Naeotom Alpha (Sumber gambar: RS Abdi Waluyo)

Lebih Dekat dengan Naeotom Alpha, Alat Diagnosis Penyakit Canggih Kini Ada di Indonesia

13 June 2023   |   18:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Kecanggihan teknologi telah mengubah banyak hal, termasuk di dunia kedokteran. Naeotom Alpha menjadi salah satu teknologi yang sangat berguna bagi dunia medis saat ini. Alat pemindai photon-chounting CT ini bisa membantu dokter melakukan diagnosis pasien secara lebih detail.

Diagnosis penyakit merupakan faktor penting dalam langkah awal penyembuhan pasien. Pentingnya proses awal ini membuat diagnosis seharusnya bisa dilakukan secepat mungkin dan seakurat mungkin. Makin cepat diagnosis, pengobatannya pun bisa lebih efektif.

Baca juga: Potensi AI dalam Bidang Medis untuk Diagnosa Penyakit yang Lebih Cepat dan Akurat

Dengan adanya Naeotom Alpha, proses diagnosis pada pasien bisa lebih cepat dilakukan. Proses pengobatannya pun jadi lebih optimal. Harapan hidup pasien juga akan meningkat.

Naeotom Alpha yang menadi pemindai photon-counting CT pertama di dunia ini kini sudah ada di Indonesia. Rumah Sakit Abdi Waluyo pada hari ini, Selasa (13/6/2023), baru saja melakukan peresmian instalasi Naeotom Alpha. RS Abdi Waluyo pun menjadi rumah sakit pertama di Asia Tenggara yang memiliki teknologi tersebut.

Dengan tambahan teknologi tinggi tersebut, rumah sakit kini bisa meningkatkan performa klinis bagi pasien. Sebab, Naeotom Alpha akan memberikan data-data yang lebih detail tentang sebuah penyakit yang sedang diderita pasien.

Ahli Radiologi RS Abdi Waluyo Marcel Prasetyo mengatakan bahwa Naeotom Alpha adalah masa depan bagi dunia medis. Selain bisa membantu menemukan penyakit, Naeotom Alpha juga akan memberikan data penting sehingga ahli radiologi bisa mengkarakterisasi penyakit tersebut.

“Alat ini akan membantu diagnosis lebih tepat, perawatan yang paling sesuai, dan hasil klinis yang lebih baik untuk pasien,” ungkap Marcel dalam peresmian Naeotom Alpha di RS Abdi Waluyo, Jakarta, Selasa (13/6/2023).
 

Kecanggihan Naeotom Alpha

 

Naeotom Alpha (Sumber gambar: RS Abdi Waluyo)

Naeotom Alpha (Sumber gambar: RS Abdi Waluyo)
 

Naeotom Alpha menggunakan teknik pencitraan canggih sehingga dapat menghasilkan gambar yang lebih jernih dengan resolusi yang tinggi. Hasil tersebut memungkinkan dokter mendeteksi anomali atau keganjilan yang paling kecil sekali pun. Hal ini membuat diagnosis pun lebih akurat dan tepat waktu.

Pasien yang berobat juga dapat memperoleh manfaat dari deteksi dini tersebut. Dengan demikian, hasil pengobatan dan kualitas hidup pasien pun bisa lebih lebik. Meski punya sederet keunggulan, alat ini masih sangat nyaman digunakan oleh pasien.

Dalam artian, desain yang digunakan Naeotom Alpha cukup ergonomis sehingga membuat pasien bisa menjalani prosedur pengecekan keseahtan dengan lebih nyaman. Pasien juga tidak akan terlalu cemas saat mengikuti prosedur.

Alat ini juga memiliki kecepatan pencitraan yang lebih tinggi sehingga dapat mempersingkat proses pemindaian, mengurangi waktu tunggu pasien, dan meningkatkan prosedur pengecekan jika diperlukan.

Dengan teknologi canggih Naeotom Alpha, alat ini juga dapat mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya dan mengurangi biaya operasional. Sebab, alat ini akan meminimalkan kebutuhan tes tambahan untuk memperoleh data pendukung lain.

Oleh karena itu, biaya yang dikeluarkan pasien pun berpotensi lebih hemat, tetapi tanpa mengurangi kualitas deteksi. Di sisi lain, Naeotom Alpha juga sudah hema energi sehingga berkontribusi pada lingkungan perawatan kesehatan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Direktur RS Abdi Waluyo Prasetyo Andriono mengatakan teknologi mutakhir Naeotom Alpha diharapkan bisa memberikan perawatan tingkat tinggi bagi pasien. Dengan demikian, perawatan pasien akan berjalan lebih baik karena diagnosisnya akan lebih cepat dengan akurasi yang tinggi.

“Kami sangat senang menjadi rumah sakit pertama di Asia Tenggara yang memasang Naeotom Alpha,” tutupnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Wow, Penggunaan ChatGPT Kian Masif Mulai dari Copywriting hingga Coding

BERIKUTNYA

Gelar Konser di Ancol, Cek Harga & Kategori Tiket Rex Orange County

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: