Ilustrasi bahan denim. (Dok. Gracia Dharma dari Unsplash)

5 Produk Ini Bisa Dibuat dari Bahan Denim yang Sudah Tak Terpakai

27 September 2021   |   06:32 WIB

Genhype tentu punya pakaian berbahan denim di dalam lemari, mulai dari atasan, celana jins, hingga jaket denim. Beberapa di antaranya sering dikenakan hingga akhirnya sudah mulai menipis dan mulai rusak seiring dengan berjalannya waktu.

Kadang ada Genhype yang berpikir untuk membuangnya setelah benar-benar rusak, tapi jangan salah bahwa pakaian ini bisa difungsikan ulang lho! Bahan denim, layaknya bahan-bahan tesktil lain, bisa menjadi bahan material untuk beberapa produk yang dibuat sebagai hasil upcycling atau daur ulang sehingga sebagian bahan yang masih layak enggak berakhir di tempat pembuangan. 

Lima produk ini bisa Genhype buat untuk menghidupkan kembali bahan denim yang cenderung kuat dan resisten sehingga bisa dialihfungsikan untuk pembuatan produk tertentu yang lebih kuat ketimbang menggunakan katun atau bahan tekstil lainnya. Yuk simak produknya di bawah ini!

1. Tas

 

Ilustrasi bahan denim. (Dok. Yaoqi dari Unsplash)

Ilustrasi bahan denim. (Dok. Yaoqi dari Unsplash)

 

 
Dengan bahan denim yang bisa didapatkan dari berbagai pakaian, tas adalah salah satu produk yang bisa dibuat dari bahan yang satu ini. Bentuknya bisa berupa tas ransel kecil, sling bag, hingga tote bag.

Tas-tas dari bahan denim bisa menjadi wadah buat Genhype untuk mengasah kreativitas dengan menciptakan tas baru dari kombinasi beberapa potongan bahan denim serta berkreasi dengan efek luntur dan sedikit robekan sebagai detil yang unik pada tas.

2. Pouch dan clutch
 

ilustrasi (dok L. Felise)

ilustrasi (dok L. Felise)


Pouch dan tas kecil lain juga bisa menjadi salah satu produk yang memanfaatkan kain denim yang didaur ulang. Sisa-sisa kain dari pembuatan tas atau produk lain bisa dijadikan pouch kecil dengan variasi desain dan ukuran sesuai dengan preferensi Genhype.

Pouch dan clutch dari sebagian celana atau jaket jins bisa bermanfaat untuk menaruh koin, alat tulis, hingga meletakkan produk riasan wajah yang kecil seperti lipstik, lip balm, dan produk lainnya.


 
1
2


SEBELUMNYA

Demi Pengembangan Produk Baru, Apple Pesan 100 Juta Cip ini

BERIKUTNYA

Platform E-commerce Ini Bisa Fasilitasi UMKM Ekspor

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: