Vice President, Worldwide Sports Performance and Fitness, Herbalife Nutrition Samantha Clayton (dok.Herbalife Nutrition )

Yuk Susun Agenda Olahraga Selama Seminggu, Ini Dia Contekannya

28 June 2021   |   14:09 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype tentu setuju ya, jika olahraga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Sebagian orang menganggap olahraga selama 30 menit sudah cukup. Namun, sebagian orang lagi, membutuhkan waktu untuk berolahraga yang lebih lama untuk mencapai level kebugaran. 

Lalu, berapa lama sebetulnya waktu yang harus diluangkan untuk berolahraga? Vice President, Worldwide Sports Performance and Fitness, Herbalife Nutrition Samantha Clayton mengatakan tidak ada ukuran yang pasti dalam hal berolahraga, setiap individu mempunyai preferensi sendiri, terutama untuk mencapai tingkat kebugaran.

Sebab, setiap orang memiliki tipe tubuh berbeda-beda dan masing-masing memiliki kebutuhan dan tujuan yang berbeda ketika melakukan olahraga.

“Berapa lama olahraga yang dibutuhkan tergantung pada tujuan Anda secara keseluruhan. Anda perlu menyusun jadwal atau program dalam seminggu yang sesuai kebutuhan, yang belum tentu cocok untuk orang lain. Berikut panduan yang dapat menentukan nutrisi dan kebugaran yang sesuai dengan jadwal dan tingkat kebugaran Anda saat ini,” kata Samantha.

Lantas berapa lama waktu olahraga yang dibutuhkan? Beberapa sumber yang merekomendasikan 150 menit olahraga dalam seminggu (sekitar 30 menit lima kali seminggu) untuk menurunkan berat badan dan kesehatan umum yang diklasifikasikan oleh aktivitas fisik sedang hingga berat.

Untuk dapat meluangkan waktu berolahraga yang minim sangatlah penting bagi setiap orang. Walaupun hanya mempunyai waktu 30 menit yang relatif singkat dan terjangkau.

Meskipun waktu olahraga hanya 30 menit cukup untuk mendapatkan manfaat kesehatan dengan melakukan olahraga, tetapi kalian harus coba untuk melakukan olahraga yang lebih lama.

Sebab, ketika dapat berolahraga sekitar 50 hingga 60 menit per hari akan memungkinkan untuk mendapatkan waktu tambahan yang lebih fokus. Selain itu, waktu tambahan juga dapat digunakan untuk pemanasan dan pendinginan.

Lalu berapa Lama waktu untuk berolahraga? Setidaknya mengatur waktu untuk olahraga berat menjadi 3-4 hari selama seminggu dan menyisakan 1-2 hari untuk istirahat adalah ide yang baik. Kalian juga harus dapat menyeimbangkan gaya hidup dengan berolahraga rutin dengan asupan nutrisi yang baik.

Agar olahraga dapat memberi hasil yang sempurna, maka lakukan secara konsisten di tengah rutinitas harian. Dengan begitu akan menjadi strategi untuk kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup Anda. Secara rutin mencatat untuk memantau aktivitas olahraga selama satu minggu. Jangan lupa meluangkan waktu untuk beristirahat.

Berikut adalah jadwal latihan-istirahat untuk memberi gambaran tentang perencanaan olahraga selama seminggu:

•        Senin: Lari dan gym, tingkat intensitas tinggi
•        Selasa: Bersepeda dan yoga, tingkat intensitas sedang
•        Rabu: Latihan interval berat badan, tingkat intensitas tinggi
•        Kamis: Hari istirahat aktif untuk jalan santai atau hiking, tingkat intensitas rendah
•        Jumat: Bersepeda dan lari dengan intensitas sedang namun durasinya lama
•        Sabtu: Istirahat aktif untuk rekreasi keluarga berenang, dayung, tingkat intensitas rendah
•        Minggu: Istirahat

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mau Jago Coding? Coba Ikut Program Satu Ini Kuy!

BERIKUTNYA

7 Pelembap Bibir Terbaik dengan SPF untuk Musim Panas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: