Salah satu menu mie gacoan (Sumber gambar: Instagram/mie.gacoan)

Antusiasme Mie Gacoan Masih Tinggi, Yuk Ketahui Asal-Usulnya

16 May 2022   |   13:51 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Sebuah video pembukaan tempat makan Mie Gacoan di Pekalongan, Jawa Tengah, viral lantaran antusiasme masyarakat yang membludak hingga menyebabkan antrian panjang. Tempat makan ini mengusung konsep makan modern dengan harga sajian mi yang diklaim sangat terjangkau.

Tidak hanya itu, pelanggan kuliner ini pun sudah mencapai puluhan ribu konsumen setiap bulannnya. Dilansir dari situs miegacoan.com, Mie Gacoan adalah sebuah merek dagagan dari jaringan restaurant mie yang merupakan anak perusahaan PT Pesta Pora Abadi.

Mie Gacoan berdiri sejak awal 2016 dan kini sudah ada lebih dari 20 cabang yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga di Kepulauan Bali. Lalu apa yang membuat makanan ini begitu viral hingga semua orang ingin mencobanya?

Selain harganya yang sangat terjangkau, yakni pada kisaran Rp6.500-Rp15.000, ada beragam menu yang menggugah selera. Mie Gacoan memiliki pilihan sajian mi seperti populer yang menawarkan cita rasa pedas khas Indonesia seperti Mie Angel, Mie Setan, dan Mie Iblis.

Porsinya juga terbilang cukup besar, terdiri dari mi keriting dan daging ayam cincang. Menu lain yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah Udang Rambutan dan Pangsit Goreng.
 

Ilustrasi mi. (Sumber gambar: Pexels/Prince Photos)

Ilustrasi mi. (Sumber gambar: Pexels/Prince Photos)

Terlepas dari kepopuleran Mie Gacoan, santapan berbahan dasar mi bukan lagi hal yang baru bagi konsumen Indonesia. Dalam suatu kesempatan, Pakar Kuliner Wiliam Wongso, mengungkapkan mi yang dibawa oleh orang-orang China ke Indonesia kemudian mengalami akulturasi di setiap daerah-daerah di Indonesia, sehingga muncul sajian-sajian mi yang sangat khas.

Banyak mi yang ada tersaji dengan bumbu-bumbu lokal, dan membuat rasa sajian mi yang ada di dalam negeri berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Tidak hanya itu, sajian varian mi di Indonesia juga sangat banyak. Bahkan, lebih banyak dari varian-varian mi di negeri asalnya. Mi menjadi sajian kuliner favorit masyarakat Asia, termasuk Indonesia, salah satunya lantaran cukup murah selain mampu memberikan rasa kenyang.

Beberapa di antaranya juga memiliki sajian yang sederhana, yang membuat makanan ini mudah diterima oleh banyak orang. Terlebih, pada saat ini sajian kuliner mi tersedia dalam bentuk mi instan, dan makin membuat banyak orang menyukainya karena kemudahan penyajiannya.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

BTS Buktikan Popularitas Global sebagai Grup Peraih Penghargaan Terbanyak Sepanjang Sejarah Billboard Music Awards

BERIKUTNYA

Punya Puluhan Ribu Konsumen, Mie Gacoan Fokus Ekspansi di Pulau Jawa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: