Mobil pikap/truk listrik F-150 Lightning (Sumber gambar: Ford)

Ford Resmi Luncurkan Mobil Listrik F-150 Lightning 

27 April 2022   |   21:02 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Produsen mobil Ford, resmi mengumumkan peluncuran mobil pikap/truk listrik yang dinamai F-150 Lightning. Ini merupakan versi listrik dari kendaraan truk yang paling laris di wilayah Amerika Serikat selama hampir setengah abad, atau tepatnya 45 tahun berturut-turut. 

Executive Chairman Ford Bill Fordmengatakan bahwa pengumuman rilis F-150 Lightning merupakan momen penting dalam peralihan kendaraan listrik di Negeri Paman Sam. Mengingat tingginya permintaan terhadap produk bahkan sebelum mobilnya diluncurkan. 

Mobil truk listrik perusahaan itu di bangun di Rogue Electric Vehicle Center yang berada dalam kawasan Rogue Complex yang bersejarah. Ini juga menjadi satu-satunya kendaraan listrik yang dibuat Ford Tough. 

“Rouge adalah tempat Ford menyempurnakan lini perakitan, menjadikannya latar belakang yang pas untuk membuat sejarah lagi. Antisipasi yang tinggi untuk F-150 Lightning adalah penghargaan atas kerja para insinyur dan desainer kami,” katanya. 

Dalam rilis resminya, Ford mencatat adanya 200.000 pemesanan bahkan sebelum mobil itu resmi dijual. Perusahaan juga akan memperluas pusat kendaraan listrik Rouge untuk meningkatkan produksi sebesar 150.000 unit per tahun pada 2023. 

Dengan demikian, perusahaan menyatakan bahwa mereka berada di jalur yang tepat untuk mengirimkan lebih dari 2 juta kendaraan listrik setiap tahunnya pada 2026, atau setara dengan sepertiga (30 persen) volume global dan setengah (50 persen) pada 2030 mendatang. 

Spesifikasinya, F-150 Lightning diperkirakan memiliki jarak tempuh hingga 320 mil atau sekitar 514 kilometer berdasarkan Electric Car Range and Efficiency (EPA). Mobil ini dinyatakan bisa melakukan akselerasi dari 0 hingga 60 mph dalam rentang 4 detik. 

Ford akan menyediakan Charge Station Pro 80 amp untuk pengisian daya mobil tersebut, yang dinyatakan bisa juga memberi daya listrik di rumah ketika terjadi pemadaman hingga 3 hari dan mengisi daya kendaraan listrik lain. 

Perusahaan juga menawarkan para pemilik mobil ini untuk menikmati pengalaman berkendara hands-free dengan BlueCruise operasional di lebih dari 130.000 mil jalan raya yang telah memenuhi syarat di seluruh Amerika Serikat dan Kanada. 

Ford menyatakan bahwa F-150 Lightning ini dibanderol dengan harga mulai dari US$40.000 atau sekitar Rp578 juta. Hanya saja, calon pembeli saat ini sudah tidak bisa lagi memesan mobil untuk tahun ini, mereka harus menunggu hingga produksi pada 2023 karena jumlah pra-pesan yang tinggi. 
 


Editor : Dika Irawan

SEBELUMNYA

Waspada, Penyakit Ini Mengintai Kalian yang Gila Kerja

BERIKUTNYA

Sebanyak 108 Peserta Lolos Seleksi Mengikuti Pameran Manifesto VIII

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: