ilustrasi vaksinasi covid-19 (dok. bisnis.com)

Sudah Divaksin? Begini Cara Mengecek dan Mengunduh Sertifkat Vaksinasi Covid-19

14 July 2021   |   15:39 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype sudah divaksinasi belum? Biasanya bagi kalian yang sudah selesai divaksin segera mendapatkan pesan singkat (sms) dari 1199 yang berisi sertifikat vaksin yang bisa diunduh. Bagaimana jika belum mendapatkan sms tersebut? Jangan khawatir, Genhype bisa segera mengecek dan mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 yang kalian miliki.

Lalu bagaimana ya cara untuk mendapatkan sertifikat vaksinasi Covid-19? Mengingat sertifikat vaksin ini sangat penting sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi, misalnya untuk berpergian jauh dan lain sebagainya.
 
ilustrasi vaksin Covid-19/ist
Pertama, kalian harus membuka terlebih dahulu membuka website peduli lindung di https://pedulilindungi.id/
Kemudian pilih login/registrasi. JIka kalian sudah pernah mendaftar sebelumnya bisa langsung login dengan memasukkan nomor ponsel.

Namun, jika belum maka harus buat akun terlebih dahulu ya. Akan ada 6 digit kode OTP yang dikirim melalui sms sebagai kode verifikasi untuk bisa masuk.

Untuk memeriksa status dalam progam vaksinasi, maka kalian bisa memasukan nama lengkap dan NIK. 
Selanjutnya, di pojok kanan atas klik nama akun atau bagi pengguna ponsel, klik ikon 3 strip lalu nama akun dan pilih menu sertifikat vaksin.

Selanjutnya klik nama untuk memunculkan sertifikat vaksin. Lengkapi NIK untuk validasi sertifikat vaksinasi Covid-19, submit.

Kemudian akan muncul sertifikat vaksin pertama dan kedua yang bisa kalian simpan dan unduh untuk berbagai keperluan.

Nah, jika sudah selesai mengunduh jangan lupa keluar dari akun ya. Ingat juga untuk tidak mengumbar kartu dan sertifikat vaksin kalian di media sosial karena banyak informasi pribadi yang ada di dalamnya.

Selamat mencoba, semoga kita semua selalu diberi kesehatan.  Meski sudah divaksin jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ya Genhype.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Chani SF9 Tampil Misterius dalam Poster Film White Day: School of Demon Exorcism

BERIKUTNYA

Mengenal Adat Tumper Dalam Perkawinan Suku Osing

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: