Ardhito Pramono dalam konser Soundfest 2022. (Sumber gambar: Hypeabis.id)

Lantunan Tembang Cinta Ardhito Pramono

28 March 2023   |   13:28 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Sebagian besar dari Genhype pasti pernah mendengar lagu Bitterlove yang dinyanyikan Ardhito Pramono. Dengan lirik yang manis cocok didengarkan kalau sedang galau-galaunya. Pemilik nama panjang Ardhito Rifqi Pramono ini mulai menciptakan lagu saat menempuh kuliah di jurusan perfilman JMC Academy Creative Industries, Australia.

Kecintaannya terhadap musik sudah terpupuk sejak kecil karena dia berasal dari keluarga seniman, terutama dari sang nenek yang bernama Sarwi Mumpuni yang merupakan seorang penyanyi jazz terkenal dan penyanyi istana. Ardhito yang besar di Jakarta pun semakin mudah mengembangkan karier musiknya. Sejak tahun 2013, pria yang akrab dipanggil Dhito ini mulai melakukan cover beberapa lagu lalu mengunggahnya di akun YouTube.

Kemudian Dhito mulai terkenal ketika me-recycle lagu She Was Mine-nya AJ Rafael. Hingga akhinya pria kelahiran 22 Mei 1995 ini meluncurkan karya orisinalnya dalam channel YouTube miliknya. Suara khasnya mulai dinanti telingan masyarakat dengan lagu berjudul I Placed My Heart dan What Do You Feel About Me. Dhito kemudian terkenal dengan karya musik jazz dan pop.

Baca juga: Ardhito Pramono Mengeksplorasi Elemen Nusantara dalam Album 'Wijayakusuma'

Lagu yang sangat digemari banyak orang dari Ardhito Pramono adalah Bitterlove. Lagu ini dirilis pada tahun 2019 dan termasuk dalam album A Letter to My 17 Year Old. Album ini memuat lagu-lagu yang mencerminkan pengalaman hidupnya dan diakui sebagai salah satu album indie terbaik pada tahun tersebut. Selain itu, ada lagu Fine Today juga menjadi soundtrack dari film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). Musiknya easy listening dan cocok untuk meredakan rasa lelah setelah melakukan aktivitas seharian.

Sedang untuk Genhype yang sedang resah bisa mendengar single I Just Couldn't Save You Tonight yang juga menjadi soundtrack film Story of Kale: When Someone's in Love, di lagu ini Dhito menyanyikannya dengan Aurelie Moeremans, yang juga berperan dalam film tersebut.

Selain memiliki suara yang merdu, Ardhito  juga terampil dalam memainkan berbagai alat musik seperti gitar, piano, dan bahkan drum. Selama bertahun-tahun berkarier, dia telah mengeluarkan enam album dan puluhan diskografi. Terakhir album yang dikeluarkannya adalah Wijayakusuma (2022)  dimana untuk pertama kalinya, lewat delapan lagu dalam album Wijayakusuma, dia menciptakan karya sendiri dengan sentuhan Indonesia sebagai dasar utamanya. 

Selain di dunia musik, Ardhito juga melebarkan sayapnya dengan bermain film. Memulai debutnya pada tahun 2019, dia berhasil membintangi salah satu film layar lebar yang digandrungi oleh para pencinta film tanah air, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini berperan sebagai Kale.

Beradu akting dengan Rachel Amanda, film yang disutradarai Angga Dwimas Sasongko ini berhasil melambungkan namanya di dunia perfilman Indonesia. Setahun berikutnya, Dhito menjadi peran utama untuk film Story of Kale: When Someone's in Love yang dibintanginya bersama Aurelie Moeremans, Arya Saloka, dan lainnya.

Dia kembali menjadi peran pendamping untuk film Story of Dinda: Second Chance of Happiness yang merupakan sudut pandang dari tokoh perempuan pemeran utama yang diperankan oleh Aurelie Moeremans bernama Dinda. Film terakhir yang dibintanginya adalah Dear Nathan, Thank You Salma, Dhito menjadi orang ketiga dalam pasangan Nathan dan Salma.

Dalam pencapaian kariernya, Dhito berhasil meraih predikat sebagai Pemeran Pendatang Baru Terfavorit di ajang Indonesian Movie Actors Awards 2020 dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Tak hanya itu, dia memenangkan penghargaan sebagai Artis Jazz Kontemporer Terbaik untuk lagu Fine Today pada Anugerah Musik Indonesia 2020.

Kesuksesan ayah satu anak ini tidak hanya terbatas di Indonesia, namun telah merambah panggung musik internasional. Lagu-lagunya juga sering diputar di stasiun radio internasional seperti BBC Radio di Inggris dan Triple J di Australia.

Baca juga: Pecah! Ardhito Pramono Sihir Penonton dengan 9 Hits di Soundsfest 2022

Hypeabis.id sebagai bagian dari grup media Bisnis Indonesia, memiliki dokumentasi foto yang autentik dalam kanal Kilas Foto tentang profil Ardhito Pramono. Yuk Intip momen-momen lainnya di sini.
 

Kilas Foto Ardhito Pramono (Sumber gambar: Hypeabis.id)

Kilas Foto Ardhito Pramono (Sumber gambar: Hypeabis.id)


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Kiat Memilih Waktu Olahraga yang Tepat saat Berpuasa, Pagi atau Sore?

BERIKUTNYA

3 Resep Kreasi Camilan Kue dari Sagu & Edamame untuk Menu Takjil Buka Puasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: