Ilustrasi makanan jadul kue putu (Sumber gambar: Rizky Rahmat Hidayat/Unsplash)

7 Makanan Jadul Ala 90-an, Nostalgia Jajanan Masa Kecil Gen Z hingga Milenial

13 September 2022   |   10:46 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Selain penuh dengan memori keseruan bermain, berbagai makanan jadul tahun 90-an tidak lepas dari masa kecil milenial dan sebagian gen z. Jajanan jadul ini biasanya dibeli saat pulang dari sekolah atau pada hari libur sekalipun untuk dinikmati di rumah bersama teman sambil menghabiskan waktu luang.

Sembari menonton kartun favorit masa kecil, mungkin Genhype ingat betapa bahagianya kita menyantap makanan jadul yang sudah jarang ditemui saat ini. Dari rambut nenek hingga tape gabin,  yuk bernostalgia dengan jajanan masa kecil yang dirangkum oleh Hypeabis.id berikut ini.


1. Rambut Nenek


Rambut nenek merupakan makanan masa kecil yang sangat legendaris. Disebut rambut nenek karena bagian tengahnya merupakan gulali yang bentuknya seperti rambut nenek yang berwarna putih. Sensasi manis dari gulali dan gurih dari wafer pada makanan ini membuatnya jadi salah satu jajanan favorit pada zamannya, mungkin juga hingga saat ini di sebagian tempat. Bring back childhood memories!


2. Kue Cubit


Kue cubit jadi salah satu camilan favorit yang dibeli saat sedang istirahat sekolah. Perpaduan antara manis dan creamy-nya kue ini sangat disukai oleh anak 90-an. Biasanya kue ini disajikan  dengan topping cokelat atau keju. Saat ini, kue cubit masih dapat ditemukan di sejumlah tempat seperti di sekitaran sekolah dan kampus, di pasar, stasiun, dan pusat keramaian lainnya.


3. Permen Gulali


Masih ingat dengan jajanan ini? Yup, jajanan manis gulali ini identik dengan metode pembuatan handmade dari penjualnya. Biasanya penjual akan membentuk permen gulali sesuai dengan keinginan pembeli. Beberapa bentuk permen yang umum di antaranya bunga, ayam, atau naga. Jajanan yang satu ini mungkin sudah jarang ditemui di kota-kota besar. Apalagi pilihan permen sekarang makin banyak yang mudah didapatkan di berbagai tempat.


4. Kue Putu Ayu


Putu ayu jadi jajanan jadul selanjutnya yang difavoritkan anak 90-an. Kue dengan bahan dasar tepung dan pandan ini sangat lembut dipadu dengan gurihnya taburan kelapa parut sebagai toppingnya. Sampai saat ini, putu ayu masih banyak ditemui di pasar kue. Old but gold!


5. Bolu Kukus


Bolu kukus biasanya jadi menu sarapan karena terkesan penuh dan mengenyangkan. Kue ini juga memiliki banyak varian, seperti putih biasa, cokelat, hingga perpaduan warna pink dan putih, atau hijau dan putih. Varian bolu kukus yang berwarna dibuat dengan menggunakan campuran pasta pewarna kue. Jajanan ini sampai sekarang masih banyak dijajakan di toko kue basah di berbagai tempat.


6. Bolu Kecit


Bolu yang berasal dari Bangka ini juga cukup populer pada zamannya. Tidak terlalu manis, bolu kecit juga mengenyangkan sehingga sering dijadikan kudapan saat sarapan pagi. Lantaran kue ini dipanggang, tekstur gurihnya juga menambah kelezatan bolu kecit.


7. Kue Monas


Ingat dengan kue monas? Kue ini memiliki banyak nama yang berbeda-beda di berbagai wilayah. Namun di Jakarta, kue monas ini diberi nama demikian karena bagian atas biskuitnya yang membentuk ujung Monas. Kue monas juga identik dengan warna-warni seperti hijau, pink, hingga kuning di bagian atasnya. Makanan ini juga biasanya disajikan saat Lebaran.

SEBELUMNYA

5 Seniman Mural Dunia yang Karyanya Mengundang Kontroversi

BERIKUTNYA

Kolaborasi Klamby dan Tenun Garut Melenggang ke London Fashion Week 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: