Ilustrasi ayam goreng bawang putih (Sumber gambar: Yanuar Putut Widjanarko/Pexels)

Resep Ayam Goreng Bawang Putih, Menu Renyah & Beraroma Harum

20 July 2023   |   19:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Genhype sedang bingung mencari menu makan siang? Nah, menu ayam goreng bawang putih mungkin bisa menjadi salah satu opsi untuk dicoba. Tak perlu takut bosan dengan menu ayam goreng, olahan kaya protein ini bisa dibuat dengan bumbu dan rempah yang berbeda sehingga lebih variatif dan tak terasa membosankan di lidah.

Seperti namanya, ayam putih bawang putih dimasak dengan mengolah daging ayam bagian dada dengan cara digoreng dengan bawang putih hingga meresap dan bertekstur garing. Ayam goreng ini akan mengeluarkan aroma khas bawang putih yang harum dan renyah ketika dimakan.

Ayam goreng bawang putih ini cocok disantap bersama nasi putih hangat dan saos sambal. Memasaknya pun tak susah. Bahan-bahannya dapat ditemukan dengan mudah di pasar swalayan terdekat. Cara membuatnya juga tidak sulit karena hanya bertumpu pada proses marinasi ayam dan metode masak menggoreng saja. Enggak perlu penasaran, yuk cek resep ayam goreng bawang putih berikut:


Bahan-bahan:

  • 500 gram dada ayam
  • 25 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 2 butir telur ayam
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 2 sendok teh ketumbar
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya


Cara membuat:

  1. Cuci bersih dan potong-potong dada ayam membentuk dadu, tiriskan dari air hingga kering
  2. Haluskan 5 siung bawang merah, 8 siung bawang putih, ketumbar, merica, kunyit, dan jahe. Bumbu ini berguna untuk marinasi ayam supaya memberi aroma dan cita rasa bawang
  3. Campurkan bumbu halus dengan kocokan telur. Aduk hingga rata
  4. Tambahkan maizena, garam dan gula secukupnya. Aduk hingga merata hingga teksturnya sedikit kental
  5. Masukkan potongan dadu ayam. Aduk hingga bumbunya menutupi ayam secara merata. Kemudian simpan di kulkas sekitar 1 jam. Pastikan bumbu meresap
  6. Geprek sisa bawang putih. Tidak perlu mengupas bagian kulit bawangnya. Pastikan bawang tidak terlalu hancur
  7. Siapkan wajan. Panaskan minyak dengan api sedang. Minyak berfungsi untuk menggoreng ayam, sehingga perlu menggunakan minyak dalam jumlah yang banyak supaya ayam terendam minyak saat proses goreng.
  8. Saat minyak sudah panas, masukkan semua bawang putih yang sudah digeprek. Biarkan bawang putih tergoreng hingga kering. Jika sudah tergoreng kering, angkat dan sisihkan minyaknya untuk menggoreng ayam
  9. Goreng potongan ayam yang sudah dimarinasi adonan telur dan bawang. Minyak bekas gorengan bawang ini akan membuat aroma ayam goreng lebih harum dan garlicky
  10. Pastikan menggoreng hingga ayam mengeluarkan warna kecokelatan.  Tipsnya, sering-sering membolak-balik ayam supaya matangnya merata. Disarankan juga melakukan pengorengan secara bertahap. Jangan melakukan penggorengan sekaligus ya!
  11. Angkat ayam dari wajan, letakkan campuran bawang goreng di atas piring dan sajikan bersama ayam gorengi. Siap disajikan!


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Ingin Jadi Mitra Kopi Keliling ala Cafe dari Jago Coffee? Ini Dia Syaratnya

BERIKUTNYA

Tren Korean Beauty Meningkat, Kecantikan Natural Makin Diminati Khalayak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: