Flipboard (Sumber foto: Mobile App)

Memilih Berita Berdasar Minat dengan Flipboard

02 March 2023   |   18:47 WIB

Genhype suka mencari informasi atau berita? Dari mana biasanya mendapatkan berita terbaru? Kini, banyak orang mendapatkannya dari media sosial seperti Facebook dan Twitter. Namun sebenarnya akan lebih baik menggunakan aplikasi berita khusus seperti Flipboard.

Flipboard tersedia gratis sebagai aplikasi ponsel di Google Play Store dan Apple App Store. Kita juga bisa membacanya dari situs web di https://www.flipboard.com.

Masalah utama untuk pengguna aplikasi berita adalah mendapatkan berita yang paling cocok dengan minat kita sebagai pembaca. Kita bisa memilih sumber berita secara manual (seperti pada pembaca RSS). Flipboard menawarkan kemudahan dengan memilihkan berita untuk kita.

Dengan demikian, pengguna Flipboard bisa mendapatkan berita dari sumber yang lebih beragam tetapi tetap sesuai dengan minatnya.
 

Registrasi

Untuk dapat menggunakan Flipboard, pertama kali kita harus mendaftar. Genhype bisa registrasi dengan alamat surel, namun cara yang lebih mudah mungkin masuk log dengan akun Google, Apple, atau Facebook.

Untuk memperoleh fitur sosial, Kaliannda mungkin ingin menghubungkan akun Flipboard dengan akun Twitter.  Ini akan menampilkan teman-teman Twitter Anda yang juga menggunakan Flipboard. Dari sini, Anda bisa membaca berita-berita yang direkomendasikan oleh teman-teman Anda.

Flipboard menampilkan berita dari berbagai sumber berdasarkan minat penggunanya. Karena itu, di awal Flipboard akan meminta topik-topik yang Anda minati. Anda tidak perlu berpikir panjang dalam langkah ini, karena setelan ini bisa disesuaikan kemudian.

 

Flipboard (tangkapan layar)

Flipboard (tangkapan layar)


Saya misalnya memilih untuk mengikuti topik seperti sains (science), teknologi (technology), menulis (writing) dan aplikasi (app. Topik ini bisa disempitkan lebih lanjut: Anda misalnya bisa memilih untuk mengikuti tidak hanya tentang sains dan teknologi secara umum, tapi juga topik tentang ilmu data (data science) atau zoologi (zoology).

Selain mengikuti topik-topik yang sesuai minat, kita juga bisa mengikuti sumber berita tertentu yang mungkin menarik minat Anda. Sayangnya tidak banyak sumber berita berbahasa Indonesia yang bisa dijumpai di sini, berbeda dengan (misalnya) Google News.

Bila Genhype lebih suka mengikuti berita dalam bentuk nawala (newsletter), terdapat opsi dari Flipboard untuk mengirimkan rekomendasi berita ke alamat surel yang sudah Anda tentukan.

Bila ada berita-berita yang menarik perhatian, Anda bisa mengoleksinya dalam majalah (magazine). Koleksi ini tidak hanya bisa kita lihat sendiri: pengguna lain juga bisa mengikutinya. Anda juga bisa mengundang orang lain untuk ikut menyunting majalah tersebut, dengan menambahkan berita dan memberikan komentar.

Selain mengoleksi berita menarik ke dalam majalah, kita juga bisa membagikannya ke media sosial seperti Facebook atau Twitter. Atau, Anda bisa membagikannya secara manual dalam bentuk tautan ke aplikasi lain (di dalam ponsel).
 

Alternatif

Flipboard bukan satu-satunya aplikasi yang bisa digunakan untuk mencari dan membaca berita di ponsel. Google News mungkin menjadi banyak pilihan buat pengguna Android, dan Apple News bisa menjadi alternatif utama sebagai aplikasi bawaan di iPhone. Kekurangan utama aplikasi seperti ini buat saya adalah tidak ada fungsi sosialnya (Anda tidak bisa mendapatkan rekomendasi berita dari teman).

Baca juga: Fitur Baru di Spotify Ini Hadirkan Kombinasi Konten Musik & Berita

Tidak semua orang suka berita yang disarankan oleh algoritma seperti Flipboard. Bila Anda ingin memilih dan mengendalikan lebih lanjut sumber berita, aplikasi pembaca RSS (RSS Reader) bisa jadi pilihan. Saya biasa menggunakan Feedly, namun banyak alternatif lain seperti Newsblur atau Inoreader.  Selain tersedia di ponsel, semua aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai aplikasi web.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Yuk Nulis Blog dengan WordPress

BERIKUTNYA

Bukan Dingin Biasa, Ini Gejala Awal Terkena Hipotermia Saat Mendaki Gunung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: