Lillte India (sumber: Singapore Tourism Board)

Lagi ke Singapura? Cobain Deh Mampir ke Little India

22 June 2021   |   20:51 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Jika Covid-19 sudah usai, dan Genhype sedang bepergian ke Singapura, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi Little India di negara itu. Little India merupakan salah satu kawasan di Singapura yang penuh akan budaya dan sejarah. Tempat tersebut t menjadi tempat tinggal komunitas India sejak lama lho Genhype.

Apalagi kawasan ini juga terkenal sebagai destinasi ramah Muslim. Dahulu Little India adalah kasawan lubang penambangan batu kapur, tungku pembakaran batu bata, dan jalur pacuan kuda orang Eropa. Banyak penggembala, pedagang, dan pengrajin rangkaian bunga yang berjualan pada dua abad lalu di kawasan ini.

Para pengusaha mempekerjakan migran dari India, sehingga untuk memenuhi kebutuhan komunitas India dibangunlah tempat ibadah, pertokoan barang, dan layanan jasa.

Kondisi itu bertahan sampai lintas generasi ketika para migran India sudah menetap di Singapura. 

Di sini Genhype dapat dengan mudah menemukan rumah ibadah, pertokoan, restoran, dan hotel butik dengan corak India yang semarak. 

Waktu terbaik mengunjungi Little India adalah saat festival perayaan seperti Deepavali (Festival Cahaya) kisaran Oktober-November dan Pongal (Festival Panen Raya) kisaran Januari-Februari yang rutin diselenggarakan setiap tahun.  

Namun demkian, hari biasa juga menjadi waktu terbaik untuk melakukan berbagai aktivitas seru di Little India Singapura.  

Di tempat ini, ada sejumlah kegiatan yang bisa Genhype lakukan lho. 

Pertama, belajar sejarah. Untuk ini, Anda bisa mendaftar di grup walking tour keliling little India. Genhype dapat mendengarkan sejarah dari pemandu tur sambil berjalan kaki mengelilingi Little India. 

Kedua, mencoba berbagai kuliner khas India. Little India Singapura adalah tempat  yang dapat Genhype kunjungi untuk merasakan kuliner autentik India. 

Ketiga, belajar masak makanan India. Selain dapat menikmati kuliner India, kalian juga dapat belajar masak makanan India seperti papadum (roti pipih khas India), vadai (gorengan khas India), acar mangga, kari sayuran, atau rasam (sup tomat khas India).

Keempat, adalah wisata religi. Di tempat ini Genhype  bisa menemukan banyak rumah ibadah dari agama berbeda dengan arsitektur yang khas. 

Kelima, wisata belanja. Genhype bisa belanja bumbu rempah, kain, perhiasan, dan oleh-oleh di tempat ini. 

Keenam, adalah tur seni untuk foto yang Instagrammable. Semua sudut di Little India begitu semarak, bahkan dinding, lorong, dan ornamen gedungnya diwarnai mural warna-warni. 


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Terbit 9 November, Will Smith Buat Buku Memoar Berjudul Will

BERIKUTNYA

Tampilkan Rekaman Orisinil, Film Dokumenter The Beatles akan Tayang di Disney Plus

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: