Ilustrasi cassava pudding (Sumber gambar: Matheus Ferrero/ Unsplash)

Ragam Resep Kudapan Manis dari Singkong

31 May 2022   |   20:00 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Genhype mungkin pernah dengar cerita orang tua tentang bagaimana lezatnya menikmati singkong rebus dan teh hangat ditemani rintik-rintik hujan sore hari. Dewasa ini memang singkong tidak terlalu menarik perhatian untuk dijadikan camilan. Namun dengan variasi olahan dan penyajian menarik, singkong dapat menjadi sajian istimewa,

Mendengar kata singkong yang dalam bahasa Inggrisnya disebut cassava, singkong atau ubi kayu merupakan jenis pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Singkong adalah penghasil karbohidrat yang sama seperti nasi namun memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga membuat perut tetap terasa kenyang dalam waktu yang lama.

Singkong merupakan umbi yang banyak sekali mengandung insoluble fiber atau serat yang tidak larut ddalam air. Serat jenis ini berfungsi memperlancar proses buang air besar, serta mampu menyerap dan membuang toksin dalam usus, sehingga pencernaan menjadi sehat.

Selain memiliki kandungan vitamin B dan C, singkong juga mengandung zat antioksidan, antikanker, dan antitumor. Rasanya yang khas, membuat singkong telah terkenal sebagai santapan zaman dulu hingga sekarang banyak ditemukan modifikasi makanan yang dikreasikan dari bahan singkong.
 

Menikmati singkong tak hanya sekadar digoreng

 

Ilustrasi singkong (Sumber gambar: Daniel Dan/ Pexels)

Ilustrasi singkong (Sumber gambar: Daniel Dan/ Pexels)



Talam singkong

Jajanan pasar satu ini memang telah terkenal. Paduan rasa manis dan asinnya membuatnya menjadi menarik. Olahan singkong dengan santan dan tambahan gula merah ini menghadirkan rasa gurih dan legit. Kandungan karbohidratnya yang tinggi membuatnya cocok dimakan untuk kedapan pengganti sarapan.


Klepon

Camilan berbentuk bulat ini cukup terkenal. Singkong bisa menggantikan tepung ketan untuk diolah menjadi klepon. Rasa manis, kenyal dan legit dengan gula jawanya yang lumer di lidah adalah rahasia kelezatan klepon. Rasakan kejutan manis klepon singkong dalam balutan gurihnya kelapa parut!


Getuk

Getuk merupakan camilan yang mudah ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dimulai dari mengupas kulit singkong kemudian dikukus atau direbus, setelah matang kemudian ditumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling lalu diberi pemanis gula dan pewarna makanan. Untuk penghidangannya biasanya ditaburi dengan parutan buah kelapa. Getuk biasanya disajikan untuk camilan sambil minum teh.


Combro

Terbuat dari parutan singkong yang bagian dalamnya diisi dengan campuran sambal oncom yang pedas kemudian digoreng, kerena itulah dinamakan combro yang  merupakan singkatan dari oncom dijero, artinya adonan singkong berisi oncom. Camilan kha sSunda ini berbentuknya bulat lonjong. Santap selagi hangat.


Puding

Bagi Genhype mungkin belum terbiasa dengan puding singkong, wajib coba karena pembuatannya yang gampang. Mengolah singkong rebus yang dihalukan dan dicampur dengan agar-agar dan santan, maka kamu akan menikmati pudding singkong yang cukup lembut dan legit. Menyantap kesegaran puding singkong ditengah teriknya suasana siang merupakan sensasi tersendiri (lihat resep pembuatannya).


Mata Roda

Namanya kue mata roda, mungkin karena bentuknya yang pipih bulat seperti roda dan memiliki pisang dibagian tengah seperti mata. Perpaduan rasa legit singkong denmgan manisnya pisangb kukus akan menambah kehangatan suasana bersama keluarga.

 

Resep Cassava Pudding

Bahan-bahan:

1 kg singkong
1 bungkus agar-agar
250 gr gula pasir
2 lembar daun pandan
900 cc santan dari 1 buah kelapa
¼ sendok teh garam


Cara memasak:

1. singkong direbus, angkat tiriskan
2. Masak agar-agar, santan, gula pasir, daun pandan dan garam. Aduk hingga merata dan mendidik.
3. Tumbuk dan hancurkan singkong hingga halus (sesuai selera)
4. Masukkan singkong yang telah dihaluskan ke dalam adonan agar-agar.
5. Tuang adonan agar-agar ke dalam cetakan pudding.
6. Biarkan dingin atau simpan di dalam lemari es hingga dingin.
7. Sajkan sesuai dengan selera.


Resep Mata Roda

Bahan-bahan:

1 kg singkong yang telah diparut
250 gr gula
Pasta pandan secukupnya
1 sdt garam
2 buah pusang tanduk
½ butir kelapa parut
Daun pisang secukupnya


Cara memasak:

1. Campur singkong, gula pasir, pasta pandan, dan garam lalu aduk hingga merata.
2. Siapkan daun pisang, masukkan adonan singkong kemudian taruh pisang ditengah-tengah lalu gulung.
3. Kukus selama 1 jam.
4. Angkat lalu dinginkan, potong sesuai selera.
5. Sajikan dengan kelapa parut.


Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Hari Tanpa Tembakau Sedunia, WHO Serukan Merokok Merusak Lingkungan

BERIKUTNYA

Profil Anthony Fauci, Penasihat Kesehatan Gedung Putih yang juga Sosok Penting selama Pandemi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: