Ilustrasi toples cemilan lebaran. (Sumber: Instagram/aldianty1717)

Lebaran Sebentar Lagi, Isi Kaleng Biskuit Kosong dengan 4 Kerupuk Selain Rengginang

13 April 2023   |   19:39 WIB

Lebaran yang akan tiba pada pekan depan menjadi euforia bagi masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Biasanya para ibu akan menyiapkan beberapa cemilan seperti, kerupuk dan kue kering. Keunikan lain yang juga biasa hadir di sejumlah rumah adalah kaleng biskuit yang berisi rengginang.

Kerupuk yang berasal dari ketan ini memiliki warna yang menarik untuk menghias kaleng kosong tersebut. Namun, selain rengginang kaleng kosong di rumah Genhype juga bisa diisi dengan empat kerupuk lain khas Tanah Air berikut ini,
 

1. Kerupuk Kemplang

Kerupuk kemplang yang berbahan dasar ikan tengiri ini, memiliki cita rasa yang khas dan aroma yang menggoda ketika dipanggang. Kerupuk ini menjadi primadona masyarakat di Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Lampung, dan Jambi, sehingga sering menjadi oleh-oleh ketika berada di daerah tersebut.

Cara pengolahan kerupuk kemplang biasanya dipanggang di atas arang atau bisa juga digoreng dengan minyak panas. Biasanya, kemplang yang dibakar memiliki ukuran yang lebih lebar dan tekstur sedikit keras dibandingkan dengan kemplang yang digoreng.
 

2. Opak

Kerupuk khas dari Tanah Sunda yang bernama opak ini bisa menjadi alternatif pengisi kaleng kosong di rumah Genhype. Ada beberapa jenis opak yang biasanya dijadikan oleh-oleh, yakni opak singkong dan opak ketan.

Opak singkong tentu terbuat dari singkong yang diparut kemudian dikukus beberapa menit dan dikeringkan di bawah sinar Matahari, sedangkan opak ketan berasal dari tepung beras ketan yang dicampur dengan kelapa.

Cara memasak antara dua jenis opak tersebut juga berbeda, opak singkong biasanya digoreng dan opak ketan dipanggang. Dari segi rasa, opak singkong memiliki rasa yang gurih dan opak ketan memiliki rasa yang manis.
 

3. Kerupuk Jangek

Kerupuk jangek biasanya menjadi cemilan atau juga dicampurkan ke dalam hidangan nasi padang. Kerupuk yang berasal dari kulit sapi ini memerlukan waktu yang cukup lama dalam proses membuatnya.

 

Ilustrasi kerupuk jangek (sumber foto istimewa)

Ilustrasi kerupuk jangek (sumber foto istimewa)



Kulit sapi yang menjadi bahan dasar perlu direndam air kapur selama 48 jam agar menjadi lunak dan mudah dibersihkan. Selanjutnya, kulit akan dipotong kecil-kecil dan dijemur sampai kering sebelum masuk ke tahap penggorengan.

Kerupuk jangek ini juga dikenal dengan nama kerupuk rambak. Genhype juga bisa menghadirkan kerupuk ini saat Lebaran nanti dan dinikmati dengan kuah opor yang lezat.
 

4. Emping

Kerupuk emping yang biasa ada di dalam semangkuk soto betawi ini juga bisa masuk ke dalam kaleng kosong di rumah Genhype. Rasanya yang sedikit pahit menjadi kenikmatan tersendiri dari kerupuk ini.

Namun, emping tidak hanya dibuat dari melinjo utuh tetapi dicampur juga dengan bawang putih. Caranya melinjo yang sudah dikupas akan dicuci hingga bersih lalu dicampur dengan bawang putih yang sudah ditumbuk halus. Kemudian seperti kerupuk pada umumnya, emping harus melewati proses penjemuran di bawah sinar Matahari. Setelah kering, emping digoreng di atas minyak panas.

Baca juga: Pelaku UMKM Kerupuk Putih Bangkit Dan Kerja Keras Demi Bertahan Di Masa Pandemi

Nah, kira-kira Genhype akan pilih yang mana nih? Jangan biarkan rengginang terus menghantui kaleng biskuit kosong di rumah Genhype selama Lebaran nanti, ya.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

Bawa Kembali Tren 80an, Reebok Rilis BB 4000 II

BERIKUTNYA

Saturdays Perkenalkan Fitur Baru untuk Pilih Kacamata yang Pas di Wajah dengan Teknologi AI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: