Untuk menikmati layanan entertainment on board, pelancong tidak perlu kuota internet (Sumber gambar: PT KAI)

Yuk Kenalan dengan Layanan Entertainment on Board di Kereta Api

08 October 2022   |   21:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Untuk memberikan hiburan kepada para pelancong, PT Kereta Api Indonesia menghadirkan fitur baru di KAI Acces, yaitu menu entertainment on board (EoB). Fitur ini menampilkan berbagai hiburan yang dapat diakses melalui jaringan Wifi khusus selama dalam perjalanan.

Nah, saat ini layanan EoB sudah dapat dinikmati oleh para pelancong dalam perjalanan kereta api Taksaka dengan relasi Gambir – Yogyakarta pp. Seperti apa layanan ini?

Baca juga: 5 Fasilitas Menarik Hype Trip yang Instagramable, Kereta Api ala Milenial dan Generasi Z

Dalam keterangan tertulis yang diterima Hypeabisid, Berikut sejumlah informasi penting tentang entertainment on board yang dapat dinikmati oleh para pelancong dengan menggunakan kereta api.
 

Tanpa Kuota Internet

Para pelancong yang akan menggunakan fitur entertainment on board di dalam kereta api Taksaka dengan relasi Gambir – Yogyakarta pp dapat diakses oleh pelanggan tanpa perlu menggunakan kuota internet.
 

Film & Lagu

Di fitur entertainment on board, penumpang dapat menikmati berbagai film dan juga musik, baik dari dalam dan luar negeri. Nantinya, KAI masih akan terus mengembangkan fitur dan jenis hiburan lainnya pada masa yang akan datang, serta diterapkan di perjalanan kereta api lainnya.
 

Pengguna Android

Saat ini baru pelancong pengguna gawai dengan sistem Android yang baru bisa menggunakan fitur entertainment on board ketika melakukan perjalanan dengan kereta api. Sedangkan para pengguna iOS masih harus bersabar lantaran masih dalam tahap pengembangan.

Selain itu, pelanggan harus mengupdate aplikasi KAI Accessnya pada Google Playstore ke versi 5.0.3 terlebih dahulu.
 

Mode Pesawat

Untuk menggunakan fitur entertainment on board selama dalam perjalanan, para pelancong harus mengaktifkan mode pesawat terlebih dahulu. Kemudian, menghubungkan jaringan ke wifi “KITANONTON”. Setelah itu, buka KAI Access dan klik menu EoB.

Dengan begitu, pelanggan sudah dapat menikmati hiburan dan mendapatkan informasi yang tersedia.  

Manajemen KAI memastikan kehadiran layanan ini guna meningkatkan kenyamanan pelanggan kereta api selama dalam perjalanan. Inovasi ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berbeda kepada pelanggan dan membuat perjalanan menjadi lebih berkesan.
 

Inovasi lainnya

Sebelumnya, KAI telah melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan kualitas layanan mereka. Di antaranya adalah mempersingkat waktu tempuh perjalanan lima kereta api antar kota per 28 September 2022 hingga 31 menit. Hal itu dapat direalisasikan melalui perbaikan prasarana oleh KAI dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Perbaikan dilakukan di berbagai lintasan seperti Ciawi-Ciamis, Banjar-Kroya, Blitar-Kertosono, dan jalur-jalur lainnya. 

Perbaikan yang dilakukan diantaranya, membangun jalur ganda kereta api, meningkatkan kualitas material jalan rel, memperbaharui sistem persinyalan, merekayasa geometri lengkung, serta memperbaiki kualitas perawatan jalan rel dan jembatan.

Melalui  perbaikan-perbaikan tersebut, maka kecepatan maksimal perjalanan KA meningkat dari sebelumnya 105 km per jam menjadi hingga 120 km per jam. Meski ada peningkatan kecepatan, KAI selalu mengutamakan keselamatan perjalanan KA.

Selain inovasi layanan, KAI juga meningkatkan transformasi digital. Salah satunya dengan mengujicobakan fasilitas face recognition boarding gate di Stasiun Bandung. Hadirnya face recognition boarding gate bertujuan untuk mempermudah pelanggan KA Jarak Jauh yang ingin naik kereta api, tanpa perlu repot-repot menunjukan berbagai dokumen seperti boarding pass fisik, e-boarding pass, KTP, ataupun dokumen vaksinasi.


Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Harga & Spesifikasi Lengkap Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro, Simak Perbandingannya

BERIKUTNYA

Siapa Ales Bialiatski? Aktivis Hak Asasi Manusia Peraih Nobel Perdamaian 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: