FFML Season 8 (Sumber gambar: Garena Indonesia)

FFML Season 8 Resmi Dimulai, Cek Daftar Tim dan Format Baru Kompetisi

02 September 2023   |   00:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Kompetisi e-sports Free Fire Master League Season 8 (FFML S8) akhirnya resmi bergulir kembali. Turnamen bergengsi skala nasional untuk gim Free Fire ini membawa beberapa pembaharuan, termasuk soal format kompetisinya yang cukup berbeda.

Sebagai turnamen e-sports yang inklusif, FFML Season 8 bakal menghadirkan pertarungan sengit antara 18 tim yang berhasil lolos ke babak ini. Ke-18 peserta ini terbagi ke dalam beberapa kategori, ada yang memang tim profesional, tetapi ada juga komunitas.

Baca juga: Gamer Mobile, PC & Konsol, Mana Yang Lebih Loyal Keluarkan Uang?

Dari 500.000 tim komunitas yang ada di seluruh Indonesia, kini telah tersaring tujuh terbaik yang berhak lolos ke FFML Season 8. Kehadiran tujuh komunitas di panggung FFML Season 8 tentu akan jadi warna baru yang dinanti para penonton.

Sebab, sering kali mereka memakai gameplay yang segar dan tak terduga. Hal ini pun kerap jadi momok bagi tim lain. Pada musim lalu, Genesis Dogma SF yang merupakan tim komunitas dari Sulawesi Utara bahkan berhasil membuktikan diri menjadi juara FFML Season 7.

Tahun ini, tim komunitas tampaknya akan kembali berbicara banyak di kompetisi. Sebab, sebagian besar dari mereka adalah tim komunitas yang kemampuannya tak kalah dibanding tim profesional.

Misalnya, Persis X Oke (Tangerang), Garuda Wisnu HellCard (Serang), Marawa X Jogja NC (Yogyakarta), dan Volker Legends DXL (Kendari). Ini adalah tim-tim dari komunitas yang belakangan cukup menyulitkan lawan-lawannya.

Meski begitu, tim profesional yang sudah lama puasa gelar FFML, seperti Evos Divine, RRQ Kazu, dan Onic Olympus dipastikan tak akan rela memberikan gelar juara begitu saja kepada tim-tim komunitas.

Kini, semua yang telah lolos punya tujuan yang sama, yakni merebut gelar supremasi tertinggi Free Fire di tanah Air. Mereka akan memperebutkan total prize pool senilai Rp1,2 miliar.

Berikut adalah daftar tim lolos ke FFML Season 8, baik dari tim profesional maupun tim komunitas.

Lolos dari FFML Season VII (11 Tim): Bigetron Delta, Evos Divine, Genesis Dogma SF, Kraken Esports (nama sebelumnya: Echo Esports), Morph Team, Onic Olympus, Poco Star (nama sebelumnya: G-Arsy Aphrodite), Rocks Esports (nama sebelumnya: MPO Esports), Rrq Kazu, Thorrad (hasil merger, sebelumnya dari: First Raider Eclipse dan First Raider Storm), Tigerwong Esports (mengambil posisi SES Alfaink)

Lolos dari FFNS Main Stage (7 Tim): Dewa United Esports, Garuda Wisnu Hellcard, Kagendra, Marawa X Jogja NC, Mbr Epsilon, Persis X Oke, Volker Legends DXL


Format Baru FFML Season 8

 

FFML Season 8 (Sumber gambar: Garena Indonesia)

FFML Season 8 (Sumber gambar: Garena Indonesia)

Tahun ini, FFML Season 8 memiliki format kompetisi yang baru. Hal ini tentu akan menjadi tantangan baru bagi setiap tim. Sebab, semua tim harus tetap tampil konsisten dalam turnamen panjang ini.

FFML Season 8 akan terbagi ke dalam tiga fase, yakni League Phase, Semi Final, dan Grand Finals. Setiap tim harus bisa melewati tiap fase tersebut agar bisa menempatkan namanya di babak Grand Finals.

League Phase akan berlangsung pada 1 September 2023 hingga 24 September 2023. Babak ini akan membagi 18 tim ke dalam tiga grup berisi enam tim. Setiap grup akan saling berhadapan dalam tiga hari pertandingan di setiap akhir pekan, yaitu pada Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Setiap harinya, akan ada 12 tim yang berhadapan dari dua grup. Hanya 12 tim dengan poin tertinggi yang akan melaju ke babak Semi Final. Oleh karena itu, setiap tim harus sudah bisa mengerahkan semua kemampuannya pada fase ini.

Kemudian, setelah 12 tim dinyatakan lolos dari League Phase, mereka akan melaju ke babak Semi Final untuk mengumpulkan poin headstart. Serupa dengan pencarian Pole Position di ajang balapan, makin besar poin yang dikumpulkan di Semi Final, maka makin besar poin awal yang akan didapatkan saat memulai laga Grand Final nanti. Semi Final akan diselenggarakan selama dua hari pada akhir September 2023.

Terakhir, laga Grand Finals akan menjadi penentuan juara FFML Season 8 yang mempertemukan 12 tim dari mereka yang lolos ke Semi Final. Mereka akan memulai laga dengan jumlah yang berbeda-beda sesuai perolehan mereka di Semi Final. Laga ini akan digelar secara offline pada Oktober 2023 dengan pertandingan sebanyak enam ronde.

Baca juga: Kuala Lumpur Ditunjuk Jadi Tuan Rumah M5 Wild Card Mobile Legends

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Ada KTT Asean, Car Free Day Sudirman-Thamrin Minggu 3 September Ditiadakan

BERIKUTNYA

4 Gim Keren Lokal yang Mengangkat Budaya Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: