Outfit bisa mencerminkan karakter seseorang (Sumber gambar: Freepik)

4 Kiat Padu Padan Gaya Busana Biar Tampil Modis

22 June 2023   |   15:44 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Penampilan dan gaya berpakaian atau outfit menjadi salah satu media bagi seseorang untuk berekspresi. Pemilihan busana hingga riasan wajah yang sesuai dapat merepresentasikan identitas diri baik itu nilai personal, karakter, hingga meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

Setiap orang memiliki cara mengekspresikan diri masing-masing dalam memilih gaya penampilannya. Ada yang nyaman tampil kasual, bergaya sporty, formal, feminin dan style unik lainnya. Gaya berpenampilan seseorang untuk tampil lebih modis pun biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tren, lingkungan, dan preferensi personal.

Baca juga: Gaya Padu Padan Jaket Kulit untuk Tampilan Stylish

Namun, disadari atau tidak, tak sedikit orang masih merasa kesulitan untuk mengekspresikan diri yang disebabkan beberapa hal mulai dari tren yang berubah sangat cepat, banyaknya pilihan merek fesyen dengan variasi harga yang berbeda-beda hingga bingung cara mix and match atau padu padan hingga makeup yang tepat.

Padahal, berani berekspresi agar tampil stylish hanya perlu mengenal lebih dalam lagi tentang karakter diri sendiri dan mengetahui teknik mengombinasikan setiap elemen fesyen. Oleh karena itu, agar kalian tidak bingung, berikut adalah 4 kiat untuk tampil modis dengan mix and match fesyen.

1. Pilih pakaian yang sesuai
Sebelum memadu padankan gaya busana, ketahui dulu gaya penampilan personal yang kalian sukai. Setelah itu, kalian juga perlu menyesuaikan busana yang akan kalian pakai dengan konteks acara hingga kondisi cuaca agar tetap merasa nyaman. 

Misalnya jika kalian memiliki jadwal pesta ulang tahun teman bertemakan outdoor party, jangan sampai memakai long coat atau sweater bulu dengan aksesoris seperti scarf maupun sarung tangan kulit. Alih-alih terlihat modis, kalian justru akan merasa kepanasan dan tidak nyaman di tengah kerumunan tamu lainnya.

Sebaliknya, untuk pesta kebun seperti ini, cukup memilih pakaian berbahan katun yang menyerap keringat, atau bisa juga mengenakan dress berpotongan midi atau one piece outfit yang biasa disebut jumpsuit agar memudahkan mobilitas kalian.
 

Penting untuk memahami karakter diri sendiri sebelum menentukan gaya busana (Sumber gambar: Freepik)

Penting untuk memahami karakter diri sendiri sebelum menentukan gaya busana (Sumber gambar: Freepik)

2. Maksimalkan basic outfit
Pada dasarnya trik mix and match tanpa harus menghabiskan banyak waktu adalah dengan mencoba memadukan basic outfit dengan outfit lainnya yang lebih unik demi menciptakan tampilan stand out.

Agar penampilan tetap menarik dan tidak terlihat biasa saja, memadupadankan kaos dengan blazer oversize dengan warna senada maupun colorful ditambah celana kulot ataupun celana jeans, bisa menjadi ide gaya busana minimalis saat ini yang bisa digunakan di berbagai kegiatan. Tetapi jika susah mencari blazer di lemari pakaian, knit cardigan maupun vest motif ala Korea juga dapat menjadi alternatif untuk tampil modis.

3. Beri sentuhan aksesoris
Tak hanya berfokus pada busana, kalian juga bisa menambahkan aksesoris kecil bergaya klasik sebagai ornamen pemanis untuk semakin melengkapi penampilan. Asal tidak berlebihan, coba gunakan beberapa perhiasan sederhana seperti anting, gelang, kalung, atau cincin dengan warna netral yang bisa menambah aksen penampilan lebih elegan.

Namun, aksesoris itu tidak hanya berkaitan dengan perhiasan saja, tetapi juga berupa ikat rambut atau jepitan rambut, sabuk, tas, sepatu, kacamata, dan jam tangan, maupun topi. Maka dari itu, meski ukurannya kecil, sentuhan aksesori bisa menciptakan banyak kesan untuk penampilan. Pastikan aksesoris yang dipakai sesuai dengan gaya dan kepribadian kalian.

4. Pakai riasan yang tepat 
Setelah siap bepergian, menggunakan makeup atau riasan yang tepat dan tidak overpolish juga menjadi elemen yang tak kalah penting dalam meningkatkan aura penampilan. Meskipun makeup natural dapat dibilang cocok pada segala jenis kegiatan, tapi ingat untuk selalu menyesuaikan acara atau kegiatan yang hendak kalian hadiri dengan membawa sebagian item makeup di dalam tas untuk re-touch.


Editor: Indyah Sutriningrum 

SEBELUMNYA

Dikenal Sebagai Cassanova di Korsel, Cek 7 Film Terbaik Lee Min-ho yang Ulang Tahun Hari Ini

BERIKUTNYA

Potensi Jakarta Sebagai Kota Kreatif dan Kota Budaya dalam Momentum HUT Ke-496

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: