendaki, kalian dapat menyusuri Lembah Harau yang dihiasi pepohonan besar yang berbaris rapi serta hamparan sawah yang membentang sepanjang jalur yang dilalui.

Selain itu, para pencinta alam juga wajib mencoba menyusuri hutan di Kecamatan Harau, serta menikmati indahnya air terjun Sarasah Bunta, Sasarah Murai, Sasarah Aie Angek, Sarasah Jambu, dan air terjun Berayun.

Bagi kalian yang ingin mendaki atau memanjat tebing, sebaiknya datang pada pagi hari ketika cuacanya tidak terlalu panas. Selain itu, kalian juga wajib membawa bekal makanan dan minuman secukupnya. Persiapan lain yang wajib diperhatikan adalah menjaga kesehatan tubuh sebelum trekking, dan mengenakan perlengkapan memanjat sesuai standar keamanan.

2. Bersepeda
Lingkungan objek wisata yang masih asri dan jauh dari polusi sangat cocok bagi kalian yang ingin berolahraga, seperti bersepeda mengelilingi desa. Selama perjalanan, kalian akan ditemani pemandangan berupa barisan tebing dan juga bukit granit, serta deretan pepohonan yang menjulang hijau.

Beberapa trek yang dapat kalian lalui antara lain menyusuri air terjun Sasarah Bunta hingga air terjun Berayun. Sambil rehat sejenak saat bersepeda, kalian dapat mengabadikan berbagai spot foto menarik yang menjadi nilai tambah dari tempat wisata Lembah Harau ini.

3. Panjat Tebing
Bagi Genhype yang menyukai jenis olahraga ekstrem, kalian wajib menjajal curamnya tebing granit yang terletak di lokasi wisata Lembah Harau. Berbeda dengan jenis tebing lainnya, tebing granit menyediakan ruang-ruang bagi para artificial climbing atau panjat tebing untuk lebih mudah bergerak dan berpindah tempat.

Tebing yang menjulang tinggi itu memiliki ketinggian yang beragam, mulai dari 30 meter hingga 300 meter. Beberapa tebing yang sering dipanjat adalah tebing Lembah Echo. Ketika kalian berteriak di tempat ini, maka akan menimbulkan gema atau echo.

Selain itu, ada juga tebing Sasarah Akar Berayun, tebing ini memiliki kemiringan hingga 90 derajat dengan menghadirkan keindahan air terjunnya.

Ada juga Padang Torak yang merupakan salah satu tebing yang sering dilalui oleh para pemanjat. Berbeda dengan kedua tebing sebelumnya, tebing ini sangat cocok bagi pemula atau bagi masyarakat biasa. Biasanya para pemanjat berpengalaman akan membukakan jalur di tempat ini agar pemula dapat mudah mengikutinya.

4. Menyusuri Goa
Genhype yang menyukai kegiatan menantang dan menyukai alam terbuka, kalian wajib menyusuri beberapa goa dan camping. Di Lembah Harau juga menyediakan akses bagi kalian untuk menyusuri goa, misalnya menelusuri goa Ngalau Seribu.

Ketika melewati jalur ini, kalian akan menyaksikan aliran sungai bawah tanah yang menambah keindahan objek wisata ini. Bagi yang ingin menyusuri goa, sebaiknya menggunakan sepatu yang bersol karet, hal ini dikarenakan tekstur jalan yang licin dan bebatuan dapat menyebabkan kecelakaan.

5. Camping di Alam Terbuka
Bagi kalian yang sudah bosan dengan hiruk pikuk pekerjaan dan gemerlap perkotaan, kalian wajib mencoba berpetualang di alam bebas Lembah Harau. Lokasi yang sering dijadikan tempat glamping atau berpetualangan adalah Sasarah Pincuran Tigo. Tempat ini juga sangat cocok bagi kalian yang membawa anak-anak atau keluarga besar.

Selain itu, kalian juga dapat camping di tengah alam terbuka dengan ditemani suara alam yang menenangkan. Sebaiknya kalian juga membawa perbekalan makanan , serta menyiapkan perlengkapan camping secara lengkap.

Baca juga: 5 Rekomendasi Wisata Pilihan Kimbab Family Saat Berlibur ke Indonesia

Nah itulah lima rekomendasi pilihan wisata yang dapat dieksplorasi sehingga tidak cepat bosan saat mengunjungi Lembah Harau. Kalian juga dapat mencoba beberapa petualangan di atas dengan bantuan tenaga ahli di masing-masing tempat wisata.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Apresiasi India Berhasil Mendarat di Bulan, Tecno Mobile Luncurkan Spark 10 Moon Explorer Edition

BERIKUTNYA

5 Rekomendasi Wisata Jakarta di Akhir Pekan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: