Ilustrasi (Photo by Joanna Kosinska on Unsplash)

4 Minuman Pengganti Kopi untuk Dinikmati Pagi Hari

14 June 2021   |   09:08 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pagi Genhype, apakah kamu salah satu dari orang yang tidak bisa melakukan apa pun tanpa secangkir kopi di pagi hari? Terkadang dalam satu hari kita bisa menghabiskan dua hingga tiga cangkir kopi dan tidak tahu kapan harus berhenti.

Kita juga mungkin sering mendengar ajakan untuk mengurangi asupan kafein harian tapi bagi sebagian orang hal ini dianggap sulit karena mereka tidak dapat mengorbankan dorongan energi dari secangkir kopi.

Alih-alih berhenti minum kopi sepenuhnya, kamu mungkin ingin mempertimbangkan beberapa alternatif sumber kafein lainnya.

Mengingat apa pun yang sifatnya berlebihan tidak baik, kelebihan kafein pada tubuh juga belum tentu baik.

Kafein melepaskan adrenalin, tetapi adrenalin juga dikaitkan dengan respons melawan atau lari (fight or flight response), yang berarti Anda mungkin merasa lebih cemas atau merespons lebih cemas ketika dalam situasi stres. Adapun, kelebihan kafein dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

Willow Jarosh MS RD CDN, ahli gizi-gizi terdaftar, ahli kesehatan untuk Health-Ade Kombucha, dan rekan penulis Healthy, Happy Pregnancy Cookbook, menjelaskan bahwa ketika mencari alternatif kopi, kamu mungkin dapat menemukan alternatif dengan mengidentifikasi hal apa yang disukai dari secangkir kopi.

Jika itu soal rasa, maka kamu bisa mencari sesuatu yang memiliki rasa yang kaya dan kompleks. Jika itu yang kamu cari kehangatan dari seteguk kopi pagi yang menenangkan, maka pilih jenis minuman hangat. 

Jika yang kamu cari adalah dorongan kafein, faktor ini juga perlu menjadi pertimbangan dalam mencari alternatif.

Kalau Genhype bingung harus mulai mencari dari mana, cobalah beberapa alternatif klasik yang bisa sama-sama memberikan energi menyegarkan untuk memulai hari.

Berikut adalah empat minuman yang paling banyak dijadikan alternatif dari secangkir kopi di pagi hari:


1. Teh Hijau

Meskipun secangkir teh hijau tampaknya tidak menarik bagi banyak orang, teh hijau di pagi hari sebenarnya bisa sangat menyegarkan. Pencinta kopi seringkali kesulitan mencari minuman alternatif apalagi jika tidak ingin ada susu di minumannya. Terkadang teh dan minuman lainnya tidak termasuk dalam daftar karena alasan ini. 

Namun, secangkir teh hijau segar dengan sedikit madu dan mint bisa menjadi pengganti yang bagus untuk minuman pagi yang berenergi. Teh hijau juga memiliki beberapa manfaat kesehatan dan kebugaran, jadi sangat bagus untuk dicoba.


2. Cuka Apel

Minuman cuka apel bisa menjadi alternatif yang bagus untuk kopi, bahkan dapat membantu GenHype yang sedang diet. Cuka apel ternyata punya sensasi asam seperti yang sering kita temukan pada kopi. Namun, minuman ini mungkin tidak cocok untuk semua orang.

Beberapa tahun terakhir ada banyak orang yang menyelipkan cuka apel pada asupan harian mereka untuk hidup yang lebih sehat. Tapi ada juga yang menghindarinya meskipun sari apel ini punya banyak manfaat seperti menjaga kadar gula darah dan kesehatan secara keseluruhan.


3. Matcha

GenHype mungkin sudah banyak mendengar tentang minuman yang satu ini. Blogger dan influencer di bidang kuliner telah melakukan pekerjaan yang baik untuk membuat matcha terlihat seperti minuman segar yang baru. 

Kalian akan terkejut mengetahui bahwa matcha adalah sebenarnya berasal dari zaman kuno, dan merupakan jenis teh hijau yang dibuat dari daun teh kukus yang digiling menjadi bubuk hijau yang sudah sangat kita kenal. 

Matcha adalah sumber antioksidan yang hebat karena potongan daun yang sebenarnya dikonsumsi sebagai pengganti ekstrak dari daun dalam air seperti pada kebanyakan teh. Kamu dapat mencoba matcha dengan atau tanpa susu sebagai minuman alternatif yang sangat baik tanpa kafein.


4. Teh Hitam

Terakhir, dan tidak kalah pentingnya, secangkir teh hitam yang penuh manfaat bisa menjadi pengganti bagi pecandu kafein.

Yang paling disukai mantan pecinta kopi dari teh hitam adalah rasanya yang mirip jika teh hitam diseduh selama beberapa menit lebih lama. Meskipun memiliki kadar kafein untuk itu, jumlah pada teh hitam jauh lebih rendah daripada kopi dan pada saat yang sama memiliki manfaat kesehatan. 

Sama seperti kopi, kamu dapat meminum teh hitam dengan atau tanpa krimer tergantung pada preferensi. Teh hitam telah menjadi alternatif yang bagus bagi banyak pecandu kopi.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Berbahaya, Risiko Penularan Covid-19 Varian Delta di Inggris Capai 60%

BERIKUTNYA

Mundur dari Microsoft, Ternyata Bill Gates Jadi Petani Kentang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: