simak langkah praktis membuat daftar pustaka secara otomatis lewat Microsoft Word dalam ulasan berikut ini. (sumber gambar unsplash/Bench Accounting)

Begini Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word

04 January 2023   |   20:05 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Genhype yang pernah membuat skripsi atau karya ilmiah lainnya pasti pernah mengalami fase menyusun daftar pustaka atau bibliografi kan. Fase penyusunan tersebut memang tidak bisa dibilang gampang, karena biasanya ada banyak tulisan rujukan di dalamnya.

Daftar pustaka umumnya berisi daftar judul-judul buku, artikel, dan bahan penerbitan lain yang dijadikan sebagai studi kepustakaan dalam karya tulis. Misalnya tesis, skripsi, disertasi, buku, atau jurnal ilmiah yang kredibilitasnya dapat dipertanggungjawabkan.  

Tujuan utama penggunaan daftar pustaka adalah untuk memperkuat validitas karya tulis serta menyajikan sumber asli bagi para pembaca. Dalam suatu karya ilmiah, penulisan bibliografi merupakan hal penting dan tidak boleh terlewatkan sebagai bentuk keabsahan karya. 

Baca jugaTips Mengatasi Demotivasi saat Menyusun Skripsi

Selain itu, daftar pustaka juga dapat digunakan untuk memperkuat argumen penulis, landasan teori karya, daftar acuan secara rinci, dan mencegah plagiarisme. Pasalnya, karya tulis yang diterbitkan dilindungi secara hukum dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta.

Jika penulisan karya ilmiah semakin banyak, maka makin banyak pula sumber acuan yang dikutip. Sehingga hal ini tentu menyulitkan jika daftar pustaka ditulis secara manual. Oleh karena itu beberapa aplikasi saat ini  banyak menyediakan fitur penulisan daftar pustaka otomatis yang bisa digunakan. Salah satunya adalah Microsoft Word.

Nah, bagi yang sedang membuat jurnal atau skripsi, yuk simak langkah praktis membuat daftar pustaka secara otomatis lewat Microsoft  Word berikut ini agar memudahkan kalian dalam menyusun karya ilmiah. 
 

Cara Membuat Daftar Pustaka di Microsoft Word 

  1. Buka dokumen yang akan diberi daftar pustaka. Di sini, kamu bisa membuat terlebih dulu dokumen baru atau yang sudah ada.
  2. Pada menu bar atas, buka  'Reference' Kemudian pada grup menu 'Citations & Bibliography' lalu pilih 'Insert Citation'
  3. Dari sini kamu akan diarahkan pada jendela baru tempat input sumber. Klik 'Add New Source' dan jendela baru 'Create Source' akan terbuka.
  4. Masukkan informasi sumber yang kamu gunakan, termasuk type of source website, buku, jurnal ilmiah, nama pengarang, tahun terbit, dan lain-lain. 
  5. Ubah tipe bahasa menjadi bahasa Indonesia di bagian paling kanan atas lalu Klik 'OK' untuk menyimpannya.
  6. Kamu bisa mengulangi langkah nomor 2 hingga 5 untuk memasukkan lebih dari rujukan atau daftar acuan yang kalian gunakan. 
Setelah seluruh rujukan bibliografi selesai kalian masukkan, langkah selanjutnya adalah membuat daftar pustaka otomatis tanpa mengetik ulang dengan cara berikut.
 
  1. Letakkan kursor di halaman yang ingin ditambahkan daftar pustaka, biasanya terletak di halaman terakhir.
  2. Pada menu bar atas, buka menu 'References'.
  3. Pada grup menu 'Citations & Bibliography', pilih 'Bibliography' untuk membuat daftar pustaka. Lalu pilih gaya yang diinginkan, klik Insert Bibliography.
  4. Microsoft Word secara otomatis akan membuat daftar pustaka dari kumpulan referensi yang telah dimasukkan sesuai gaya atau style yang kalian gunakan.

Baca juga5 Tips Anti Ngantuk Saat Membaca Buku, Dijamin Ampuh!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mengenal DALL-E 2, Artificial Intelligence yang Ciptakan Gambar dari Kata-Kata

BERIKUTNYA

Tren Fesyen 2023, Dominasi Sustainable & Selebrasi Warna Cerah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: