konferensi pers Gerakan Indonesia Pasti Bisa (dok. Yayasan Indonesia Pasti Bisa)

Dibutuhkan Semangat Gotong Royong untuk atasi Pandemi Covid-19

16 July 2021   |   16:44 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bangsa Indonesia sudah sejak dulu dikenal dengan semangat gotong royongnya. Begitu pula dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang saat ini kasusnya terus meningkat.

Semangat gotong royong dan kepedulian dari sesama masyarakat untuk saling berbagi dan memberikan perubahan positif kembali menyeruak

Semangat tersebut kemudian tertuang dalam gerakan #Indonesiapastibisa yang sekaligus bertujuan mencegah kepanikan di masyarakat akibat Covid-19. Melalui gerakan ini, masyarakat khususnya yang sedang menjalani isolasi mandiri bisa mendapatkan berbagai layanan informasi dan bantuan.

#Indonesiapastibisa menjadi wadah terbuka bagi berbagai kalangan, public figure, pengusaha serta perusahaan untuk memberikan bantuan dalam bentuk apa pun melalui platform yang dapat diakses oleh masyarakat  sehingga bantuan dapat diterima dengan lebih cepat dan tepat sasaran.

Gerakan #Indonesiapastibisa juga menghadirkan berbagai program untuk membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi yang akan berjalan hingga Desember 2021.

Misalnya program vaksin gratis, penyediaan pasokan oksigen gratis, pendistribusian obat dan vitamin secara gratis, paket sembako murah, paket makanan isoman, penyediaan mobil jenazah, serta program bantuan kepada anak yatim.

Selain itu, ada beberapa program yang sudah berjalan sebelumnya seperti Gerakan Memakai Masker Gratis (GEMAS) dengan membagikan masker kain GRATIS, membantu biaya kehidupan anak-anak yatim, pembangunan rumah untuk para pemulung, pemberian sembako untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 dan lain-lain.

Deddy Corbuzier, Juru Bicara Gerakan #Indonesiapastibisa mengatakan bahwa gerakan ini dibentuk dari masyarakat dan untuk masyarakat.

“Situasi Covid-19 saat ini sangat gawat. Jangan panik, tetap waspada dan terapkan prokes dengan ketat. Melalui Gerakan #Indonesiapastibisa, mari kita sama-sama peduli dan membantu masyarakat yang membutuhkan agar negeri ini bisa bangkit kembali,” tuturnya, dalam keterangan pers yang diterima Hypeabis.id, Jumat (16/7/2021).

Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan RI mengatakan bahwa dalam menanggulangi Covid19, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian. Seluruh komponen bangsa juga harus terlibat  di dalamnya, baik pemerintah sebagai regulator, organisasi sosial, instansi, perusahaan, hingga masyarakat untuk bersama-sama menghadapi pandemi ini.

“Disiplin prokes menjadi hal terpenting saat ini. Dengan adanya Gerakan #Indonesiapastibisa ini diharapkan bisa mendukung Pemerintah dalam usaha menanggulangi pandemi. Dengan semangat kerjasama dan gotong royong dalam membangun gerakan ini, saya yakin bahwa Indonesia pasti bisa melewati keterpurukan,” tuturnya.

Sementara itu, Ridwan Kamil Gubernur Provinsi Jawa Barat menambahkan bahwa rakyat Indonesia sebetulnya memiliki kelebihan, yakni innerbeauty dengan semangat berbagi yang tinggi, serta jiwa dermawan yang tinggi.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Ladies, Simak 8 Tes Kesehatan yang Harus Kalian Dapatkan

BERIKUTNYA

Walau Sedang Naik Daun, Platform OTT Dianggap Belum Bisa Gantikan Bioskop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: