Ilustrasi menu telur tomat. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Resep Telur Tomat, Menu Praktis dan Sehat untuk Sarapan

27 August 2023   |   08:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Telur merupakan bahan makanan yang sangat populer karena mudah didapatkan. Selain terjangkau, telur juga menjadi salah satu sumber protein yang mudah diolah untuk beragam menu hidangan dengan berbagai jenis metode memasak mulai dari rebus, tumis, hingga goreng. Salah satu menu telur yang mudah dibuat yakni Telur Tomat.

Tomato Scrambled Egg atau Telur Tomat merupakan hidangan yang berasal dari masyarakat Tionghoa. Makanan satu ini berupa semacam olahan telur orak-arik yang dipadukan dengan irisan buah tomat segar, campuran saus tomat, dan bumbu lainnya. 

Baca juga: Resep Tumis Udang Bawang Putih, Menu Praktis yang Maknyus!

Melansir dari tionghoa.org, Telur Tomat dalam bahasa Mandarin disebut dengan nama Fan Qie Chao Dan. Biasa disajikan sebagai hidangan utama, telur tomat merupakan sajian praktis yang mudah ditemui di banyak tempat mulai dari rumah makan kecil hingga restoran berbintang. 

Kemunculan menu Telur Tomat tidak terlepas dari banyaknya hidangan Tionghoa yang menjadikan tomat sebagai sayuran. Tomat banyak digunakan sebagai bahan masakan di berbagai daerah di China seperti Xinjiang, Guilin, dan Sichuan. Memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang lezat, tak heran jika Telur Tomat disukai banyak orang.

Sepiring Telur Tomat dengan warna merah dan kuning yang menggoda ditambah dengan nasi putih hangat adalah gambaran paling sederhana tentang kebahagiaan di rumah dalam tradisi kuliner Tionghoa. Telur Tomat pun disajikan dengan beberapa versi mulai dari hidangan kering, tumis, maupun semacam sup berkuah.
 

Ilustrasi menu telur tomat. (Sumber gambar: Freepik)

Ilustrasi menu telur tomat. (Sumber gambar: Freepik)

Di samping rasanya yang nikmat, Telur Tomat juga merupakan hidangan yang kaya nutrisi untuk tubuh. Sebagai sumber protein, mengonsumsi telur bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh seperti membentuk jaringan tubuh dan membantu fungsinya, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan otak, menurunkan kadar kolesterol jahat, hingga membantu menjaga berat badan.

Begitupun dengan tomat. Sayuran berbentuk bulat berwarna merah ini bisa memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh diantaranya menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, mencegah kanker, meningkatkan kesehatan mata, menjaga kesehatan tulang, dan menjaga kesehatan kulit.

Bagi kalian yang sedang mencari ide menu sarapan yang praktis, yuk coba resep Telur Tomat dari Chef Devina Hermawan yang mudah dibuat di rumah seperti berikut ini.


Resep Telur Tomat

Bahan-bahan:
  • 5 butir telur
  • 2 buah tomat
  • 1/2 siung bawang bombai
  • 3 siung bawang putih
  • 1 batang daun bawang
  • 3 sdm saus tomat
  • 1 sdm kecap asin
  • 1/2 sdm saus tiram
  • 80 ml air
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdt penyedap rasa
  • 1/2 sdm gula pasir
  • Minyak goreng secukupnya


Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Ambil bawang putih lalu geprek dan sisihkan. Iris bawang bombay, tomat, dan daung bawang dengan potongan memanjang. Jika kalian ingin tomatnya lebih layu, bisa mengirisnya dengan bentuk yang lebih tipis.
  2. Panaskan wajan dengan sedikit minyak.
  3. Siapkan mangkuk dan kocok semua telur. Pada mangkuk lain, campurkan saus tomat, kecap asin, dan saus tiram. Tambahkan sedikit air, garam, gula, merica bubuk, dan penyedap rasa lalu aduk hingga merata.
  4. Jika sudah panas, matikan wajan. Lalu masukkan telur dan orak-arik sebentar kemudian sisihkan di atas piring.
  5. Masukkan sedikit minyak lagi pada wajan lalu tumis bawang bombay dan tomat hingga agak layu. Tuangkan saus yang telah dicampur, telur, dan daun bawang. Tumis hingga tercampur merata. Telur Tomat pun siap dihidangkan. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cegah Polusi, Ini 5 Kiat Jaga Kualitas Udara di Dalam Rumah

BERIKUTNYA

4 Serial Asia yang Tayang September 2023 di Netflix, Ada 6ixtynin9 hingga A Time Called You

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: