Ilustrasi orang sedang lelah-Marcus Aurelius (Pexels)

Atasi Rasa Lelah Terus-menerus dengan 4 Cara Ini

22 June 2021   |   20:51 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genype akhir-akhir ini sedang merasa sering lelah? Kondisi ketika tubuh kekurangan energi, baik secara fisik maupun emosional itulah yang disebut lelah.

Penyebab munculnya rasa lelah sangat beragam, seperti aktivitas berlebihan, kurangnya waktu istirahat, stres, pola makan kurang baik, dan gaya hidup tidak sehat.

Rasa lelah yang muncul dapat dikatakan normal jika dapat diatasi dengan istirahat yang cukup dan mengurangi aktivitas harian. Namun, jika kamu merasa lelah terus-menerus, hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengubah gaya hidup kamu untuk menjaga tubuh tetap fit.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa lelah terus-menerus. Simak yuk.

1. Batasi asupan kafein
Banyak orang yang cenderung mengabaikan asupan kafein harian mereka. Kafein biasanya hadir dalam minuman seperti teh, kopi, dan minuman berenergi. Terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat menyebabkan seseorang menjadi mudah lesu. Itu juga akan mempengaruhi pola tidur kamu dan menurunkan tingkat energi dalam tubuh. Jadi, batasi asupan kafein agar kamu tidak mudah merasa lelah.

2. Sering-seringlah istirahat
Kurang istirahat dan melakukan hal-hal yang kamu sukai justru dapat menghambat produktivitas kamu lho. Pikiran kamu perlu diberi energi kembali dan beristirahat sejenak dari tugas sehari-hari yang membosankan. Jadi, istirahatlah dan nikmati beberapa aktivitas menyenangkan sesekali.
 

Sering-sering beristirahat adalah salah satu cara untuk tidak mudah lelah-Ekaterina (Pexels)

Sering-sering beristirahat adalah salah satu cara untuk tidak mudah lelah-Ekaterina (Pexels)


3. Ikuti jadwal tidur
Ketika kamu tidak memiliki jadwal tidur yang tetap, kamu bisa saja mengalami gangguan tidur dan ini dapat menyebabkan kamu merasa lelah dan malas keesokan harinya. Jadi, pastikan kamu tetap pada rutinitas kamu untuk tidur dan hindari begadang atau tidur terlalu larut pada malam hari.

4. Berolahraga secara teratur
Gerakkan tubuh kamu dengan melakukan segala bentuk aktivitas fisik. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu kamu merasa aktif dan enerjik. Itu juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan suasana hati kamu.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Tampilkan Rekaman Orisinil, Film Dokumenter The Beatles akan Tayang di Disney Plus

BERIKUTNYA

Asyik! Steven Spielberg Kerja Sama dengan Netflix untuk Produksi Film Orisinil

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: