Idgitaf (Sumber gambar: IDGITAF MUSIK)

Idgitaf Cerita soal Trauma Masa Lalu dalam Single Satu-Satu

09 June 2022   |   14:32 WIB

Solois muda Brigita Meliala atau yang lebih dikenal Idgitaf kembali merilis single terbarunya berjudul Satu-Satu. Melalui lagu ini, Idgitaf mencoba menuangkan segala trauma yang pernah dialaminya, hingga dia tersadar hal itu bisa menjadi dampak yang positif.

Gita, begitu sapaan akrabnya, mengatakan bahwa lagu ini bukan benar-benar karya terbarunya, sebab beberapa bagian dari liriknya telah ditulisnya pada sekitar  2020. Dia mengaku ide untuk melanjutkan pembuatan lagu tersebut muncul saat dia tengah mempersiapkan Semoga Sembuh Intimate Showcase pada Maret 2022 lalu. Satu-Satu merupakan single pembuka dari album terbaru Idgitaf yang akan rilis pada 2023.

“Selama menulis lagu ini aku enggak ada beban berat. Enggak ada momen sedih yang akhirnya trigger aku seperti di Semoga Sembuh yang serba sesak. Untuk Satu-Satu ini, aku lebih merasa baik-baik aja. Aku lagi punya banyak impian, apalagi saat itu mau bikin showcase. Happy banget, enggak ada rasa sedih sama sekali,” kata Gita dalam rilis yang diterima Hypeabis.id, Kamis (9/6/2022).

Meskipun sedang merasa senang, penyanyi berusia 22 tahun itu juga menuturkan bahwa terciptanya lagu ini berawal dari kejadian yang cukup menyedihkan. Dalam proses pembuatan lagu, Gita mencoba kilas balik ke semua trauma yang pernah dialaminya, sehingga dia melihat trauma itu bisa berdampak positif pada kehidupannya.

“Aku ingat kejadian waktu aku masih kecil, membuat aku sekarang enggak mau gampang patah hati, enggak mau gampang untuk kasih kendali ke orang lain, menutup diri tapi juga enggak membuka diri. Banyak trauma-trauma di hidup aku yang membawa positif ke diri aku sekarang,” ungkap pelantun lagu Takut itu.
 

F

Idgitaf (Sumber gambar: IDGITAF MUSIK)

Berbeda dari karya-karyanya sebelumnya, dalam lagu ini, Gita juga menambahkan elemen kejutan dari segi aransemen dari yang pernah dia bawakan saat showcase. Dalam lagu versi saat ini, Gita menghadirkan sentuhan strings dan sentuhan Lo-fi.

Tak hanya single, Gita juga merilis cover art untuk lagu Satu-Satu. Pada konsep cover art single yang kali ini, Gita memakai warna dasar yang mendekati jenis kuning gold atau fire. Cover art itu menampilkan dirinya mengenakan jumpsuit garis-garis sedang duduk di hadapan balok tersusun dan berserakan.

Cover art itu mencerminkan kepribadian aku yang aslinya. Aku merangkai diriku sendiri dengan nuansa kayak anak kecil. Menyusun diriku yang sekarang, layaknya anak kecil memainkan balok. Merangkai diriku satu-satu sampai jadi utuh lagi,” jelas Gita.

Adapun, setelah perilisan single, Gita juga berencana membuat rekaman video untuk lagu Satu-Satu dalam living room session. Dia pun akan menyiapkan dua single baru lagi pada tahun ini menuju peluncuran albumnya yang ditargetkan bisa dirilis pada 2023. 

Brigitta Sriulina Beru Meliala yang lebih dikenal dengan nama panggung Idgitaf lahir pada 26 Desember 2000. Namanya dikenal sejak dia memarodikan video Odading Mang Oleh di TikTok. Pada 2020, dia merilis single perdananya yang berjudul Hal Indah Butuh Waktu untuk Datang #Solekmu yang liriknya ditulis sendiri dan diproduseri oleh gitaris HIVI!, yakni Ezra Mandira dan Founder Jakarta Movement of Inspiration Nurul Susantono.

Pada 12 Februari 2021, Idgitaf merilis sebuah lagu berjudul Terpikat Senyummu yang berkolaborasi dengan aplikasi TikTok. Lagu ciptaannya itu pertama kali diunggah ketika berduet dengan Fran Vasili. Lagu ini pun menjadi lagu orisinal pertama di aplikasi TikTok dalam negara Indonesia serta menjadi album lagu tema dari film pendek vertikal pertama Indonesia di Tiktok dengan judul X & Y.

Pada 2 Juli 2021, Idgitaf kembali merilis sebuah lagu berjudul Berlagak Bahagia. Dia menciptakan lagu ini pada 2018 di masa dirinya merasa bahwa dunia tidak seperti yang dibayangkannya. Lagu ini menunjukkan keseriusannya untuk terjun di industri musik Tanah Air. Lagu ini diproduseri oleh gitaris HIVI!, Ezra Mandira.


Editor: Indyah Sutriningrum
SEBELUMNYA

Kalangan Milenial & Gen Z Belum Meminati Instrumen Derivatif Keuangan

BERIKUTNYA

Bakal Comeback, Winner Lagi Syuting Video Musik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: