Ilustrasi minuman bunga telang. (Sumber gambar: Freepik)

3 Resep Variasi Bunga Telang yang Segar, Cocok untuk Buka Puasa

07 April 2022   |   16:30 WIB

Bunga telang memiliki ciri khas warna biru tanpa rasa yang membuat bahan ini sering kali cocok untuk dijadikan sebagai bahan baku hidangan minuman yang menarik mata. Bahan ini kini bisa didapat dengan mudah di berbagai e-commerce maupun ditanam sendiri di rumah.

Dengan berbagai manfaat yang bervariasi dari pencegahan depresi hingga membantu penyembuhan luka, yuk cek tiga resep yang bisa dikreasikan dari bunga telang.
 

1. Teh Bunga Telang

Resep ini adalah resep dasar dalam mengolah bunga telang sebagai minuman. Layaknya teh biasa pada umumnya, teh ini bisa dikonsumsi dengan madu atau brown sugar serta bisa dikombinasikan dengan air soda dan lemon atau jeruk nipis.

Bahan-bahan (untuk 1 sajian dalam teko)

1 cup bunga telang kering
1 liter air putih
1 sdm madu
2 sdm brown sugar (opsional)
2 irisan jeruk lemon atau nipis (opsional)

Cara membuat

1. Rebus air panas hingga mencapai suhu sekitar 80-90 derajat Celsius dan pastikan airnya panas tapi tidak mendidih setelah mematikan kompor.

2. Seduh bunga telang kering ke dalam air panas. Biarkan selama lima menit sampai warnanya menjadi biru pekat. Untuk mengekstraksi warnanya agar lebih gelap, tekan bunga telang dengan bagian belakang sendok.

3. Saat mulai menyajikan di dalam gelas, tiriskan teh dan biarkan sampai hangat. Tambahkan madu atau brown sugar serta tambahan bahan seperti lemon, kemudian sajikan selagi hangat.
 

2. Lemonade Bunga Telang

Sajian yang satu ini bisa disajikan dalam keadaan dingin dan bisa dikombinasikan dengan air soda atau minuman berkarbonasi dengan rasa lemon.

Bahan-bahan (untuk 5 gelas)

700 ml air hangat
67 gram gula pasir
86 gram bunga telang kering
80 ml air lemon atau jeruk nipis
700 gram es batu
700 ml air soda (jika tidak ada, ganti dengan air putih)
Beberapa irisan lemon atau jeruk nipis

Cara membuat

1. Buat teh bunga telang dengan menyeduh air panas cenderung hangat di dalam teko dan seduh selama lima menit. Pastikan air yang digunakan tidak mendidih untuk menghindari adanya rasa pahit dari bunga.

2. Tiriskan bunga setelah warnanya berubah pekat, lalu tambahkan gula dan aduk sampai larut. Campurkan air lemon ke dalam larutan teh bunga telang yang sudah diberi gula. Aduk sampai warnanya berubah menjadi biru keunguan atau menjadi ungu.

3. Dalam beberapa gelas atau sebuah pitcher, isi es sampai penuh. Tuang  lemonade ke dalamnya sampai setengah gelas dan isi sisanya dengan air soda sampai penuh. Beri hiasan irisan lemon di dalam gelas, lalu aduk rata dan sajikan selagi dingin.
 

ilustrasi susu bunga telang/Youtube

ilustrasi susu bunga telang/Youtube

3. Susu Bunga Telang

Jika biasanya bunga telang dijadikan sebagai minuman segar seperti lemonade dan teh, susu juga bisa jadi pasangan yang segar dan bisa dikonsumsi bagi mereka yang menjalankan pola makan vegan dengan susu alternatif.

Bahan-bahan (untuk 2 gelas)

2/3 gelas air putih
1 kepal tangan bunga telang kering
2 gelas es batu
3/4 susu sesuai pilihan (susu sapi atau susu berbasis tumbuhan)

Cara membuat

1. Rebus air sampai cukup panas dan tidak mendidih, lalu seduh teh selama beberapa menit hingga pekat. Untuk mengeluarkan warnanya, tekan bunga dengan bagian belakang gelas sampai warnanya mengental.

2. Tiriskan bunga telang, lalu sisihkan di suhu ruang. Isi gelas dengan es, lalu tuang susu ke dalam gelas. Setelah itu, tuang teh bunga telang ke dalam larutan susu sampai penuh, kemudian sajikan dalam keadaan dingin.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Debut Jadi Sutradara di Hollywood, Ini Alasan Joko Anwar Mau Garap Film Fritzchen

BERIKUTNYA

Raffles Hotel Luncurkan Menu Buka Puasa Berkonsep Indonesia Modern

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: