Ide Tumpeng 17 Agustus (Sumber Foto: Cerita kulina)

5 Ide Kreasi Tumpeng untuk Rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus

09 August 2023   |   10:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Tumpeng atau nasi tumpeng adalah kuliner khas Indonesia yang penyajiannya dibentuk kerucut dan disajikan bersama lauk pauk yang ditata rapi di sekelilingnya. Olahan nasi yang dipakai umumnya berupa nasi kuning, nasi putih biasa, atau nasi uduk.

Tumpeng lazimnya disajikan di atas tampah atau wadah berbentuk bundar tradisional yang terbuat dari anyaman bambu, kemudian dialasi dengan daun pisang. Biasanya tumpeng disajikan dengan lauk pauk seperti perkedel, tempe, tahu, telur dadar atau telur goreng, timun, selada, urap kacang panjang, dan lainnya.

Baca juga: Resep Jengkol Balado yang Empuk & Enak, Auto Tambah Nasi

Sementara untuk lauk pendampingnya terdiri atas olahan ayam atau sapi, ikan lele, ikan bandeng atau rempeyek teri, dan sayuran seperti kangkung, bayam atau kacang panjang. 

Umumnya tumpeng merupakan sajian yang wajib ada dalam upacara adat masyarakat Jawa, Bali, Madura dan Sunda. Selain itu tumpeng juga disajikan saat acara kenduri, yakni perjamuan makan untuk memperingati peristiwa tertentu seperti kelahiran atau ulang tahun untuk meminta berkah.

Setiap 17 Agustus pun kerap diadakan lomba merias tumpeng sekreatif mungkin untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan Indonesia. Nah Genhype, berikut ide kreasi tumpeng yang bisa jadi inspirasi untuk acara 17 Agustus di daerahmu.


1. Tumpeng Merah Putih 

Tumoeng merah putih (Sumber Foto: Cookpad)

Tumoeng merah putih (Sumber Foto: Cookpad)

Kalau biasanya tumpeng menggunakan nasi kuning, tak ada salahnya untuk berkreasi menggunakan nasi merah dan putih. Untuk warna merahnya, kamu bisa menggunakan beras merah apabila suka. Namun, tak jarang ada yang kurang suka nasi merah karena teksturnya yang kasar dan keras.

Kamu bisa mengakalinya dengan mewarnai nasi dengan pewarna makanan yang aman atau pewarna alami dari tomat. Supaya lebih cantik, jangan lupa hias lauk pauk dengan warna merah putih juga. Misalnya merah dari cabai  atau tomat dan putih dari telur.


2. Tumpeng Garuda

Tumpeng garuda (Sumber Foto: teras garut)

Tumpeng garuda (Sumber Foto: teras garut)

Tumpeng juga tidak harus berbentuk kerucut seperti gunung. Kamu bisa berkreasi sekreatif mungkin untuk membuat tumpeng khas hari kemerdekaan. Misalnya dengan memuat tumpeng dengan bentuk burung Garuda yang menjadi lambang kebesaran Indonesia.

Caranya mudah, kamu hanya perlu menggambar burung garuda berukuran besar di kertas lalu lapisi dengan plastik. Kemudian tata nasi mengikuti bentuk burung garuda. Perlahan-lahan pindahkan plastik dan nasi ke dalam tampah beralaskan daun pisang.


3. Tumpeng Peta Indonesia

Siapa sangka ternyata kita bisa membuat nasi tumpeng berbentuk peta Indonesia, lengkap dengan provinsi dan pulau-pulaunya. Cara membuatnya pun sangat mudah, hampir sama seperti membuat burung garuda. Kalian warnai nasi yang ingin dibentuk jadi peta menggunakan pewarna makanan.

Selanjutnya bentuk nasi menyerupai pulau-pulau di Indonesia, kalian bisa menggambar pulaunya dulu lalu mencetaknya dengan nasi. Pastikan untuk membuatnya semirip mungkin sampai ke detail terkecil supaya hasilnya menakjubkan.


4. Gambar Pejuang Kemerdekaan

Tumpeng pejuang kemerdekaan (Sumber Foto: Kawan Pustaka)

Tumpeng pejuang kemerdekaan (Sumber Foto: Kawan Pustaka)

Hari kemerdekaan Indonesia ditandai dengan berakhirnya perjuangan masyarakat melawan penjajah. Melalui kreasi tumpengmu, cobalah membuat karakter para pejuang kemerdekaan yang memegang bendera tanda kemenangan. Untuk membuat manusia bisa menggunakan kacang panjang yang disambung-sambungkan dengan tusuk gigi.


5. Tumpeng Cita Rasa Nusantara

Indonesia terdiri atas 38 provinsi dengan kekayaan kulinernya masing-masing. Untuk membuat tumpeng dengan cita rasa nusantara, kamu bisa memasukkan lauk pauk khas suatu daerah mulai dari Sabang sampai Merauke. Sajikan bersama dalam satu tumpeng sebagai simbol Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu.


Baca juga: 7 Tip Bikin Tumpeng Anti Meleyot & Retak

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

6 Drakor & Variety Show Tayang di VIU Agustus 2023, Ada Street Woman Fighter 2

BERIKUTNYA

Jadwal Konser 11-12 Agustus 2023, Ada DEWA 19 feat All Stars & The Sounds Project Vol.6 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: