Memakai masker saat berbelanja penting dilakukan agar tetap aman- Anna Shvets (Pexels)

Ini Beberapa Tips Agar Tetap Aman Saat Berbelanja di Masa Pandemi

15 June 2021   |   17:04 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Di masa pandemi ini, banyak orang yang membatasi kegiatan di luar rumah dan sebisa mungkin melakukannya dari rumah. Misalnya, bekerja atau sekolah dari rumah.

Namun, terkadang masih ada beberapa kegiatan yang masih perlu dilakukan di luar rumah misalnya berbelanja di pasar atau supermarket untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. 

Meskipun saat ini sudah banyak toko bahan makanan dan sayuran online, tetap saja masih banyak masyarakat yang berbelanja secara langsung di pasar atau supermarket.

Nah, agar berbelanja tetap aman di masa pandemi ini, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Pilih waktu yang kemungkinan tidak ramai
Cobalah untuk menghindari berbelanja bahan makanan di akhir pekan. Untuk lebih memastikan, kamu bisa datang ke pasar atau supermarket pada hari kerja juga akhir pekan, kemudian cobalah untuk pergi berbelanja saat toko kemungkinan paling besar tidak ramai. Jangan lupa untuk selalu menjaga jarak saat berada di toko.

2. Memakai masker
Pakailah masker setiap keluar rumah. Jangan melepas atau menurunkan masker dengan alasan apapun. Pastikan masker tidak longgar dan pastikan masker sampai menutupi hidung dan mulut.
 

Laura James (Pexels)

Laura James (Pexels)


3. Bersih-bersih
Ketika kamu kembali ke rumah, cuci tangan kamu sebelum menyentuh apapun. Selain itu, bersihkan dan desinfeksi bahan makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan dengan menggunakan air hangat. Kamu juga perlu desinfeksi permukaan tempat menyimpan belanjaan dan juga barang-barang pribadi yang kamu bawa saat berbelanja seperti handphone, dompet, dan kunci.

4. Bayar nontunai
Usahakan untuk membayar secara nontunai atau cashless. Saat ini sudah banyak supermarket yang menyediakan fasilitas untuk dapat membayar secara cashless. Jika kamu akan membayar dengan menggunakan kartu kredit atau debit, pastikan kamu sudah mendisinfeksi kartu tersebut sebelum ataupun sesudah digunakan untuk bertransaksi.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Seni Ternyata Berperan dalam Menstimulasi Daya Analitis dan Imajinatif Anak Lho!

BERIKUTNYA

Siap-Siap! Bucheon International Fantastic Film Festival Dibuka Bulan Juli 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: