Fitur Notes di Instagram (Sumber gambar: Meta)

Mengenal Notes, Fitur Baru Instagram Berbentuk Kicauan Pendek

14 December 2022   |   22:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Instagram baru saja merilis pembaruan terkini. Update anyarnya itu tidak hanya memperbaiki bug seperti biasanya, tapi juga menghadirkan fitur baru. Salah satu yang menjadi sorotan adalah Notes, sebuah fitur berbentuk kicauan pendek yang disebut-sebut bakal jadi pesaing Twitter walau punya pola yang berbeda. 

Dilansir dari situs resmi Meta, Notes dihadirkan sebagai cara baru untuk membagikan pemikiran hanya dengan menggunakan teks dan emoji. Secara garis besar, Notes memungkinkan seorang mengetahui apa yang sedang dipikirkan oleh teman di Instagram yang masuk dalam kolom following. Notes merupakan sebuah unggahan pendek dengan batas maksimal 60 karakter termasuk teks dan emoji.

Untuk membuat pesan di Notes, kunjungi bagian atas di dekat kolom inbox kemudian pilih followers yang diinginkan. Maka pesan di dalam fitur Notes akan muncul di bagian atas dekat inbox selama 24 jam. Kamu juga bisa memilih untuk menempatkan Close Friends di dalam daftar Notes. Setiap followers juga bisa membalas Notes yang muncul di beranda mereka. Fitur balasan itu akan muncul dalam bentuk pesan direct message (DM) di pesan masuk

Meta menyatakan fitur Notes sebagai cara yang lebih ringan dan mudah untuk berbagi pemikiran dan memulai sebuah percakapan. Meta mempelajari fitur Notes sebagai sebuah tren yang memudahkan penggunanya.Notes memberi kesempatan seseorang untuk memulai percakapan secara kasual dan spontan untuk mengekspresikan diri mereka serta terhubung dari satu pengguna ke pengguna lainnya.

Baca jugaSelain Pemblokiran, Ini 3 Fitur Pendukung Anti Bullying Terbaru di Instagram

 

Fitur terbaru dari Instagram (Sumber gambar: Meta)

Fitur terbaru dari Instagram (Sumber gambar: Meta)

Notes muncul di bagian atas inbox dengan ikon foto profil dilengkapi balloon chat berisi pesan singkat. Setiap pengguna bisa melihat isi pesan Notes tanpa harus membuka profilnya. Tampaknya Meta ingin menghadirkan ruang baru dalam menciptakan kebiasaan memulai percakapan tanpa rasa canggung.

Tidak hanya fitur Notes, Instagram juga menghadirkan fitur terbaru di Stories untuk membuat momen setiap hari yang terunggah lebih rapi. Mereka menambahkan fitur Add Yours Nominations di mana setiap pengguna bisa mengundang teman yang berpartisipasi dalam unggahan dengan cara menekan tulisan pass it on.

Terdapat juga fitur bernama Candid Stories. Fitur itu telah diuji Meta untuk dihadirkan di media sosial Instagram sebagai cara terbaru untuk mengabadikan dan membagi kegiatan dalam sebuah cerita yang hanya dapat dilihat oleh mereka yang membagikan Stories tersebut acara sendiri.

Instagram cukup berfokus membangun komunitas yang lebih ramah dalam ragam fitur untuk memulai percakapan ringan. Meta melihat Instagram sebagai sebuah platform tempat komunitas membuat obrolan grup dari konten yang menghibur dan menciptakan kenangan. Untuk itu, Instagram juga menghadirkan fitur agar pengguna saling berkolaborasi dan terhubung dengan teman dalam grup.

Instagram menciptakan fitur profil grup dimana setiap pengguna dengan ketertarikan tertentu bisa bergabung untuk berbagi postingan dan cerita di profil khusus grup tersebut. Mereka juga bisa terhubung dalam minat yang sama dengan cara menyimpan unggahan dalam fitur koleksi kolaboratif di grup.

Baca jugaGampang, Begini Cara Menjadwalkan Postingan di Instagram Untuk Akun Bisnis & Pribadi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Survei: Mayoritas Masyarakat Indonesia Berencana Liburan Akhir Tahun

BERIKUTNYA

Review Pertandingan Prancis vs Maroko, Theo Hernandez Cetak Gol Tercepat di Piala Dunia Qatar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: