Ioniq 6. (Sumber foto: Hyundai)

5 Fakta Ioniq 6, Mobil Listrik Terbaru dari Hyundai Seharga Rp1 Miliar

15 August 2023   |   08:37 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) meluncurkan model terbaru dari lini electric vehicle (EV) Ioniq dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD City, Tangerang, Senin (14/8/2023). Salah satu pelopor mobil listrik itu menghadirkan Ioniq 6 yang menjanjikan fitur ramah lingkungan dan teknologi canggih. 

Chief Operating Officer HMID Fransiscus Soerjopranoto menyebut Ioniq 6 hadir sebagai mobil listrik murni Hyundai paling aerodinamis dan paling efisien daya saat ini. Lengkap dengan eksterior yang futuristis, interior yang lapang, serta pengembangan teknologi yang mutakhir, mobil ini katanya memberi pengalaman berkendara terbarukan.

Baca juga: Mobil Listrik Diuji Melintasi Jalan Berair di Area Test Drive GIIAS 2023

Terinspirasi oleh Prophecy EV Concept dari Hyundai, Ioniq 6 memiliki ciri khas akan goresan garis yang simple dan clean serta rancang bangun yang aerodinamis, yang disebut oleh para desainer Hyundai sebagai Emotional Efficiency. Mobil ini juga sudah memenangkan sejumlah penghargaa.

Dijual dengan harga (On The Road Jakarta) Rp1,197 miliar, Ioniq 6 tersedia dengan warna Abyss Black Pearl, Serenity White Pearl, Gravity Gold Matte, Nocturne Grey Matte, dan Biophilic Blue Pearl. Buat kamu yang penasaran, berikut spesifikasi Hyundai Ioniq 6.



1. Tampilan Luar yang Futuristis dengan Desain Aerodinamis

Mengusung konsep Electrified Streamliner dengan tampilan yang sporty dan modern, Ioniq 6 menawarkan solusi mobilitas cerdas dengan desain eksterior yang sleek dan futuristis. Model kendaraan drag coefficient terendah yaitu 0,21 ini, menjadi salah satu BEV paling aerodinamis.

Gagang pintunya yang menggunakan Flush Door Handles juga meningkatkan aerodinamika dari kendaraan. Flush Door Handles yang rata dengan bodi saat mobil terkunci juga memastikan keamanan dari Ioniq 6. Aspek ini didukung oleh penampilan stylish dengan penggunaan velg alloy berukuran 20 inci.

Kesan mewah dan futuristis pada eksterior ditambah dengan penggunaan desain lighting Parametric Pixels di lampu depan dan lampu belakang, serta Parametric Pixel High-Mounted Stop Lamp pada rear spoiler. Adapun, Pigment paint untuk body cladding Ioniq 6 dibuat dari sampah ban yang didaur ulang.
 
 


2. Kabin Luas, Mewah, dan Berkelanjutan

Terinspirasi dari bentuk kepompong (cocoon), Hyundai Ioniq 6 dilengkapi dengan platform E-GMP untuk memberikan kenyamanan maksimal di dalam kendaraan. Mobil ini memiliki wheelbase sepanjang 2.950 mm yang membuat interior kendaraan lebih lapang dibanding model BEV lainnya. 

Secara keseluruhan, dimensi Ioniq 6 berukuran panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1.495 mm, serta ground clearance 141 mm yang menawarkan kenyamanan dan kestabilan selama perjalanan. Lapangnya interior Ioniq 6 juga semakin maksimal dengan ditiadakannya tombol-tombol fisik pada pintu depan.

Adapun interior dari baris depan Ioniq 6 dilengkapi dengan bridge-style open console yang bisa diatur untuk meletakkan perangkat atau menyimpan barang keperluan. EV ini dilengkapi glove box sebagai ruang penyimpanan yang efisien.

Mobil ini tampil elegan berkat kehadiran Dual Color Ambient Lighting. Dengan fitur ini, pengguna bisa memilih profil pencahayaan di dalam kendaraan sesuai mood dan selera dari 64 opsi warna dan 6 tema warna ganda yang tersedia. 

Pada bagian interior Ioniq 6 turut menggunakan material hasil daur ulang botol PET serta komponen alami berbasis tebu dan jagung unutk jok, headlining, dan karpet. Seluruh permukaan panel interior pintu dan setir Ioniq 6 pun dilapisi oleh cat berbahan alami dari minyak ekstrak tanaman bunga kubis dan jagung.
1
2


SEBELUMNYA

7 Lukisan yang Mencuri Perhatian di ARTJOG 2023

BERIKUTNYA

Risiko Cedera Lutut Saat Berlari, Begini Cara Mencegahnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: