Sushi awalnya adalah metode pengawetan ikan- Rajesh TP (Pexels)

Sekarang Hari Sushi Loh, Yuk Intip Asal-usul Kuliner Khas Jepang Ini

18 June 2021   |   14:12 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype salah satu yang gemar memakan sushi? Tampaknya kamu perlu pergi ke restoran sushi dan memesan menu sushi favoritmu karena hari ini adalah Hari Sushi Internasional yang dirayakan setiap tanggal 18 Juni.

Hari peringatan tersebut pertama kali diluncurkan pada 2009 yang berawal dari grup di Facebook untuk makin mempopulerkan sushi menjadi hidangan yang disukai oleh banyak orang di dunia.

Sebelum dikenal menjadi salah satu makanan tradisional Jepang, sushi telah lama ada di China antara abad ke-5 dan ke-3 sebelum masehi sebagai cara untuk mengawetkan ikan dalam garam.

Melalui metode yang dikenal sebagai Narezushi, bentuk asli sushi, ikan pertama kali disimpan dengan cara dibungkus dengan beras asin dan difermentasi, sehingga tetap baik dan segar selama berbulan-bulan untuk disantap.

Awalnya, tujuan metode tersebut hanya untuk memakan ikannya dan membuang nasinya, namun seiring berjalannya waktu sushi berkembang ke dalam bentuk dan jenis yang beragam.

Hal itu merupakan iterasi pertama sushi dan dilihat orang Jepang sebagai sumber protein yang penting. 
 

Ryutaro Tsukata (Pexels)

Ryutaro Tsukata (Pexels)

Pada zaman Edo antara tahun 1600 dan 1800 di Jepang, sushi terbuat dari ikan dan sayuran yang dibungkus dengan nasi dan dicampur dengan cuka.

Sama seperti Narezushi, setiap wilayah memiliki variasinya sendiri, tetapi di kebanyakan wilayah di Jepang mendekati bentuk yang dikenal saat ini.

Pada akhir periode zaman Edo, di Jepang mulai dikenal bentuk awal dari nigirizushi. Itu adalah semacam makanan laut segar yang umumnya mentah, diletakkan di atas nasi yang dibentuk dengan menaruh nasi di telapak tangan yang satu dan membentuknya dengan jari-jari tangan yang lain.

Nori sering dipakai untuk mengikat neta (ikan-ikanan) agar tidak terlepas dari nasi. Lauk yang diletakkan di atas sushi juga bisa dalam keadaan matang seperti tamagoyaki atau belut unagi dan belut anago yang sudah dipanggang.

Sementara itu, Gempa Great Kanto pada tahun 1923 saat itu mengganggu perekonomian Jepang dan membuat banyak orang mengungsi dari Edo Jepang. Orang Jepang dipaksa untuk memulai kembali kehidupan mereka di tempat-tempat baru dan akibatnya sushi mulai menyebar ke seluruh dunia.

Di Amerika Serikat, sushi pertama kali muncul dari komunitas di Little Tokyo pada pertengahan abad ke-20. Itu menjadi populer di kalangan selebriti Hollywood yang membuatnya mendapatkan perhatian publik. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

ARMY Buruan, Ada Mini Figure BTS buat Dikoleksi Nih

BERIKUTNYA

Tayang Perdana di Netflix, Ini Tiga Alasan Kalian Wajib Nonton Ali & Ratu-Ratu Queens

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: