Ilustrasi iPhone 11 (Sumber gambar:unsplash/simerpreet singh)

Cek 5 Pertimbangan Ini Sebelum Beli iPhone 11

05 September 2023   |   08:19 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Sudah empat tahun berlalu sejak iPhone 11 pertama kali dirilis ke publik. Namun, iPhone seri ini masih memiliki daya tariknya tersendiri, apalagi gawai ini memang menjadi salah satu seri iPhone terlaris saat itu. Lantas, masih layakkah jika dibeli pada 2023?

Hingga saat ini, iPhone 11 masih menjadi salah satu model smartphone yang sangat mudah ditemui di pasaran. Mengingat gawai ini dirilis pada 2019, tentu mayoritas yang ada di pasaran kondisinya adalah bekas. Walau mungkin masih bisa ditemui barang baru dari sisa stok, mengingat Apple telah menyetop produksi gawai ini.

Baca juga: 3 Alasan Kenapa Harga iPhone 11 Turun Hingga Dua Kali Lipat

Mudahnya menemui iPhone 11 di pasaran mengindikasikan bahwa gawai tersebut masih punya demand yang tinggi. Selain karena harganya yang kini terbilang sudah ramah di kantong, iPhone 11 juga rupanya masih cukup oke untuk digunakan pada 2023.

Meskipun demikian, tak bisa dipungkiri iPhone 11 juga memiliki beberapa kekurangan. Ya, maklumlah Genhype, namanya juga smartphone keluaran lama.

Bagi yang sedang tertarik dengan iPhone 11, alangkah lebih baik untuk melakukan beberapa pertimbangan penting di bawah ini. Berikut adalah beberapa alasan tentang apakah iPhone 11 masih layak dibeli atau sudah ketinggalan zaman untuk tahun ini.


1. Desain

iPhone 11 tampil dengan desain yang cukup segar dibanding pendahulunya. Ada lompatan wajah tampilan yang cukup kentara dan menyenangkan di model iPhone sebelumnya.

iPhone seri ini memiliki desain yang simpel, tetapi punya kesan eksklusif. Pada bagian belakang, ada dua kamera yang sering disebut sebagai boba dengan tambahan satu flash yang membuatnya ikonik. Modul kamera tersebut dibuat persegi sehingga terlihat mirip dengan seri-seri setelahnya.


2. Chipset

Mesin pacu iPhone 11 masih cukup bisa diandalkan pada 2023. Dengan dibekali chipset Apple A13 Bionic dan fabrikasi 7nm+, tenaga iPhone 11 masih terbilang kencang. Terlebih, gawai ini memiliki prosesor enam core.

Jika kebutuhannya untuk bermedia sosial, chipset A13 Bionic dengan mudah bisa melibasnya. Chipset ini juga masih cukup oke untuk memainkan beberapa gim, seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, atau Genshin Impact.

iPhone 11 juga telah dibekali 4 core GPU yang bisa mendukung gawai menampilkan konten 3D yang berat. Spesifikasi ini membuat iPhone 11 masih punya performa yang baik untuk berbagai kebutuhan pada 2023. Terlebih, gawai ini masih mendukung update iOS terbaru hingga beberapa tahun ke depan lagi.


3. Kapasitas Baterai

iPhone dahulu punya stigma buruk soal baterai. Namun, iPhone 11 menjadi salah satu seri yang bisa mematahkan stigma tersebut. Dengan kapasitas 3.110 mAh, daya tahan iPhone 11 terbilang akan normal seperti gawai pada umumnya atau bahkan lebih dari cukup.

Jika dibanding seri sebelumnya, iPhone 11 termasuk memiliki baterai yang cukup besar. Namun, saat akan membeli, sebaiknya periksa battery health dari iPhone 11, khususnya jika kalian membeli iPhone bekas. Jangan sampai performanya di bawah dari 75 persen.


4. Kamera

Soal kamera, kualitas iPhone 11 memang tak perlu diragukan lagi. Produk Apple membekali perangkatnya dengan fitur kamera yang memuaskan. Rata-rata hasil foto iPhone 11 jernih dan punya detail yang baik.

iPhone 11 memiliki kamera utama dengan resolusi 12 MP dan dibekali berbagai fitur, seperti mode malam, deep fusion, hingga smart HDR. Kameranya juga mampu merekam video 4K pada kecepatan 60fps.

Ada pula kamera ultra wide dengan bukaan f/2.4 dan memungkinkan mengambil gambar dengan sudut 120 derajat. Kemudian, ada juga fitur penstabilan otomatis sehingga gambar bisa terlihat jelas mesti objek bergerak.


5. Audio

iPhone 11 memiliki audio yang nyaman. Unsur ini cukup penting, terutama jika penggunaannya lebih banyak untuk entertainment. Kualitas layar dan chipset yang cepat akan berpadu dengan apik dengan dukungan kualitas audio mumpuni.

Hal ini tentu akan jadi kombinasi yang pas untuk menonton streaming video hingga bermain gim. Dengan adanya dua speaker stereo, iPhone 11 akan menghasilkan suara yang seimbang dan berkualitas.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Diprediksi Meluncur September 2023, Cek Perkiraan Harga iPhone 15

BERIKUTNYA

Sejarah Hari Amal Internasional yang Diperingati Tiap 5 September

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: