Patokan Angka Kecukupan Gizi (AKG) untuk gula dalam makanan atau minuman kemasan tidak ada

Suka Minuman Kemasan? Waspadai Kandungan Gulanya

09 May 2021   |   15:05 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Mengkonsumsi yang manis-manis, baik makanan maupun minuman sangatlah nikmat. Apalagi pada saat panas atau lagi haus dahaga, tidak jarang kita mengkonsumsi minuman-minuman manis dalam kemasan yang di jual di sejumlah toko ritel, baik modern maupun tradisional.  

Sebelum membeli, kita pasti selalu melihat tanggal kadaluarsa minuman tersebut. Tapi, bagaimana dengan komposisi yang terkandung dalam minuman manis tersebut? Rasanya tidak semua dari kita membaca komposisinya.
 

/freepik

/freepik

 
Mulai sekarang, coba lah untuk membaca komposisi yang tertera dalam botol kemasan minuman tersebut. Setelah itu, Anda akan mendapati bahwa kandungan gula yang terdapat dalam makanan atau minuman kemasan tersebut tidak ada patokan angka kecukupan gizinya (AKG). Kondisi tersebut berbeda dengan komposisi lainnya seperti vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya.  

Pakar gizi Dokter Tan Shot Yen, dalam postingannya di akun media sosial Instagram, menyebutkan gula adalah produk pabrik yang tidak dibutuhkan manusia. Manusia membutuhkan karbohidrat yang oleh tubuh dipecah dan diurai otomatis menjadi gula darah.
 
Maka dari itu, hati-hati saat mengkonsumsi minuman manis khususnya yang dalam kemasan. Semoga konsumen makin kritis.

Editor: Purboyo

SEBELUMNYA

Para Pencinta Kuliner, Ini Lima Peluang yang Bisa Kalian Coba

BERIKUTNYA

Waspada! Ini Dia Tipe-Tipe Serangan Siber yang Umum Ditemui

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: