Selain wisata konservasi, pulau yang memiliki luas 1,9 hektar ini juga dapat dijadikan sebagai lokasi wisata budaya karena memiliki nilai budaya yang sangat kental, khususnya Budaya Bugis.

Wah, Ada Kampung Bugis di Kepulauan Seribu

17 June 2021   |   12:35 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype yang juga traveler, tahukah kalian bahwa Kepulauan Seribu memiliki beragam potensi wisata yang tidak habis untuk dieksplorasi. Selain memiliki wisata alam dan kekayaan bawah laut yang eksotis nan menggoda, sebagian pulau di utara Teluk Jakarta ini punya wisata sejarah dan budaya.

Salah satu gugusan pulau yang juga terletak di wilayah konservasi nasional ini menawarkan sensasi ekowisata budaya dan konservasi salah satunya adalah Pulau Kelapa Dua.

Pulau ini merupakan satu dari tiga seksi Taman Nasional di Kepulauan Seribu yang menjadi Asean Heritage Park 2017 bersama Pulau Harapan dan Pulau Pramuka.  

Sebagai Taman Nasional, Pulau Kelapa Dua menjadi tempat untuk konservasi penyu. Terdapat dua jenis penyu yang dikonservasi yaitu Penyu Hijau dan Penyu Sirip. Selain itu, pulau ini juga menjadi tempat penanaman Mangrove dan terumbu karang.

Selain wisata konservasi, pulau yang memiliki luas 1,9 hektar ini juga dapat dijadikan sebagai lokasi wisata budaya karena memiliki nilai budaya yang sangat kental, khususnya Budaya Bugis.

Maklum saja, hampir seluruh masyarakat yang bermukim di sini yaitu 99% diantaranya merupakan masyarakat Bugis. 

Banyak penduduk atau warga yang bahkan mempertahankan jenis rumah panggung yang merupakan ciri khas dari masyarakat Bugis.

Begitu pula dengan kuliner khas Bugis yang bisa dengan mudah ditemukan di sini. Terdapat Resto Apung yang menjual berbagai macam menu makanan Bugis.

Adapun untuk menuju ke pulau ini para wisatawan bisa naik kereta cepat dari Marina Ancol dengan jarak tempuh 1,5 jam.

Selain itu, jika tengah menginap home stay di Pulau Pramuka atau Pulau Harapan, bisa naik kepala nelayan sekitar 10 menit ke pulau ini.

Nah, siap traveling? Tetap jaga protokol kesehatan ya!

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Smart Sajadah, Cara Mudah Ajarkan Anak Beribadah

BERIKUTNYA

Awas, Kadar Kolesterol Tinggi Bisa Sebabkan Kebutaan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: