DHead XLVI (Dok. Cowley Abbott Fine Arts Rob Cowley)

Berangkat dari TPS, Lukisan karya David Bowie Kini Dilelang Ribuan Dolar AS

16 June 2021   |   20:56 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Guys, lukisan oleh ikon musik rock David Bowie diperkirakan akan terjual dengan nilai ribuan dolar AS dalam lelang seni online setelah seseorang mengambilnya dengan harga beberapa dolar saja di pusat donasi di tempat pembuangan sampah Ontario.

Menurut Presiden Cowley Abbott Fine Arts Rob Cowley,  potret berjudul DHead XLVI itu adalah bagian dari rangkaian sekitar 47 karya yang dibuat Bowie antara tahun 1995 dan 1997.

Karya tersebut memiliki tanda tangan khas Bowie di bagian belakang kanvas berukuran 9,75 x 8 inci bersama dengan label yang mencantumkan namanya, tahun 1997, dan deskripsi lukisan sebagai kolase akrilik dan komputer di atas kanvas.

Ada juga label perusahaan framing London yang menurut Cowley berhasil untuk Bowie dan musisi terkenal lainnya sebelum mereka meredup.
 

Dok. Cowley Abbott Fine Arts

Dok. Cowley Abbott Fine Arts
 

Cowley juga mengatakan bahwa penjual yang belum teridentifikasi profilnya itu hanya membayar US$4,10 untuk lukisan musim panas lalu di pusat donasi di tempat pembuangan sampah (TPS) di South River. “Orang itu bukan kolektor seni dan hanya menyukai lukisan itu,” katanya.

Penjual itu menghubungi pihak rumah lelang Cowley Abbott pada November tahun lalu dan mereka segera bekerja untuk mengotentikasi karya tersebut termasuk menghubungi pakar seni Andy Peters.

Pasalnya, setelah Bowie meninggal, banyak oknum yang membuat tanda tangan palsu dengan tujuan mencari keuntungan.

Ketika melihat pertama kali lukisan itu, Peters langsung mengenali karya Bowie tersebut. Dia mengatakan jika dia ingat itu pernah dijual di situs web seni Bowie--yang sekarang sudah tidak berfungsi pada awal 2000-an.

“Saya tidak perlu melihat tanda tangan di belakang karya tersebut karena saya tahu itu otentik,” kata Peters.

Lukisan itu diperkirakan akan terjual sekitar US$10.000 tetapi melonjak melewati harga itu pada hari pertama penjualan. Lelang tersebut kabarnya akan dilaksanakan hingga 24 Juni mendatang.

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Stephen King Gunakan Keuntungan Novel Carrie untuk Pengobatan Kanker Sang Ibunda

BERIKUTNYA

Genhype, Intip Yuk Beberapa Lagu Paling Hits Sepanjang Bulan Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: