(Unsplash/Markus Spiske)

Waspada! Ini Dia Tipe-Tipe Serangan Siber yang Umum Ditemui

09 May 2021   |   15:04 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Meningkatknya aktivitas di ruang maya menimbulkan risiko ancaman siber yang bisa membahayakan pengguna internet, termasuk kalian, GenHype. Ancaman tersebut bisa berupa serangan dan menjadi kejahatan siber yang memiliki dampak merugikan baik bagi perorangan maupun perusahaan.

Di ranah daring, ada banyak jenis ancaman keamanan siber yang mengintai. Mengenali beberapa di antaranya diharapkan bisa membuat kita lebih sadar mengenai hal ini.

Berikut ini adalah beberapa tipe serangan siber yang biasanya ditemukan :
 

/bisnis

/bisnis



1. Malware
Malware merupakan perangkat lunak (software) berbahaya yang dirancang untuk merusak atau mengontrol sistem komputer pengguna.

2. Phishing
Phishing adalah tautan surat elektronik (email) palsu yang dikirimkan kepada target dan mengarahkannya ke situs web palsu, di mana korban akan memasukkan kata sandi mereka.

3. Man-in-the Middle Attack
Ini aktivitas kejahatan siber ketika peretas berupaya masuk ke dalam jaringan antara komputer dan server sebuah situs web.

4. Distributed Denial of Service
DDoS merupakan serangan di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber yang dimiliki komputer, hingga komputer tidak bisa menjalankan fungsinya.

5. Cross-Site Scripting

Tipe serangan siber ini memasukkan kode berbahaya (HTML atau client script code lainnya) ke situs web tertentu, yang menargetkan pengungjung situs mereka.

6. SQL Injection Attack

Merupakan serangan siber dengan merusak data untuk membuat server membocorkan data tertentu, misalnya nomor kartu kredit, nama dan identitas pengguna, dan yang lainnya.

Editor: Purboyo

SEBELUMNYA

Suka Minuman Kemasan? Waspadai Kandungan Gulanya

BERIKUTNYA

Kisah Pemilik RM Sederhana Dari Pinggir Jalan Hingga Miliki Ratusan Gerai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: