Tampilan Galaxy Tab S9. (Sumber foto: Hypeabis.id/Desyinta Nuraini)

Menjajal Galaxy Tab S9 Series, Tipis & Ringan Banget!

28 July 2023   |   18:09 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Galaxy Tab S9 Series menjadi tablet terbaru yang dirilis Samsung pada Galaxy Unpacked di Seoul, Korea Selatan, Rabu, 26 Juli 2023. Kualitas gawai multifungsi ini terbilang mumpuni dengan spesifikasi kelas tinggi dan desain yang minimalis namun elegan.   

Hadir dengan tiga model, Galaxy Tab S9, S9 Plus, dan S9 Ultra diklaim memiliki bobot yang ringan dan tipis. Bahkan untuk Galaxy Tab S9 Ultra, dimensi ketebalannya hanya 5,5 mm lebih rendah dari S9 Plus dengan 5,7 mm dan 5,9 mm untuk S9. 

Baca juga: Spesifikasi, Fitur & Harga Resmi Galaxy Tab S9 Series di Indonesia

Dari pengalaman pengalaman Hypeabis.id menjajal (hands on), ketiga produk ini memang terbilang tipis ketimbang pendahulunya bahkan produk kompetitor. Bobotnya benar-benar ringan sekalipun Tab S9 Ultra memiliki layar besar 14,6 inci. Memudahkan untuk dibawa kemana saja. Adapun Galaxy Tab S9 memiliki bobot 500 gr, S9 Plus sebesar 586 gram, dan S9 Ultra 737 gram.

Samsung Galaxy Tab S9 Ultra,

Samsung Galaxy Tab S9 Ultra, S9 Plus, dan S9. (Sumber foto: Hypeabis.id/Desyinta Nuraini)

Kemudian dari segi tampilan, sejatinya tidak jauh berbeda dengan pendahulunya Galaxy Tab S8. Desainnya hampir sama persis. Perbedaan terletak pada tampilan kamera belakang yang dibuat terpisah dari tempat penyimpanan pen. 

Bentuknya pun cukup ergonomis. Cover belakangnya pun tidak licin. MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Annisa Nurul Maulina mengatakan Galaxy Tab S9 Series juga memiliki ketahanan mumpuni.

Tablet terbaru Samsung ini sudah bersertifikat IP68 yang membuatnya resisten terhadap air, termasuk di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. “Jadi aman saat kena hujan,” ujarnya dalam acara The NExt Galaxy Tab: Product Experience di Ashta District 8, SCBD, Jakarta,Jumat (28/7/20203). 

 

Galaxy Tab S9 Ultra (Sumber gambar : Desyinta Nuraini)

Galaxy Tab S9 Ultra. (Sumber foto: Hypeabis.id/Desyinta Nuraini)

Galaxy Tab S9 Series juga diklaim tahan benturan dan goresan berkat bodi yang diperkuat dengan armor aluminium. Annisa menyampaikan ketahanan diperkuat dengan Outdoor Cover untuk pengguna yang khawatir tabletnya terjatuh. “Tidak perlu takut screen rusak karena Outdoor Cover sudah military grade,” sebut Annisa. 

Saat dipegang Hypeabis.id, Outdoor Cover untuk seri Galaxy Tab S9 Series juga memiliki bobot yang tidak terlalu berat. Desainnya minimalis dan tetap elegan. 

Bicara kualitas display, Galaxy Tab S9, S9 Plus, dan S9 Ultra mengusung layar Dynamic AMOLED 2X. Teknologi ini membuat gambar pada layar terlihat lebih cerah dan imersif. Sementara itu, dukungan HDR10+ membuat gambar pada layar semakin tajam.

 

Galaxy Tab S9 Series. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini)

Galaxy Tab S9 Series. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini)


Hypeabis.id mencoba untuk memutar teaser film Barbie yang memiliki gambar dengan warna cerah pada Galaxy tab S9. Hasilnya, warnanya begitu hidup, kontras, dan tajam, tidak jauh berbeda ketika tayang di bioskop. Layarnya pun memiliki kemampuan adaptif di dalam maupun luar ruang.

Masih soal layar. Samsung Galaxy Tab S9 Series memiliki kemampuan Multi Window. Saat dijajal, tablet ini bisa membuka 5 jendela dalam waktu bersamaan. Memudahkan pengguna dalam mengerjakan presentasi atau menulis catatan saat rapat berlangsung.

Bicara kualitas audionya, berkat sistem speaker AKG dan audio Dolby Atmos, suara yang dihasilkan pun terdengar layaknya menonton film di bioskop. Suaranya cukup menggelegar pada mode penuh sekalipun diputar di dalam luar ruang. 

 

Galaxy Tab S9. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini)

Galaxy Tab S9. (Sumber foto: Hypeabis.id/Desyinta Nuraini)

Samsung Galaxy Tab S9 Series juga dilengkapi dengan Galaxy S Pen untuk membantu kamu menggambar atau membuat desain. Pen ini juga memudahkan kamu dalam drag & drop dari satu file ke file lain atau file ke dalam window. Bisa juga dipakai untuk mengedit video dari fitur LumaFusion yang ada di Tab ini. 

Tab S9 Ultra seketika bisa berubah menjadi PC dengan Cover Keyboard. Sudut Book Cover Keyboard yang dapat disesuaikan dan keypad dengan backlit terasa seperti PC yang ringan. Sementara itu, DeX Mode memiliki kursor yang mudah diikuti, pengubahan ukuran dan posisi window yang fleksibel, dan kemampuan Second Screen untuk mirroring atau extend layar PC ke tablet. 

Jadi buat kamu yang tertarik dengan Samsung Galaxy Tab S9 Series, preorder sudah dibuka sejak 26 Juni 2023 loh. Jangan sampai ketinggalan ya!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Filmnya Sukses Besar, Greta Gerwig Tak Punya Rencana Buat Sekuel Barbie

BERIKUTNYA

Tak Hanya Barbie, Berikut 5 Film yang Dibintangi Margot Robbie

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: