Desa Sauwandarek (Desyinta Nuraini)

Ada Surga Tersembunyi di Sauwandarek Raja Ampat, Yuk Kita Kepoin!

08 May 2021   |   11:47 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

GenHype pastinya tahu dong Raja Ampat? Itu lho, salah satu destinasi wisata bahari terbaik yang dimiliki Indonesia.

Kalau kata para traveler nih, Raja Ampat tuh surganya Indonesia. Keelokan nuansa alamnya tak diragukan lagi.

Nah, bagi kalian yang belum pernah ke Raja Ampat, di sana banyak spot wisata yang bisa dijelajahi. 

Mungkin selama ini Wayag dan Pianemo yang paling banyak dikunjungi para turis lokal maupun mancanegara, akan tetapi untuk suasana baru yang lebih cozy buat snorkling, coba deh berkunjung ke Desa Sauwandarek. 

Berada di Distrik Meos Mandar, Pulau Waigeo, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Desa Sauwandarek menawarkan pesona wisata alam bawah laut yang wah!

Saat kapal bersandar ke dermaga, kamu langsung bisa nyemplung, berenang sama ikan-ikan yang berkerumun di dekat pantai. "Welcome to Sawandarek, Save Our Nature" begitu sambutan yang ada di papan di atas dermaga.

Bayangin deh, pantai dengan pasir putih, air yang hijau membiru, terumbu karang, anemon laut, dan ikan kecil yang berwarna-warni ada di hadapan mata kamu sesampainya di sana!

Kalau mau menjelajah alam bawah laut Sauwandarek lebih jauh, di sana penduduk desa menyewakan peralatan snorkeling hingga diving. Tetapi biasanya, di setiap perahu yang disewa untuk ke Desa Sauwandarek juga selalu menyediakan peralatan tersebut.

Selain aktivitas air di sekitar Desa Sauwandarek, kamu juga bisa santai di pinggir pantai sambil minum air kelapa dari buah yang langsung dipetik anak-anak di desa tersebut. Lokasi wisata yang tidak terlalu ramai ini bisa bikin kamu rileks sejenak melupakan benang kusut di ibu kota.

GenHype bisa juga lho belajar bareng mamak-mamak yang sedang membuat kerajinan topi dan tas dari daun pandan laut. Kamu juga bisa membeli anyaman yang unik ini dengan harga yang cukup terjangkau.

Atau, coba deh berkeliling di sekitar desa. Siapa tau kamu bisa ketemu Maleo Waigeo (Spilocuscus Papuensis), hewan endemik Papua yang terancam punah. 

Setiap daerah pasti punya mitos. Di Sauwandarek, ada sebuah telaga yang dihuni sosok penyu putih. Namanya Telaga Yenauwyau. Telaga itu airnya asin karena dahulu ada gua yang menghubungkan Telaga Yenauwyau dengan laut di sana. Namun kini akses tersebut sudah tidak ada lagi.

Menurut kepercayaan warga, orang yang berhasil melihat penyu putih akan mendapatkan keberuntungan. 
Lepas dari mitos, kamu pastinya beruntung kalau sudah bisa berkunjung ke Desa Sauwandarek. Walaupun butuh waktu berjam-jam sampai di sana, pasti waktu itu akan terbayar dengan keindahan alam yang luar biasa.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Tips Makanan Sehat saat Lebaran

BERIKUTNYA

Instagram Stories Bisa Bikin Kecanduan, Kenapa Sih?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: