Akatara 2021 Hadir Dengan Format Baru. (Sumber Gambar: Akatara)

Akatara Kembali Digelar, Yuk Simak Tanggal Pitching Forumnya

15 June 2021   |   18:16 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setelah sempat batal, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menghadirkan kembali ajang Akatara pada tahun ini.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Akatara dikenal sebagai forum yang mempertemukan pembuat film dengan investor dari dalam dan luar negeri.

Sementara pada 2021, Akatara kembali hadir sebagai “The Biggest Indonesian Film Business Forum & Film Market”.

Bukan hanya menjadi forum penghubung sineas dengan investor, tetapi juga dengan tujuan mengembangkan ekosistem perfilman dengan menciptakan akses pembiayaan dan mendorong film entrepreneurship yang profesional. Akatara 2021 hadir dengan format baru.

Hanifah Makarim, Direktur Akses Pembiayaan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif, mengungkapkan era normal baru industri yang relevan dengan perubahan dan perkembangan dunia konten dan film.

"Dengan kembalinya Akatara, semoga bisa mengajak sineas Tanah Air untuk ikut serta dalam setiap rangkaian acara dan bisa menumbuhkan semangat perfilman untuk kembali membangun ekosistem yang sehat,” katanya.

Pada tahun ini, rangkaian acara Akatara tidak tidak hanya berupa forum pertemuan sineas dengan investor.

Akatara 2021 akan dibuka dengan roadshow ke tiga kota, yakni Bandung (11-13 Juli 2021), Padang (22-24 Juli 2021), dan Palu (2-4 Agustus 2021). Kemudian berlanjut dengan Workshop 9-13 Agustus 2021.

Rangkaian acara berikutnya yaitu seminar online pada 24-26 Agustus 2021.

Pada Oktober 2021 baru akan diadakan pitching forum, yang akan mempertemukan pemilik proposal
dengan para sumber pembiayaan dan permodalam dalam bidang perfilman. Ini adalah waktu untuk  pembuat film unjuk kebolehan di depan investor dan mendapatkan pendanaan untuk film mereka.

Vivian Idris, Direktur Program Akatara, menuturkan Akatara tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya sebab industri perfilman global berubah akibat imbas pandemi.

"Akatara 2021 adalah sebuah usaha untuk ikut mendorong kebangkitan industri dan menggulirkan roda ekosistem perfilman Indonesia, juga menjadi ruang bagi stakeholder perfilman untuk bersama menciptakan era normal baru industri film Indonesia," katanya.

Bagi sineas yang ingin ikut serta dalam pencarian pendanaan pembuatan film, bisa langsung mengikuti pendaftaran proposal mulai 1-31 Agustus 2021. Sineas yang terpilih nantinya berkesempatan mengikuti pitching forum pada Oktober 2021. 


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Siap-Siap! Bucheon International Fantastic Film Festival Dibuka Bulan Juli 2021

BERIKUTNYA

Masuk Bucheon International Fantastic Film Festival, Film Paranoia Rilis Poster Utama

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: