Ilustrasi virus dalam cawan laboratorium (dok. Pexels)

Marak Lagi di Inggris, Ini 5 Fakta Norovirus

21 July 2021   |   21:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Belum usai pandemi Covid-19, kini ramai lagi soal norovirus yang juga sangat menular. Laporan di Inggris baru-baru ini menyebut ditemukan 154 orang yang terinfeksi virus ini. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Inggris (CDC), gejala umum norovirus termasuk diare, muntah, mual dan sakit perut.

Sebagai langkah antisipasi, kenalan dulu yuk dengan norovirus. Berikut informasi yang dikumpulkan Hypeabis.id tentang virus ini :

1. Menganggu saluran cerna
Menurut CDC, norovirus adalah kelompok virus yang sangat menular yang mengganggu saluran cerna hingga membuat penderitanya muntah dan diare, seperti keracunan makanan.

Infeksi norovirus mengakibatkan peradangan di lambung dan usus atau gastroenteritis akut. Orang yang terinfeksi norovirus dapat melepaskan miliaran partikel virus, tetapi hanya sedikit bagian yang dapat membuat orang sakit.

2. Ditularkan dari kontaminasi
Norovirus dapat menginfeksi seseorang yang mengonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi virus ini. Begitu pula ketika kita menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan tidak sadar memasukkan tangan yang belum dicuci ke dalam mulut. 

Seseorang yang melakukan kontak langsung dengan orang yang terinfeksi juga dapat terinfeksi. Virus menyebar dengan cara yang sama seperti virus lain masuk ke dalam tubuh manusia.

3. Bisa menginfeksi berkali-kali
Menurut CDC, ada berbagai jenis norovirus. Oleh arena itu, seseorang yang terinfeksi dengan satu jenis, tidak kebal terhadap jenis lainnya.

4. Hentikan penyebaran cukup cuci tangan
Mempraktikkan kebersihan tangan yang tepat adalah salah satu cara terbaik untuk menghentikan penyebaran virus ini. Penting untuk mencuci tangan setelah menggunakan toilet, menggunakan permukaan yang terkontaminasi, sebelum makan, mengganti popok, atau menyiapkan makanan.

5. Atasi dengan minum banyak air
Menurut para ahli, tidak ada obat khusus untuk norovirus. Namun minum banyak cairan dapat membantu meredakan gejala karena mengganti cairan yang hilang akibat diare dan muntah. Ini membantu mencegah dehidrasi.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Biar Enggak Bosan di Rumah, Ajak Anak Tur Virtual Galeri Nasional Yuk

BERIKUTNYA

Kena Imbas Pandemi Covid, Museum Studio Ghibli di Jepang Buka Penggalangan Dana

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: