Ilustrasi TMII (sumber gambar : media tmii / instagram)

Jumlah Pengunjung TMII saat Malam Tahun Baru Diprediksi Capai 40.000, Ini Langkah Antisipasinya

31 December 2022   |   11:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Like
Momen perayaan malam pergantian tahun baru pada tahun ini tampaknya akan lebih semarak dibandingkan dua tahun terakhir yang sempat absen akibat adanya pandemi Covid-19 sehingga membatasi adanya pesta dan kerumunan masyarakat.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun telah menyiapkan sejumlah agenda untuk menggelar Festival Malam Tahun Baru 2023 yang pada tahun ini dipusatkan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang dikelola oleh  PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC)

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan festival ini akan menjadi perayaan tahun baru pertama di ruang terbuka setelah beberapa tahun tidak terselenggara akibat pandemi Covid-19.

Meski demikian, masyarakat diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga dapat menikmati seluruh rangkaian acara dengan aman dan nyaman.

Baca jugaCek 6 Titik Lokasi Festival Malam Tahun Baru 2023 di Jakarta

“Kami sengaja menjadikan TMII sebagai salah satu pusat dari kemeriahan peringatan Tahun Baru 2023 untuk menyebarkan titik keramaian jelang puncak pergantian tahun baru 2023,” ujarnya.

Menurutnya, pemilihan Taman Mini Indonesia Indah sebagai pusat kemeriahan malam tahun baru juga sejalan dengan uji coba wajah baru TMII yang sempat ditutup untuk revitalisasi, hadir dengan konsep baru yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Edy Setijono, Direktur Utama PT TWC mengatakan dalam wajah barunya ini, TMII menyediakan ruang terbuka dan hijau yang lebih luas, dengan komposisi ruang terbuka hijau sebesar 70 persen dan bangunan sebanyak 30 persen.

Pada malam pergantian tahun, TMII akan menghadirkan berbagai pagelaran menarik yang dimeriahkan oleh penampilan dari group band dari musisi tanah air dan para musisi jalanan serta kesenian rakyat, parade budaya nusantara di beberapa titik lokasi antara lain Plaza Keong Mas, Plaza Gajah Mada, Plaza Utara & Gedung Pengelola. 

Kemeriahan rangkaian acara Pergantian Malam Tahun Baru 2023 berlokasi di Panggung Budaya Bhinneka Tunggal Ika Taman Mini Indonesia Indah, yang mendeskripsikan bahwa TMII ini menjadi simbol keutuhan dan persatuan, harmonisasi keindahan dalam ragam perbedaan yang ada.

Acara akan dilaksanakan mulai dari siang dan pada puncak acara akan dimeriahkan dengan pertunjukan kembang api serta penutupan akhir tahun 2022. Adapun untuk tiket masuknya dapat dibeli secara online Rp50.000

“Kami memperkirakan akan ada 40.000 orang yang berkunjung untuk menikmati malam pergantian tahun baru di TMII,” ucapnya.

Pihaknya juga telah mempersiapkan berbagai langkah antisipasi untuk mendukung pemerintah yang telah menunjuk TMII sebagai pusat kemeriahan pergantian tahun. Bukan hanya saat puncak pergantian tahun saja, TWC sudah mempersiapkan segala fasilitas jelang lonjakan pengunjung pada masa ramai liburan tahun baru 2023 yang masih berlangsung hingga 2 Januari 2023 mendatang.
 

1. Pengamanan

Dalam hal pengamanan, 118 personel pengamanan internal telah disiapkan dan 475 personel gabungan eksternal dari unsur Kepolisian, TNI AD, Satpol PP, dan Suku Dinas Perhubungan juga telah disiagakan. Pos pengamanan ditempatkan di pintu masuk utama, yakni pada Pintu 3 dan Pintu 4. Selain itu, personel pengarah jalan juga ditempatkan di sejumlah titik untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas.
 

2. Parkie Kendaraan

Sebagai antisipasi lonjakan kepadatan pengunjung TMII, sejumlah pintu masuk tambahan juga telah disiagakan.  Dari Pintu 3, pengunjung dengan kendaraan roda empat maupun roda dua akan diarahkan ke tempat parkir terpadu sebelum naik bus kendaraan listrik untuk masuk ke kawasan Taman Mini Indonesia Indah. Kapasitas parkir terpadu mencapai 559 lot untuk mobil, 300 lot motor dan 28 lot untuk sepeda.

Tempat parkir alternatif terletak di beberapa lokasi, antara lain di area Tugu Api Pancasila dengan kapasitas parkir mobil sebanyak 159 lot, parkir mobil di belakang Tambur sebanyak 400 lot, parkir mobil di PP IPTEK sebanyak 400 lot, parkir mobil di area Tionghoa sebanyak 150 lot dan lokasi parkir cadangan untuk menampung kendaraan jika terjadi lonjakan pengunjung.
 

3. Tenaga Kesehatan dan Pemadam

Terkait tenaga kesehatan, ambulance dan tenda medis ditempatkan di sejumlah titik, antara lain di Parkir Plaza Utara, depan Anjungan Sulawesi Utara, depan PP IPTEK, depan Istana Anak, depan Sasana Adirasa dan depan Plaza Keong Mas.

Di sisi lain, petugas pemadam kebakaran juga disiagakan di sejumlah titik antara lain di kawasan ex BNI Plaza Utara, depan Anjungan Maluku, depan anjungan Sulawesi Utara depan PP IPTEK, depan Plaza Kayu Gede dan depan Plaza Keong Mas.
 

4. Toilet

Di tengah lonjakan jumlah pengunjung, kebutuhan akan toilet menjadi penting. Nah, untuk menghindari antrian bagi pengunjung yang ingin membuang air, pihak pengelola sudah menyediakan toilet portabel.

Adapun lokasi toilet portabel tersedia di Parkir Plaza Utara, depan anjungan Sumatera Utara, depan anjungan Maluku, depan PP IPTEK, depan Istana Anak dan depan Plaza Keong Mas.  

Baca jugaCek Jadwal KRL Tambahan pada Malam Tahun Baru 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Tip Memilih Ikan Segar Untuk Tahun Baru, Intip Resepnya Juga Yuk!

BERIKUTNYA

Intip Resep Bumbu Bakaran ala Barbekyu, Bikin Makanan Makin Gurih!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: