Agnez Mo (tengah) dalam acara web Good Mythical Morning milik Rhett McLaughlin (kiri) dan Link Neal (kanan). (Sumber gambar: Instagram @agnezmo)

Agnez Mo Kenalkan 3 Street Food dari Indonesia yang Ikonik

20 April 2022   |   12:43 WIB

Solois Indonesia Agnez Mo baru-baru ini menjadi tamu terbaru dari acara web Good Mythical Morning milik Rhett McLaughlin dan Link Neal. Dalam video yang diunggah pada Selasa (19/04/2022), penyanyi kelahiran tahun 1986 itu mengenalkan beberapa jajanan jalanan atau street food khas Indonesia.

Lebih rinci, Agnez ditantang untuk meyakinkan pembawa acara Rhett dan Link bahwa semua makanan yang dihadirkan dalam tantangan Street Food Taste Test ini berasal dari Indonesia melalui testimoninya. Sesekali, dia berinteraksi dengan salah satu kru Good Mythical Morning yang berasal dari Indonesia sambil bercanda tentang dua pembawa acara tersebut.
 

Meski sebagian makanan tampak umum bagi masyarakat Indonesia dan Genhype, yuk simak beberapa makanan yang dikenalkan Agnez!
 

1. Ceker Setan

Jajanan pasar yang berasal dari Jawa Timur ini memiliki ciri khas bumbu yang pedas dengan ceker ayam yang diolah bersama kuah pedas. Agnez mengenalkan makanan ini sebagai makanan masa kecil dari kekasihnya yang berasal dari Malang.

Meski Ceker Setan awalnya populer di Jawa Barat, menu ini kemudian menyebar di beberapa daerah di pulau Jawa seperti Yogyakarta, Lumajang, dan Sleman. 

Bagi yang belum umum dengan makanan ini, konsepnya mirip dengan fung zau khas China, yaitu salah satu jenis dim sum yang terbuat dari ceker ayam yang digoreng dahulu lalu diberi bumbu oriental pedas gurih dan dikukus.
 

2. Pempek

Berasal dari Sumatera Selatan, pempek adalah makanan yang terbuat dari daging ikan dan tepung tapioka dengan beberapa tambahan seperti bawang putih halus, kuning telur, dan garam. Disajikan bersama mie kuning, potongan timun, dan saus cuko atau cuka, pempek hadir dengan beberapa variasi seperti kapal selam, lenggang, dan kulit.

Hidangan ini mudah ditemukan di berbagai tempat di Kota Palembang sampai provinsi Bengkulu, kemudian menyebar di beberapa daerah di Indonesia. Tidak hanya ditemukan d pinggir jalan, pempek mudah ditemukan di beberapa restoran atau gerai ruko.

Menariknya, Agnez mengenalkan pempek sebagai makanan yang bisa dikonsumsi sebagai hidangan utama dan makanan penutup bagi sebagian orang.
 

3. Martabak Manis

Hidangan manis ini memiliki beberapa istilah seperti terang bulan, kue bandung, hok lo pan, dan martabak bangka, martabak manis adalah kudapan berbentuk panekuk yang memiliki isian gula pasir, cokelat meses, keju, potongan kacang tanah, dan wijen.

Meski cokelat kacang dan wijen serta keju dikenal sebagai topping dasar atau standar di setiap gerai martabak, kini beberapa gerai menggunakan beberapa topping yang lebih modern seperti selai cokelat renyah, matcha atau green tea, red velvet, jagung keju, pisang, hingga selai buah.

Agnez menjelaskan bahwa martabak manis selalu mudah ditemukan di Indonesia dan tersebar di semua kota, bahkan dia menganggap martabak manis sebagai bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. Inilah mengapa dia menyebut bahwa martabak tidak hanya disajikan oleh penjual dengan gerobak, tapi juga yang memiliki gerai serupa restoran.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Ini Alasan Memperebutkan Warisan Jadi Konflik di Film Gara-Gara Warisan

BERIKUTNYA

YoonA & Lee Jun-ho Akan Membintangi Drama Romantis Komedi Korea Terbaru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: