Bendera Merah Putih (Sumber gambar: Nick Agus Arya/Unsplash)

Link Live Streaming  Upacara 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka Jakarta

17 August 2023   |   06:45 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Hari ini, sudut kota hingga desa di berbagai wilayah Indonesia berhias ornamen merah putih. Bendera merah putih sebagai tanda kemerdekaan pun ditegakkan di tiang-tiang. Tepat pada 17 Agustus 2023, Indonesia menginjak usia kemerdekaan yang ke-78.

Momen Ini penting untuk mengingat kembali deklarasi independensi bangsa Indonesia sejak merdeka dari penjajah pada 1945 silam. Untuk ke sekian kalinya, HUT Republik Indonesia diperingati dengan berbagai jenis kegiatan unik dan menarik dari para warganya. Mulai dari perlombaan di desa, kota, hingga kegiatan penghormatan kepada bendera merah putih melalui upacara khusus yang dilakukan pada 17 Austus di setiap tahunnya.

Secara khusus, upacara 17 Agustus diselenggarakan untuk memperingati momen detik-detik proklamasi bangsa Indonesia. Upacara ini rutin diselenggarakan setiap tahunnya pada tingkat kabupaten, kota, provinsi, hingga nasional, khususnya untuk sekretariat lembaga negara, kementerian dan lembaga non kementerian. Untuk tingkat nasional, upacara 17 Agustus berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta.

Baca juga: Daftar Lengkap Anggota Paskibraka 2023 pada Upacara HUT RI di Istana Merdeka

Melansir Surat Edaran Menteri Sekretariat Negara Republik Indonesia, momen peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia ini memiliki beberapa rangkaian agenda yang masih mirip dengan tahun sebelumnya. Peringatan HUT ke-78 RI akan dimulai dengan kirab bendera pusaka dan teks proklamasi dari Monumen Nasional (Monas) menuju Istana Merdeka yang dijadwalkan berlangsung pada pukul 08.30 WIB. Rombongan kirab akan melewati area Patung Arjuna Wijaya, Jalan Medan Merdeka, hingga sampai di Istana Merdeka.

Kemudian agenda akan dilanjutkan dengan pertunjukan kesenian, di mana rombongan yang hadir di Istana Merdeka akan disuguhkan dengan nyanyian lagu-lagu daerah. Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI dijadwalkan akan dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Selain itu, berdasarkan Surat Edaran Menteri Sekertariat Negara juga mengimbau agar masyarakat bisa menyempatkan waktu untuk berhenti dari segala aktivitas tepat pada 17 Agustus 2023 Pukul 10.17 - 10.20 WIB yakni saat-saat di mana Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan melalui pengibaran bendera Merah Putih di Istana Merdeka. Hanya masyarakat yang sedang dalam aktivitas berpotensi bahaya saja yang dikecualikan dari imbauan tersebut.

Untuk diketahui, upacara 17 Agustus akan disiarkan dua kali yakni saat momen penaikan bendera dan penurunan bendera. Meski demikian, kegiatannya masih dalam satu rangkaian yang sama.  Momen detik-detik proklamasi upacara 17 Agustus di Istaan merdeka, Jakarta akan disiarkan melalu kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis (17/8/2023) mulai pukul 07.25 WIB, dengan catatan upacara akan dimulai pada pukul 10.00 WIB hingga selesai.

Penayangan live streaming upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta akan berlangsung pukul 17.00 WIB yang juga akan disiarkan melalu kanla YouTube Sekretariat Negara. Akses menonton upacara 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka dapat disaksikan melalui LINK INI.
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Hypereport Kemerdekaan: Potret Dinamika Masa Revolusi dalam Ragam Karya Seniman Sudjojono

BERIKUTNYA

Cek Rekayasa Lalu Lintas & Pengalihan Rute Transportasi Umum Jelang Kirab Pusaka 17 Agustus di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: