Ilustrasi Patung Liberty di Kota New York (Sumber gambar: Unsplash/Frances Gunn)

7 Patung Tertinggi di Indonesia yang Wajib Dikunjungi Sebagai Tujuan Wisata

27 September 2022   |   18:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Patung atau monumen merupakan karya seni yang dibuat oleh seniman dan ditempatkan sebagai penanda kawasan di ruang publik untuk mengenang suatu riwayat atau peristiwa sejarah. Selain sebagai simbol, patung juga dibuat untuk mengenang sosok mitologi, dewa hingga tokoh-tokoh yang dianggap berjasa terhadap suatu bangsa dan negara.

Patung atau monumen ini juga layak untuk dijadikan sebagai pengingat. Di Indonesia, tingginya ukuran patung hingga keunikan bentuknya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, sehingga tak jarang mereka datang ke destinasi tersebut untuk melihatnya secara langsung.

Baca jugaProfil Bagus Pandega, Seniman Patung Lokal yang Gelar Pameran Hingga ke Mancanegara

Nah, bagi Genhype yang penasaran, berikut Hypeabis.id rangkumkan dari berbagi sumber 7 patung tertinggi yang ada di Tanah Air yang bisa kalian kunjungi sebagai destinasi wisata dalam ulasan berikut. Simak ya.
 

1. Garuda Wisnu Kencana

Patung tertinggi pertama di Indonesia adalah Garuda Wisnu Kencana karya seniman Nyoman Nuarta yang memiliki ketinggian 121 meter dengan sayap selebar 64 meter dan menjadi  salah satu ikon pariwisata di pulau Dewata, Bali.


 

Terletak di Bukit Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, patung ini merupakan perwujudan dari sosok Dewa Wisnu yang sedang mengendarai burung Garuda. Proses pembuatan patung ini diketahui membutuhkan waktu 28 tahun.
 

2. Monumen Jalesveva Jayamahe

Patung tertinggi berikutnya adalah Monumen Jalesveva Jayamahe yang terletak di Kota Surabaya, Jawa Timur. Monumen ini memiliki tinggi 60,6 meter dan menggambarkan sosok prajurit TNI AL yang berdiri gagah lengkap dengan  atribut dan seragamnya.


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Good Insight (@wawasancom)


Monumen yang juga akrab disebut Monjaya ini didirikan pada tahun 1993 oleh Kepala Staf TNI Angkatan laut Maritim Indonesia dan dilanjutkan Laksamana TNI Muhammad Arifin dengan menggandeng seniman patung asal Bali, Nyoman Nuarta.
 

3. Patung Yesus Memberkati

Selama ini kita mungkin mengenal patung Yesus tertinggi di dunia ada di Brazil, tapi jangan salah, di Manado, Sulawesi Utara, juga ada loh Genhype patung Yesus dengan tinggi mencapai 50 meter.


 

Dibangun dengan kemiringan 20 derajat, seperti namanya, patung ini digambarkan sebagai sosok Yesus yang memberkati kota tersebut. Nah, bagi kalian yang ingin mencapai patung ini, kamu harus menaiki 200 anak tangga dan 14 pemberhentian. Semangat ya. 
 

4. Patung Maria Bunda Segala Bangsa

Terletak di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Maumere, patung yang juga menjadi ikon dari Kota Tahun Maria ini memiliki tinggi 46 meter di atas sebuah bukit hijau dengan pemandangan yang asri.


 

Di depan patung ini juga ada kursi-kursi kayu yang biasanya dijadikan tempat duduk oleh masyarakat setempat untuk melakukan ibadah dan menikmati suasana alam di kawasan monumen tersebut.


5. Patung Yesus Burake

Terletak di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, patung dengan ketinggian 45 meter ini dibuat dengan menggunakan bahan coran perunggu yang berdiri di atas sebuah bukit dengan ketingian 1.700 mdpl.

Patung ini juga menjadi destinasi wisata yang sering dikunjungi masyarakat, kerena selain menawarkan pemandangan indah, di kawasan ini juga telah dibangun jembatan kaca yang diklaim sebagai jembatan kaca terluas di Indonesia.
 

6. Patung Bunda Maria Asumpta

Memiliki ketinggian 42 meter, patung Bunda Maria Asumpta bisa kalian temukan di kompleks wisata religi Gua Maria Kerep, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah yang dibuat oleh seniman lokal setempat.

Patung ini diketahui menghadap ke arah timur yang memiliki makna bahwa Bunda Maria selalu menyinari semua hal. Tak hanya itu, di sekitar patung juga ada 7 pancaran warna yang menyimbolkan Sapta Duka Bunda Maria.
 

7. Patung Kwan Sing Tee Koen 

Kota Tuban, Jawa Timur juga memiliki patung ikonik wisata mereka sendiri, yakni patung Kwan Sing Tee Koen yang memilki ketinggian 30,4 meter yang didirikan saat memperingati  hari ulang tahun Kelenteng Kwan Sing Bio yang ke-1857.

Kwan Sing Tee adalah kesatria dan suri tauladan bagi masyarakat China dan keturunannya di Indonesia. Pahlawan ini dikenal memiliki kejujuran dan tak pernah ingkar janji, sehingga sosoknya diabadikan menjadi sebuah patung di Tuban.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

7 Pilihan Tas Sesuai Acara, Genhype Jangan Sampai Salah Kostum

BERIKUTNYA

Rayakan Hari Jadi ke-40, Bentara Budaya Gelar Pameran Seraut Wajah Indonesia di Kanvas Kita

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: