Ilustrasi Karya Seni Aplikasi (Sumber Unsplash/ Brina Blum)

Disebut Sebagai Karya Seni Termudah, Ini cara Membuat Karya Seni Aplikasi

13 September 2022   |   22:30 WIB

Karya seni rupa aplikasi adalah salah satu jenis karya seni kerajinan yang memiliki nilai estetika tinggi, meski dapat dengan mudah dibuat oleh siapa saja termasuk anak-anak karena caranya yang sederhana.

Laman KBBI menuliskan seni aplikasi adalah karya hias dalam seni jahit-menjahit dengan menempelkan (menjahitkan) guntingan-guntingan kain yang dibentuk pada kain lain,  seperti bentuk bunga, buah, binatang, dan sebagainya, yang berfungsi sebagai hiasan.

Dengan pengertiannya yang sederhana, proses pembuatan karya ini juga dapat dilakukan lewat cara yang mudah, yakni dengan cara memotong kain sesuai bentuk yang diinginkan, lalu tinggal menempelkannya pada kain yang lain.

Pada umumnya, karya seni aplikasi dibuat untuk menghias benda kriya yang dipakai sehari-hari, seperti pada tas, baju, maupun hiasan dinding untuk menambah kesan artistik di dalam rumah.

Tidak hanya itu, karya aplikasi biasanya juga dibuat dengan kertas origami atau bahan-bahan bekas seperti, kain  perca yang dapat dibentuk sesuai keinginan menjadi bentuk bintang, daun, bunga, atau yang lain.


Cara membuat karya seni aplikasi.

Karya seni aplikasi umumnya menggunakan kain perca sebagai bahan utamanya, karena selain ekonomis,  hasil karya karya seni ini bisa memiliki nilai jual yang tinggi.

Untuk membuat karya ini pun sangat mudah, dengan dengan alat-alat yang sederhana seperti jarum, benang, gunting, lem dan bahan dasar yang ingin diaplikasikan. 

Selain cocok  untuk melatih motorik anak usia dini, karya seni aplikasi juga bisa digunakan sebagai aktivitas selingan saat melepas lelah dari rutinitas sehari-hari.

Berikut adalah langkah-langkah membuat karya seni teknik aplikasi yang dapat Genhype coba di tas kalian dengan alat dan bahan sederhana yang dapat ditemukan di rumah masing-masing.
 

1. Pilih Bahan Kain.

Genhype dapat menggunakan berbagai jenis bahan kain yang sesuai keinginan kalian untuk mendesain ulang tas berdasarkan warna yang diaplikasikan.


2. Gambar Sesuai Keinginan.

Setelah menentukan bahan kain, kalian tinggal menggambar desain yang  pada selembar kertas untuk memudahkan pemotongan.


3. Potonglah Gambar Perlahan.

Gunting gambar di kertas yang sudah dibuat secara perlahan dengan mengikuti pola gambar agar hasilya lebih rapi.


4. Tempelkan Gambar.

Tempelkan gambar aplikasi (pola kain yang sudah dipotong) pada bahan tas yang ingin kalian ingin ubah desainnya.


5. Gunakan Lem Kertas.

Supaya lebih rapi kalian bisa memanfaatkan lem kertas untuk sementara waktu agar gambar aplikasi melekat saat ditempel. Barulah kemudian Genhype dapat menjahitnya menggunakan teknik jahit dan sulam sederhana.

6. Rapikan benang.
Supaya hasilnya bagus, pada tahap akhir harus teliti merapikan benang yang masih berantakan dan bersihkan benang-benang yang tidak digunakan. Setelah itu, karya seni aplikasi kalian sudah jadi.

Nah, itulah Genhype pengertian karya seni aplikasi beserta cara pembuatannya, seperti untuk mendesain ulang tas kalian. Selamat mencoba ya!

Editor: Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

Orkestra G20, Suarakan Indahnya Harmonisasi Dalam Budaya

BERIKUTNYA

Seulgi Red Velvet Akan Debut Solo dengan Album Mini 28 Reasons, Cek Rinciannya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: