Aquos R7s, smartphone flagship dari Sharp Electronic. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Desyinta Nuraini)

Adu Kualitas Kamera Smartphone Flagship Sharp vs Oppo

25 August 2023   |   15:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Rangkaian handphone flagship menyerbu pasar Indonesia pada paruh pertama 2023. Sejumlah vendor pun menjanjikan kualitas fitur mumpuni sesuai harga yang ditawarkan untuk menggaet konsumen di kelas ini. Salah satu vendor yang membawa ponsel kelas wahid ke Tanah Air yakni PT Sharp Electronic Indonesia.

Produsen elektronika itu menghadirkan Aquos R7s, smartphone flagship yang diklaim laris manis di Jepang usai rilis akhir tahun lalu. Mengusung konsep smartphone untuk pecinta fotografi, Aquos R7s dibekali kamera utama 47,2 MP dengan aperture f/1.9 dan kamera depth 2 MP dengan f/2.4. Ditambah fitur sensor 1 inci yang setara dengan kamera digital, Sharp Aquos R7s dapat menghasilkan gambar atau video dengan resolusi tinggi.

Baca juga: Sony Bekali Kamera Seri α 6700 dengan AI & Sensor Gambar 26 Megapiksel

Dengan fitur tersebut, hasil gambar terlihat lebih tajam, sekalipun saat malam hari. Bokeh juga tampak natural dan gradasi warna menjadi lebih kaya. Dilengkapi autofocus (AF) All-Pixel Octa PD, objek pada gambar jauh lebih fokus dan detail walaupun dalam keadaan bergerak serta kurang pencahayaan. Meskipun gambarnya diambil secara manual, fokusnya tetap akurat. 

Ditambah prosesor Al, Sharp Aquos R7s juga dapat mendeteksi seluruh tubuh, wajah, dan mata secara real time. Dengan demikian, pengguna dapat dengan cepat menemukan wajah dan profil yang disamarkan. 
 

Aquos R7. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Aquos R7s.  (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Pengambilan video pada kamera depan resolusinya pun cukup tinggi, yakni mencapai 8K. Sementara buat penggemar selfie, kamera depan ponsel ini menggunakan lensa wide 12,6 MP dengan aperture f/1.9.  

Tak hanya dari sisi kamera, Sharp Aquos R7s mengusung layar Pro IGZO OLED berukuran 6.6 inci dengan resolusi 1.260 x 2.730 pixel. Smartphone ini pun memiliki dengan refresh rate tertinggi di kelasnya hingga 240Hz7. Frame rate adalah kunci untuk membuat gambar terlihat tajam, jelas, dan halus. 

“Dengan IGZO OLED, mengatur refresh rate sehingga power konsumsi bisa lebih rendah,” ujar Smartphone Product Strategy Sharp Indonesia Sabar Jusuf Firdaus Simatupang. 

Untuk dapurnya, Sharp Aquos R7s menggunakan Snapdragon 8 gen 1, yang memiliki kinerja pemrosesan tinggi hingga dapat meningkatkan grafis sebesar 304, dengan penghematan daya 25 persen dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Tak dipungkiri, chipset generasi 1 membuat ponsel cepat panas. 

Guna mengantisipasinya, President of Mobile Communication Business Unit Sharp Corporation Shigeru Kobayashi mengatakan pihaknya menanamkan bingkai aluminium yang tebal dan kokoh hingga dapat menahan overheat ataupun terlalu dingin.

“Oleh karena itu, kami pakai aluminium frame sebagai solusi panas dan tidak mengorbankan sisi performance, ”ungkapnya. 

Bagian layar dan back cover pada smartphone ini dilapisi oleh Corning Gorilla Glass Victus, yang lebih tahan gores hingga 4 kali lebih kuat dari generasi sebelumnya. Perlindungan sempurna apabila ponsel terjatuh dari ketinggian hingga 2 meter. 

Ketahanan Sharp Aquos R7s bertambah dengan sertifikat IP68. Alhasil, ponsel ini anti debu serta dapat digunakan di dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama maksimal 30 menit. 

Tersedia hanya satu pilihan warna, yakni hitam, ponsel yang dibanderol Rp 15,99 juta ini memiliki desain yang cukup elegan dan dinamis. Tombol samping dan kameranya dibentuk menyerupai potongan berlian dan dilapisi untuk mencegah pengelupasan.

Bagian belakangnya diukir agar lebih mudah digenggam dan lebih halus ketika dibentuk, serta memiliki tekstur matte yang mengkilap.

Terkait kapasitas penyimpanan, Sharp Aquos R7s dipersenjatai dengan RAM 12 GB dan ROM 256 GB yang dapat di expand dengan microSD hingga 1 TB. Dikombinasikan dengan baterai 5.000mAh, ponsel ini lebih tahan lama dapat mengisi daya dengan cepat 27 watt, serta mendukung pengisian daya nirkabel Oi. 
 

Oppo Find

Oppo Find X6 Pro. (Sumber gambar : Oppo)

Selain Sharp, Oppo Find X6 Pro juga mengusung kamera fotografi yang menempatkan sensor 1 inci. Kamera utama terdiri atas 50 MP lensa wide f/1.8, 50 MP lensa ultrawide f/2.2, dan 50 MP lensa periscope telephoto f/2.6. Sementara untuk kamera selfie, dibenamkan 32 MP lensa wide f/2.4.

Satu yang istimewa, Find X6 Pro 5G memiliki mode Hasselblad Pro didukung format JPEG. Semua fitur kamera yang dipunya ponsel flagship yang dibanderol Rp19 juta ini menghasilkan gambar yang realistis dan pencitraan yang cerah. Dalam kondisi gelap pun, hasil gambarnya cukup tajam. 

Sayangnya, smartphone ini tidak akan dipasarkan secara global, termasuk dijual di Indonesia. PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto menyebut bahwa Oppo Find X6 Pro hanya dipasarkan di China saja. Adapun untuk seri terakhir yang hadir di Indonesia yakni Oppo Find X5 Pro.

Baca juga: Bawa Kamera Canggih dan Baterai Besar, Cek Harga dan Spek Samsung Galaxy F54 5G

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Intip Pengalaman & Tantangan Pakai Mobil Listrik

BERIKUTNYA

Hari Anjing Internasional 26 Agustus, Yuk Cek Ras Anjing Termahal di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: